Cara Mudah Download Video Facebook di Android

carazone.com

Facebook merupakan salah satu situs jejaring social (social media /sosmed) dari sekian banyak situs sosmed yang tersebar di internet. Namun, facebook memiliki daya tarik yang sangat luar biasa dalam hal pengguna atau pemakainya. Sehingga pengguna Facebook terus-menerus mengalami peningkatan.

Berdasarkan situs resmi Facebook untuk Investor bahwa jumlah pengguna Facebook aktif bulanan atau monthly active users (MAU) hampir mencapai 2 miliar. Seperti yang dilaporkan oleh pihak Facebook bahwa selama kuartal keempat 2016, pengguna aktif bulanan Facebook mengalami peningkatan sebesar 17 persen pertahun. Sedangkan pengguna aktif harian atau daily active users (DAU) terjadi peningkatan 18 persen pertahun.

Apabila ditinjau dari perangkat atau media yang dipergunakan untuk mengakses Facebook adalah sebanyak 1,15 miliar DAU dengan menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Pengguna mobile dalam mengakses Facebook juga mengalami peningkatan sebanyak 23 persen pertahunnya.

Beberapa daya tarik Facebook yang begitu banyak penggunanya adalah kelengkapan fitur yang disediakan. Saat ini Facebook tidak hanya dapat dijadikan platform untuk curhat dalam bentuk tulisan (teks) dan foto saja. Akan tetapi Facebook juga mendukung untuk upload video sekalipun. Sehingga fitur-fitur di Facebook sudah dapat mencukupi keperluan berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook secara mudah dan leluasa.

Lebih asyik lagi, semua foto, teks dan video yang di upload di Facebook dapat di download dengan mudah sehingga file-file tersebut dapat didokumentasikan secara offline. Untuk mengunduh atau download foto dan teks di Facebook saya kira tidak ada masalah. Sedangkan untuk mengunduh file video dari Facebook dengan menggunakan perangkat Android ternyata dapat menjadi permasalahan tersendiri apabila belum tahu caranya.

Sebenarnya ada juga aplikasi atau plugin tambahan yang dapat dipergunakan untuk download file video di Facebook dengan perangkat Android. Akan tetapi ada cara yang paling mudah tanpa harus memasang plugin tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Search Engine Google Chrome

Langkah pertama untuk download adalah dengan membuka Google Chrome. Bagi Anda yang tidak memiliki search engine ini tentu harus download terlebih dahulu. Akan tetapi saya yakin kalau kebanyakan Anda sudah memiliki search engine tersebut.

  1. Arahkan Facebook Via Google Chrome

Pada kotak search di Google Chrome, tuliskan Facebook dan masuk (sign in) ke akun Facebook yang Anda miliki. Jadi untuk membuka Facebook tidak melalui Aplikasi Facebook seperti yang biasa Anda lakukan melalui Aplikasi Facebook.

  1. Buka File Video yang Anda Inginkan

Arahkan kurser pada video di Facebook yang akan Anda inginkan untuk di download. Setelah ketemu video yang Anda inginkan, bukalah video tersebut untuk menjalankan atau memutarnya.

  1. Download File Video

Setelah video yang ada di Facebook Anda putar, lihatlah dibagian video yang Anda putar tadi terdapat simbol download. Nah, disanalah Anda dapat mendownloadnya dengan cara menekan simbol download tersebut dan secara otomatis file video akan tersimpan dengan sendirinya.

Demikianlah cara melakukan download file video dari Facebook dengan menggunakan perangkat  Smartphone dan Tablet yang berbasis Android.*

Written by Amin

Amin adalah seorang Dosen, Peneliti di bidang Keramik dan Komposit, Konsultan Teknik, Assesor Kompetensi Tenaga Kerja, Internet Marketter dan Blogger.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *