8 Teknologi Kandidat Pengganti Password?

Perkembangan era teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan sebagian besar orang mulai tidak dapat melepaskan dengan yang namanya password. Password yang dipergunakan untuk membuka akun sebuah aplikasi biasanya dapat berupa huruf, angka dan gabungan antara huruf dan angka dirasa sangat merepotkan dalam mengingatnya.

Apabila password dibuat dengan sesederhana mungkin maka akan dapat memberikan peluang yang lebih banyak bagi peretas untuk membobolnya. Namun apabila password itu dibuat dengan sangat rumit maka akan menjadi lebih aman, tapi apabila terlalu rumit malah penggunanya menjadi lupa akan password yang dibuatnya tersebut. Oleh karena itu sekarang ini perusahaan-perusahaan teknologi telah meneliti untuk mendapatkan teknologi baru yang dapat menggantikan eksistensi dari password tersebut.

Berikut adalah tujuh teknologi yang dikembangkan perusahaan teknologi untuk menggantikan eksistensi password, yaitu:

  1. Detak Jantung

Peneliti dari China yang diketuai oleh Chun-Liang Lin (seperti yang dijelaskan di laman beritateknologi.com) bahwa telah berhasil ditemukan sistem keamanan pembuka akun dengan menggunakan detak jantung. Prinsipnya adalah dengan menggunakan dua grafik elektrokardiogram dari telapak tangan orang, untuk menentukan sifat-sifat matematika yang unik dalam detak jantung mereka. Lewat cara tersebut, mereka menemukan bahwa nomor yang diperoleh dapat digunakan sebagai password.

tekno.liputan6.com

Dipilihnya detak jantung sebagai alat pembuka akun karena berdasarkan hasil penelitian bahwa setiap orang memiliki detak jantung yang unik. Selain itu, detak jantung antara satu orang dengan orang lainnya tidak ada yang benar-benar mirip.

Menurut peneliti dari Universitas Binghamton di New York yang dilansir dari portal digitalmania.id bahwa setiap orang memiliki elektrokardiograf (EKG) yang berbeda seperti sidik jari dan retina mata yang biasa digunakan sebagai otentikasi.

Salah satu gadget yang sudah mengaplikasikan detak jantung sebagai pembuka akun komputer adalah Nymi Band. Dengan menggunakan gelang Nymi didepan komputer maka komputer sudah dapat terbuka dengan sendirinya.

Namun perlu dipertimbangkan apabila menggunakan sinyal EKG sebagai password karena EKG dapat berubah karena usia, cedera dan sakit. Oleh karena itu teknologi ini masih dibutuhkan penelitian lanjut untuk dapat diaplikasikan.

  1. Face Recognation

Face recognition adalah salah satu teknologi biometrik yang banyak diaplikasikan di sistem security. Sedangkan biometrik itu sendiri adalah ilmu yang dapat mengungkap identitas seseorang berdasarkan karakteristik fisik.

dailysabah.com

Face recognition dapat dipergunakan sebagai pembuka kunci keamanan dengan menggunakan kamera yang berguna untuk menangkap wajah seseorang yang akan dibandingkan dengan wajah yang ada di data base.

Tingkat keberhasilan dalam membuka kunci keamanan dengan metode face recognition seperti yang dipaparkan di laman Aksara Student E-Journal (aksara.pcr.ac.id) adalah 80%, karena metode ini dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang berbeda antara citra masukan dan citra training dan juga adanya perubahan ekspresi wajah. Hal ini membuktikan sistem identifikasi wajah ini dapat digunakan pada android phone. Sehingga pada saat ini sudah banyak smartphone yang menerapkan teknologi ini.

  1. Iris Mata

Iris mata memiliki berbagai warna yang mengelilingi pupil yang setiap orang tidaklah sama seperti halnya sidik jari seseorang. Tenarnya smartphone Samsung Galaxy Note 7 pada awalnya karena telah lebih dulu mengaplikasikan teknologi iris mata ini.

rimanews.com

Aplikasi android yang dapat mendukung teknoogi iris mata ini adalah AppLock Face / Voice Recognition. AppLock Face / Voice Recognition menggunakan kombinasi wajah, suara, dan password untuk mengunci sebuah akun. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka pada AppLock Face / Voice Recognition menyediakan beberapa pilihan alternatif seperti nomor PIN, password dan pattern. Selain itu aplikasi AppLock Face / Voice Recognition dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi yang dapat anda tentukan yang akan terkunci.

  1. Voice Print

Saat ini, makin banyak perusahaan smartphone yang telah menggunakan voice print atau pengenal suara sebagai akun masuk gadget. Salah satu aplikasi android yang popular untuk ini adalah Voice Lock Srceen yang dapat dipasang pada seperangkat smarthphone dan tablet tanpa dipungut biaya alias gratis.

bbc.com

Cara menggunakan aplikasi Voice Lock Srceen adalah dengan memberikan perintah suara pada gadget yang sudah terinstal terlebih dahulu. Namun yang dapat menyebabkan terbukanya akun bukanlah perintah yang disuarakan oleh pengguna smarthphone akan tetapi lebih cenderung ke bentuk atau jenis suara itu sendiri.

Setiap orang khan memiliki jenis suara yang tidak sama karena memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Jadi lock screen dengan jenis suara akan lebih terjamin akan keamanannya.

  1. Pembaca Bibir

Selain pembaca wajah dan iris mata untuk mengunci dan membuka screen, tahukah Anda dengan pembaca bibir untuk pengganti password. seperti yang diberitakan di laman okezon.com bahwa sebuah tim ilmuwan California tepatnya di Hong Kong Baptish University telah menciptakan software pemindai yang mampu membaca bagaimana seseorang mengucapkan kata-kata tertentu.

Pembaca gerak bibir untuk mengunci dan membuka screen dapat dilakukan dengan mengatakan sebuah kata atau kalimat yang dimasukkan ke data base. Untuk membukanya tentunya dengan mengatakan kata atau kalimat yang sama dengan yang ada di data base smartphone Anda.

  1. Finger Print

Kini finger print sudah banyak diaplikasikan sebagai pengganti password pada beberapa smartphone. Pada awalnya sistem keamanan ini hanya dipakai oleh vendor smartphone ternama seperti Samsung, Xiaomi, Apple, LG dan lainnya dengan harga yang cukup mahal waktu itu.

Pada saat in sudah banyak smartphone dengan harga relatif murah sudah mengaplikasikan finger print sebagai alat pembuka dan penutup akun. Beberapa smart yang dilengkapi dengan finger print dengan harga terjangkau tersebut antara lain: Xiaomi, Infinix, Alcatel Flash Plus, ZTE Blade, Advance, Lenovo, dan lainnya.

  1. Kedipan Mata

Fitur keamanan dengan kedipan mata ini sebenarnya sebagai solusi untuk fitur Face Unlock. Seperti yang disampaikan di laman okezone.com bahwa fitur membuka kunci smartphone menggunakan wajah seperti yang diterapkan pada Android Ice Cream Sandwich merupakan sebuah kemewahan. Namun fitur keamanan ini jadi terasa kurang ketika ditemukan kelemahan yaitu dapat ditipu dengan menggunakan foto. Hal ini diperbaiki dengan fitur Liveness Check yang harus mngedipkan mata pengguna ketika membuka Face Unlock.

  1. Chip

Sebuah kapsul sebesar beras yang ditanam atau ditelan manusia ini sebagai sarana identifikasi yang dapat menggantikan kata sandi atau password. Menurut laman cnnindonesia.com bahwa Global Head of Developer Evanglist PayPal, Jonathan LeBlanc mengklaim bahwa perangkat tersebut juga bisa berfungsi sebagai implan otak dan cip silikon tipis untuk dimasukkan di tubuh. Perangkat yang bisa ditelan ini dilengkapi dengan baterai yang dayanya berasal dari asam lambung.

blogiot.ru

LeBlanc mengatakan, kapsul pintar ini juga berfungsi sebagai alat identifikasi tubuh yang alami dengan memonitor fungsi tubuh bagian dalam seperti detak jantung, tingkat glukosa, dan mengenal pembuluh darah.

Bagaimana pendapat Anda dengan teknologi keamanan yang kian maju ini ?*

(/pic:timelabs.wordpress.com)

 

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

This article has 1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *