Inilah 6 Indikator untuk Mengecek Popularitas Blog yang Anda Kelola

Perkembangan kepemilikan sebuah blog kian hari kian meningkat seiring dengan kemajuan dibidang teknologi informasi yang semakin melejit. Banyak aktivitas fisik yang sudah dapat dikerjakan (digantikan) dengan media online, seperti layanan jual beli barang, kirim dokumen, registrasi ke seminar, check in hotel, mencari travel, dan banyak lagi. Demikian halnya dengan blog atau weblog ini. Dengan meningkatnya jual beli online peranan blog juga memiliki peranan penting sebagai media pejualan barang, memamerkan hasil produk, marketing, dan lain sebagainya.

Aktifitas ngeblog atau blogging ini dapat dikatakan sukses apabila  blog yang Anda kekola dapat popular dikalangan netizen dimana saja. Apakah sebuah blog harus popular? Sebenarnya ini tergantung dari tujuan sebuah blog dibangun. Namun pada umumnya sebuah blog dibangun guna menunjukkan sesuatu pada orang banyak. Sehingga kepopularan sebuah blog adalah sangat penting.

Namun masalahnya banyak yang belum tahu apakah blog yang Anda kelola sudah dapat dikatakan polular atau belum. Apa beberapa tanda yang dapat dipergunakan sebagai acuan untuk mengetahui sebuah blog dapat dikatakan sebagai blog yang sudah popular atau belum. Berikut ini akan kita ulas secara rinci beberapa tanda tersebut.

  1. Visitor

Jumlah visitor atau pengunjung blog yang tinggi merupakan sebuah kebanggaan bagi pemilik blog. Itu artinya blog yang Anda kelola sangat dibutuhkan oleh kalangan netisen. Dengan jumlah visitor yang tinggi identik dengan peluang blog yang terbuka lebar dalam hal mendapatkan keuntungan yang lebih baik kalau blog tersebut sudah dapat memberikan keuntungan.

Visitor di blog terbagi dalam dua kelompok yaitu New Visitor dan Return Visitor. New Visitor adalah visitor yang pertamakali singgah di blog Anda dan belum pernah sebelumnya. Biasa juga New Visitor ini dapat berubah menjadi Return Visitor apabila mereka kembali lagi untuk membuka blog Anda.

Sedangkan Return Visitor adalah visitor yang berkunjung lagi ke blog Anda setelah beberapa waktu yang lalu sudah pernah singgah di blog Anda. Ini dapat dilakukan dalam keadaan disengaja atau tidak. Dalam kondisi sengaja apabila visitor merasa membutuhkan blog Anda yang pernah dikunjungi pada waktu yang lampau. Akan tetapi hal ini juga dapat tanpa disengaja, misalnya melalui search engine si visitor tanpa sengaja menemukan blog Anda yang pernah mereka kunjungi pada awalnya. Oleh karena itu, maka yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur blog Anda popular atau tidak adalah seberapa seringnya blog Anda dikunjungi oleh Return Visitor dan bukan New Visitor.

Nah untuk dapat mengetahu persentase jumlah New Visitor dan Return Visitor yaitu dengan menggunakan Google Analytics.

  1. Bounce Rate dan Avg. Session Duration

Jumlah visitor blog dapat diketahui dari traffic blog yang dapat dicari di google analytic, alexa, check page rank google, dll. Sebagai pertanda bahwa blog Anda disukai dan disenangi oleh banyak orang yaitu dapat ditinjau dari bounce rate dan Avg. Session Duration. Bounce Rate adalah jumlah persentasi visitor yang hanya mengunjungi satu halaman atau page dari blog Anda dan setelah itu meninggalkan blog Anda. Sedangkan Avg. Session Duration adalah lamanya waktu yang dibutuhkan visitor dalam satu kunjungan blog. Biasanya dalam satu sesi kunjungan dihitung dalam waktu per 30 menit.

Berdasarkan dari definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa blog Anda dapat dikatakan sudah popular apabila skor Bounce Rate-nya yang rendah dan semakin tinggi skor Avg. Session Duration-nya. Ini menunjukkan visitor blog lebih betah berlama-lama untuk mengekplorasi blog Anda karena interest visitor.

  1. Back Link

Back link yang terdapat di blog Anda dapat menunjukkan bahwa blog ysng Anda kelola telah dikunjungi oleh blogger lain. Back link ini dapat muncul di blog Anda karena blogger lain tersebut memberikan komentar di blog Anda atau sengaja bertukar link dengan blog Anda.

  1. Komentar Blog

Banyaknya komentar yang terdapat di blog dapat menunjukkan ramainya blog tersebut dikunjungi oleh netizen. Bagi Anda yang memiliki blog dan belum banyak komentar dari blog yang lain maka supaya berusaha menarik simpati dari blogger lain. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menarik komentar dari blogger lain adalah dengan berkunjung ke blog yang Anda anggap sebagai blog yang popular lalu berikan komentar pada salah satu postingnya. Biasanya blog yang sudah Anda berikan komentar akan memberikan balasan berkomentar lewat blog yang Anda pergunakan untuk berkomentar pada blog tersebut.

Mengenai komentar di blog, ada juga blogger yang sengaja membatasi komentar yang masuk. Hal ini biasanya dilakukan oleh blogger yang sudah popular dan tidak lagi menghiraukan jumlah pengunjungnya karena sudah begitu padatnya pengunjung blog yanag masuk. Apabila semua komentar blog ditampung semua dapat mempengaruhi kecepatan akses blog.

  1. Follower

Follower bog merupakan netizen atau blogger yang menaruh simpati pada blog yang Anda kelola yang menginginkan mendapatkan update posting dari blog Anda tanpa ketinggalan. Follower ini dapat Anda tampung di media social yang Anda pasang di blog. Social media yang sering dipergunakan untuk follower blog misalnya Google Plus, Facebook, Twitter, Linkendin, Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya.  Bahkan komentar blog dapat juga dilakukan di sini dan pemilik blog tidak akan khawatir dengan turunnya kecepatan blog karena sebenarnya komentar blog di media social sudah terpisah dengan blog itu sendiri.

  1. Share

Seseorang yang men-share atau membagikan posting blog Anda tentunya yang di share adalah sesuatu yang dianggap penting baginya. Tujuan men-share adalah untuk memberikan informasi kepada teman atau netizen secara umum. Sehingga media yang dipergunakan untuk men-share adalah media social pada umumnya seperti facebook, twitter, dan sebaginya. Namun sekarang ini juga mulai popular dengan media Android sebagai media untuk men-share dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan WhatsApp (WA), Blackberry Messenger (BBM), Instagram, Line, dan banyak lagi.*

(/pic:guysandgoodhealth.files.wordpress.com)

 

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *