Inilah 9 Cara Agar Blog Anda Cepat Terindeks di Google

Pertanyaan yang sering muncul setelah Anda membuat blog adalah mengapa blog yang baru saja Anda buat tidak segera terindeks di Google atau search engine yang lain. Nah, kadang hal inilah yang membuat sebagian para blogger merasa cemas, dalam hati bertanya-tanya, “Apakah ada masalah dengan blog yang telah aku buat?”. Jawabnya adalah “Tidak”. Memang sebuah blog yang masih baru dapat segera dikenal atau terindeks di Google membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih dua mingguan baru dapat terindeks.

Bagi yang siap untuk menunggu sih tidak menjadi masalah, namun jika Anda tidak sabar untuk menunggunya, ikutilah beberapa cara khusus dibawah ini. Tenang saja, cara ini adalah ilegal (artinya: dapat dibenarkan) dan tidak akan membahayakan blog Anda.

Terdapat banyak cara agar blog Anda dapat cepat terindeks di beberapa search engine, seperti: Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Biasanya semua cara itu sudah terangkum rapi di Search Engine Optimation atau SEO. Namun kebanyakan para blogger (terutama blogger pemula) merasa malas kalau harus mempelajari SEO dari awal hingga akhir secara detail. Belum lagi kalau harus berurusan dengan kode-kode html. Wah, pasti sangat memusingkan bagi Anda yang kurang familiar dengan bahasa pemrograman, bukan? Maka dari itulah perlu dibuat semacam catatan kecil mengenai cara-cara yang paling penting dan segera untuk diterapkan agar blog Anda dapat segera terindeks di Google.

Berikut ini adalah 9 cara paling penting untuk diterapkan di blog Anda agar dapat cepat terindeks di Google, yaitu:

  1. Mendaftarkan Alamat Blog ke Search Engine

Sebenarnya semua link blog yang telah di publish di internet akan terindeks di search engine secara otomatis. Namun search engine membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan alamat blog Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar blog baru Anda dapat segera terindeks di search engine adalah dengan mendaftarkan ke search engine yang Anda dituju, seperti ke Google, Yahoo, Bing atau yang lain.

  1. Membuat Sitemap

Sitemap blog dapat diartikan sebagai daftar isi blog dalam bentuk format XML yang dapat dipahami oleh search engine. Bagi pengguna wordpress dapat menggunakan plugin, sedangkan bagi pengguna blogspot diberi kemudahan karena sudah tersedia di blog tersebut tanpa harus membuat sendiri.

Silahkan bagi yang menginginkan submit sitemap di Google dapat menggunakan Google Webmaster Tools sedangkan untuk Yahoo atau Bing dapat mensubmit ke Bing Webmaster Tools.

  1. Mendaftar ke Google Analytic

Menurut saya, mendaftarkan blog ke Google Analytic merupakan sebuah keharusan, karena dengan menggunakan Google Analytic, semua aktivitas yang berkaitan dengan blogging dapat terpantau dengan jelas dan detail. Sehingga Google Analytic dapat Anda jadikan radar dalam mengelola blog.

  1. Mendaftar ke Blog Direktori

Blog Direktori merupakan sebuah laman website yang memuat beberapa blog yang dikelompokkan menurut kategori blog tersebut. Sebelum Anda mendaftarkan blog di Blog Direktori, yang perlu Anda persiapkan adalah: nama Anda sebagai penulis blog, nama blog, alamat blog, diskripsi blog dan jenis/kategori blog. Selain itu, ada satu syarat penting agar blog Anda dapat di verifikasi oleh Blog Direktori adalah kesediaan Anda untuk memasang scrip Blog Direktori di blog Anda.

  1. Membuat Halaman di Facebook

Siapa yang tidak memiliki akun facebook? Hampir seluruh masyarakat di negara kita memiliki akun #facebook. Sehingga peluang ditemukannya blog Anda jika memiliki halaman di facebook adalah sangat besar. Tidak hanya itu, facebook juga menyediakan fasilitas yang cukup baik bagi pemilik halaman blog untuk dapat mempromosikan blognya.

  1. Memperbanyak Posting

Blog popular identik dengan kaya akan jumlah posting yang selalu di update. Blog yang sering di update pasti lebih banyak dikunjungi netizen karena pada dasarnya netizen itu mencari hal-hal yang bersifat baru. Jadi, percuma jika Anda sudah melakukan lima hal diatas namun Anda tidak mau memperbanyak jumlah posting.

  1. Menaruh Link Posting di Google Plus

Sudah saya buktikan sendiri bahwa posting blog yang ditaruh  di Google Plus akan cepat mudah terindeks di Google. Maka dari itulah tak ada salahnya jika posting blog Anda dapat disebarkan melalui Google Plus ini.

  1. Menaruh Link di Blog Popular

Seorang blogger tidak dapat mengandalkan jumlah posting tanpa melakukan silaturrakhim atau saling berkunjung ke blog orang lain. Dalam blogging, hal ini sering disebut dengan blogwalking. Selain Anda mendapatkan informasi dari blog yang Anda kunjungi, sangat disayangkan apabila Anda tidak meninggalkan jejak di blog tersebut. Cara meninggalkan jejak pada blog yang Anda kunjungi adalah dengan memberikan komentar pada blog tersebut.

Memberikan komentar di blog orang lain, selain menuliskan isi komentar juga Anda disarankan terlebih dahulu untuk menuliskan nama blog dan alamat blog. Dengan meninggalkan alamat blog secara otomatis blog Anda sudah memiliki link dengan blog yang Anda berikan komentar. Tapi perlu Anda ketahui bahwa di kolom komentar jangan sekali-kali Anda menuliskan alamat link blog, Anda dapat dianggap sebagai spam. Alamat link blog dapat Anda ketikkan di kolom yang sudah disediakan saja. Selain itu, jangan sekali-kali Anda menyarankan orang lain untuk mengunjungi blog Anda, ini juga dapat dianggap sebagai spam.

Blog popular adalah semua blog dengan pagerank tinggi yang ditengarahi dengan banyaknya pengunjung blog tersebut. Ada juga sebuah blog atau website yang memiliki pagerank tinggi namun masih jarang dimanfaatkan oleh blogger sebagai tempat menaruh link yaitu Wikipedia. Untuk dapat menyematkan link blog di Wikipedia, Anda harus menjadi salah satu penulis di Wikipedia.

Namun ada juga cara lain untuk menaruh link blog di #BlogPopular adalah dengan mengadakan kerjasama Konten Placement. Anda dapat membuat artikel untuk di posting di blog orang lain dengan menambahkan link yang mengarah ke blog Anda. Biasanya model seperti ini Anda harus mengadakan komunikasi terlebih dahulu dalam rangka menjalin kerjasama dengan pemilik blog untuk mengadakan kesepatakan. Termasuk disini kesepakatan mengenai biaya yang harus Anda berikan dalam setiap posting.

  1. Membuat Link Antar Posting

Setiap Anda membuat posting baru, usahakan ada beberapa kata kunci yang dikaitkan (dengan cara di link) dengan posting lama. Namun perlu Anda perhatikan bahwa konten posting yang di link masih terkait. Sehingga dengan memberikan link pada posting yang sudah lama (sudah ter-indeks di search engine) maka posting yang baru Anda buat akan ikut ter-indeks search engine melalui posting yang lama tadi.

Demikianlah 9 cara agar blog Anda cepat terindeks di search engine. Sembilan cara tersebut adalah cara yang paling utama dari SEO sehingga sangat tepat untuk dipergunakan bagi blogger pemula.* (/pic:bourncreative.com)

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

This article has 2 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *