Kiat Sukses Habibie: Sukses tidak selalu harus dengan IPK tinggi

Sukses tidaknya seseorang dapat dilihat dari usaha yang dilakukan di masa mudanya. Generasi muda adalah peluang emas untuk merintis kesuksesan seseorang. Pada generasi muda, potensi diri seperti kreativitas dan kecerdasan dapat berkembang dengan baik dan optimal. Oleh karena itulah bagi Anda generasi muda supaya dapat mengisi waktu mudanya dengan hal-hal yang positif agar kelak dapat meraih kesuksesan di kemudian hari. Ini merupakan salah satu hasil pemikiran Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering disapa dengan B.J. Habibi saja ini.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kesuksesan sangat identik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi. Sehingga kebanyakan mahasiswa lebih fokus pada kegiatan kuliah saja tanpa mau belajar pada bidang yang lain. Padahal, di Perguruan Tinggi  sudah disediakan berbagai fasilitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada berbagai bidang yang dapat dijadikan tempat mengasah potensi dan kreativitas mahasiswa selama masa kuliah. UKM-UKM tersebut sebenarnya sangat membantu menjadikan suksesnya kelak setelah lulus kuliah. Namun pada umumnya kurang banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Lain halnya dengan pemikiran BJ. Habibie, ternyata untuk meraih kesuksesan tidak selalu dengan IPK yang tinggi. Namun terdapat 5 kunci sukses yang dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk yang memiliki IPK tidak tinggi.

Lima kunci kesuksesan menurut BJ. Habibie adalah sebagai berikut:

  1. Kesuksesan adalah milik mereka yang senantiasa mau berusaha

Menurut BJ. Habibie bahwa kecerdasan dan kepintaran bukanlah satu-satunya modal untuk dapat sukses. Akan tetapi ada faktor lain yaitu kerja keras.  Percuma saja kalau memiliki IPK yang tinggi akan tetapi tidak didukung dengan usaha yang keras. Oleh karena itulah maka bagi generasi muda jangan bermalas-malasan dalam meraih apa yang Anda impikan. Berusaha dengan keraslah agar apa yang Anda impikan dapat terwujud.

  1. Jangan pernah berhenti mengejar apa yang Anda impikan meskipun yang didamba belum tampak didepan mata

Menurut saya sendiri bahwa tips yang kedua ini sangatlah berat karena harus betul-betul dapat mengorbankan semua perasaan yang ada dalam lubuk hati yang paling dalam. Betapa tidak, misalnya dalam kisah hidup BJ. Habibie sewaktu di Jerman dalam bekerja diremehkan oleh orang lain karena dianggapnya rendah. Akan tetapi BJ. Habibie berusaha menguatkan dirinya supaya dapat bertahan dan terus berusaha mewujudkan impiannya meskipun mendapatkan ejekan dari sesama pekerja disana. Bahkan beliau semakin bersemangat untuk mewujudkan impiannya dengan memeras semua potensi pada dirinya. Dan hal itu terus dilakukan sampai terwujud apa yang beliau impikan.

  1. Selalu siap berkorban dan menjalani setiap tantangan

Bertindak merupakan langkah yang tepat dalam meraih apa yang Anda impikan. Tanpa adanya tindakan maka impian hanya tinggal impian tanpa ada kenyataan. Oleh karena itulah maka bagi Anda generasi muda jangan pernah ragu lagi untuk melangkah dan menjalani setiap tantangan. Dan yang perlu diingat lagi adalah tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

  1. Konsisten dalam mengerjakan satu bidang

Sesuatu yang ditekuni secara terus menerus pastilah dapat membuahkan hasil yang maksimal. Sehingga dapat dikatakan bahwa kesuksesan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kerja keras saja namun harus fokus dan konsisten dalam bidang pekerjaannya tersebut. Abaikan semua rintangan dan godaan yang menghadang, teruslah berfokus pada satu bidang yang Anda tekuni saat ini. Misalnya Anda mengimpikan menjadi seorang penulis buku, ya teruslah untuk menghasilkan karya-karya yang lebih banyak meskipun hasil karya Anda saat ini masih diremehkan dan diejek oleh kebanyakan orang.

  1. Bertekad menjadi pribadi yang bermanfaat

Belum dikatakan sukses apabila belum dapat memberikan manfaat kesuksesan Anda untuk membantu sesama. Semakin besar manfaat yang diterima oleh orang lain maka semakin tinggi pula kesuksesan yang Anda peroleh.

 

Itulah 5 kunci kesuksesan berdasarkan filosofi dari  Mantan Presiden Indonesia kita yang ke-3. Semoga 5 kunci kesuksesan ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda generasi muda agar terpacu untuk lebih banyak mengisi masa mudanya dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Dan harapannya kelak nanti dapat berguna bagi bangsa dan Negara.* (/pic:kerincinews.com)

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

This article has 1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *