Pantai Teluk Awur Jepara Sebagai Alternatif Tempat Liburan Murah Sekeluarga

Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa rekreasi identik dengan biaya yang cukup banyak. Sehingga yang menjadi pertimbangan pertama kali untuk dapat rekreasi atau wisata adalah keuangan disamping waktu longgar. Anggapan seperti itu tidak selamanya benar, mengingat masih banyak tempat wisata yang tidak kalah nyaman dan indah untuk dikunjungi dengan biaya yang sangat sedikit.

Salah satu tempat wisata yang cukup indah namun dengan biaya yang sangat minim adalah obyek wisata Teluk Awur yang berada di Jepara, Jawa Tengah. Tidak hanya minim biaya namun gratis untuk tiket masuknya. Apabila Anda memutuskan objek wisata ke tempat ini yang Anda persiapkan hanyalah biaya parkir dan transportasi saja. Karena tanpa tiket masuk maka kawasan obyek wisata ini terbuka selama 24 jam (non stop). Silahkan diatur sendiri waktunya.

Pantai Teluk Awur merupakan salah satu jajaran pantai yang cukup indah di Jepara disamping Pantai Bandengan (Tirto Samudra) dan Pantai Kartini. Pada saat ini, Pantai Teluk Awur merupakan satu-satunya wisata pantai di Jepara yang belum dikelola oleh pemerintah daerah. Oleh karena itulah pemandangan di kawasan pantai ini benar-benar masih alami dan belum tersentuh oleh renovasi. Namun demikian, keindahan dan kenyamanan di kawasan pantai ini tetap dapat dirasakan oleh para pengunjung.

Pada hari libur, pantai ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah seperti seperti Kudus, Pati, Demak dan Semarang.

Sejarah

Seperti yang diceritakan di laman thearoengbinangproject.com bahwa nama Teluk Awur konon berasal dari kata “teluk” yang diartikan takluk dan “ngawur”, seperti yang dikatakan oleh Joko Wongso.

Joko Wongso adalah seorang raja yang menyamar menjadi seorang nelayan yang tewas dibunuh oleh pengawal kerajaannya sendiri yaitu perempuan cantik bernama Den Ayu Roro Kuning. Pembunuhan direncanakan oleh suami Den Ayu Roro Kuning yang bernama Syeikh Abdul Aziz lantaran Joko Wongso hendak memperistri Roro Kuning.

Menurut kabarnya, makam Joko Wongso diletakkan di kawasan Pantai Teluk Awur ini. Satu hal lagi yang menjadikan Teluk Awur menarik perhatian banyak orang adalah bahwa ibu kandung R.A. Kartini yang bernama Ajeng Ngasirah berasal dari Desa Telukawur juga.

Lokasi

Pantai Teluk Awur terletak di Desa Telukawur, Tahunan, Kec. Jepara Kab. Jepara. Lokasi pantai ini berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota Jepara. Kira-kira berjarak 80 km dari Semarang dan 40 km dari Kudus. Berjarak 4,7 km dari Pantai Kartini melewati Jalan A.E. Suryani.

Pantai Teluk Awur merupakan pantai terdekat di Jepara yang ditempuh dari arah timur seperti Kudus dan Pati. Setelah pantai ini ada Pantai Kartini dan Pantai Bandengan yang menuju arah kota Jepara.

Fasilitas

Selain menyediakan tempat bermain air pantai dengan pasir berwarna kuning, disekitar lokasi pantai banyak bertebaran kamar bilas yang menyediakan air bersih untuk keperluan mandi dan ganti baju setelah menikmati pasir pantai.

Setelah Anda menikmati keindahan air pantai yang diterjang ombak lautan yang tidak begitu besar, apabila Anda menginginkan makan juga tersedia beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai makanan. Selain itu ada juga tempat mainan anak yang membuat anak jadi betah jika berkunjung ke tempat wisata ini.

Fasilitas bermain seperti Duck Buoy (pelampung bentuk bebek) dan Donut Buoy (pelampung ban dalam) juga tersedia dilokasi ini. Bahkan sampai dengan Banana Boat, Flying Fish Boat dan Jet Sky juga tersedia.

Fasilitas memancing juga tersedia di kawasan lokasi pantai. Penduduk disekitar pantai banyak yang menyediakan peralatan memancing untuk disewakan. Sehingga dapat melengkapi kesenangan Anda dalam berwisata alam.

Tidak hanya itu, apabila Anda menginginkan menginap di sekitar obyek wisata ini juga tersedia berbagai tempat penginapan. Beberapa hotel dan tempat penginapan disekitar Pantai Teluk Awur antara lain Jepara Beach Hotel , Joglo Putu Inten Resort dan The Bayfront Villa Jepara.

Obyek Wisata Lain Terdekat

Setelah dari pantai ini Anda dapat mengunjungi tempat wisata lain di Jepara ataupun melihat-lihat sentra ukir disepanjang jalan menuju Teluk Awur. Sedangkan beberapa obyek wisata yang terdekat dengan Teluk Awur adalah Pantai Kartini dan Benteng VOC Jepara.

Mitos

Berdasarkan pandangan dari masyarakat sekitar pantai Teluk Awur bahwa air pantai memiliki daya spiritual yaitu dengan mandi di Teluk Awur diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.*

(/pic:tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

This article has 2 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *