Pengalaman Mengelola Jurnal Ilmiah TRAKSI dari Sistem Konvensional Hingga OJS

Sebelum menjalani profesi sebagai dosen, tepatnya saat menjadi #mahasiswa pasca sarjana di Fakultas Teknik UGM, saya sudah tertarik pada dunia penelitian. Ketertarikan saya pada dunia penelitian berawal dari penjelasan Prof. Dr. Jamasri sewaktu mengambil Mata Kuliah Metodologi Riset. Pada waktu itu, Prof. Dr. Jamasri bercerita tentang keasyikan dalam dunia riset atau penelitian, mulai dari cara mendapatkan dana penelitian (pemerintah dan swasta), cara melakukan penelitian, cara melaporkan hasil penelitian dan cara mengaplikasikan hasil penelitian di masyarakat pemakai (industri).

Setelah saya lulus program pasca sarjana, selang beberapa bulan saya mendapat kesempatan sebagai dosen di salah satu universitas di Semarang. Begitu menjadi dosen, saya langsung menekuni penelitian hingga sekarang. Mungkin berawal dari kegemaran saya dalam dunia penelitian itulah, setelah setahun menjadi dosen, saya mendapat amanah untuk menjadi ketua editor Majalah Ilmiah Teknik Mesin TRAKSI.

Mengenal Majalah Ilmiah Teknik Mesin TRAKSI

Majalah Ilmiah Teknik Mesin TRAKSI adalah sebuah #jurnalilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Mesin UNIMUS. TRAKSI yang beralamat di http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jtm/index ini hanya memuat artikel-artikel hasil penelitian dan kajian ilmiah dari para peneliti, dosen, mahasiswa dan praktisi.

TRAKSI yang tercatat sebagai jurnal ilmiah resmi dengan Nomor ISSN : 1693 – 3451 ini memfokuskas pada keilmuwan tertentu sehingga ada pembatasan jenis artikel yang masuk. Artikel yang dapat dimuat di TRAKSI adalah semua artikel di bidang material teknik, konstruksi, konversi energi dan pengontrolan otomatis (robotika).

Selama ini TRAKSI menerbitkan sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Juni dan Desember. Hingga saat ini, TRAKSI sudah menerbitkan Edisi ke-16 pada Bulan Desember 2016.

Pengelola Jurnal Konvensional

Saya mendapatkan amanah menjadi ketua editor TRAKSI setelah tiga tahun majalah ilmiah ini berdiri. Sebelumnya, TRAKSI dikelola oleh Bapak Julian Alfijar, ST. Pertama kali saya mengelola TRAKSI, semua administrasi masih menggunakan sistem konvensional. Submit artikel dapat dilakukan dengan cara mengirimkan artikel secara langsung atau melalui e-mail. Setelah jurnal dicetak di percetakan, jurnal dikirim ke pengirim artikel dan ke beberapa instansi, terutama ke perguruan tinggi yang memiliki bidang keilmuan sejenis yaitu teknik mesin.

Sejak pertama berdiri, TRAKSI selalu konsisten dalam penetapan aturan yang harus dipatuhi oleh penulis. Mulai dari bidang kajian, format penulisan hingga pada jumlah halaman. Meskipun proses penerbitan masih dilakukan secara konvensional, semua konten jurnal TRAKSI yang terbit dua kali dalam setahun itu sudah di upload di internet dengan menggunakan blog gratisan (wordpress) pada waktu itu. Tak lama kemudian artikel jurnal TRAKSI sudah dapat di upload di domain berbayar yaitu di portal jurnal unimus.

Pengelola Jurnal OJS

Pada tahun ini TRAKSI sudah melakukan rekontruksi sistem administrasi dan pengelolaan jurnalnya. Sistem pengelolaan jurnal yang berbasis konvensional sudah digantikan dengan sistem jurnal terbuka atau Open Journal System (OJS). Pada sistem OJS semua administrasi dan pengelolaan TRAKSI sudah tidak lagi menggunakan sistem konvensional, malainkan sudah secara online. Mulai dari submit artikel, pengeditan, persetujuan antara penulis jurnal dengan tim editor dan penerbitan jurnal sudah dapat dilakukan secara online yang ber E-ISSN.

Meskipun TRAKSI sudah beroperasi pada sistem OJS, namun TRAKSI masih mempertahankan sistem lama yang tetap mencetak artikel dalam bentuk majalah (hard file/hard copy). Hard file TRAKSI tetap didistribusikan ke penulis sebagai bukti fisik yang dapat dipergunakan untuk kepentingan penulis, misalnya untuk persyaratan pengajuan jabatan fungsional, luaran hasil penelitian dan studi lanjut.

Kini, TRAKSI terus melakukan perbaikan-perbaikan guna mendapatkan akreditasi dari LIPI. Selain melakukan perbaikan-perbaikan di bagian administrasi, TRAKSI juga sudah terdaftar di Portal Arjuna DIKTI. Semoga dengan semua perbaikan itu dapat mempercepat TRAKSI mendapatkan sertifikat jurnal terakreditasi.

Submit Artikel

Bagi siapa saja baik itu peneliti, dosen, mahasiswa dan praktisi silahkan dapat mensubmit artikelnya ke TRAKSI. Namun perlu diperhatikan bahwa bidang kajian yang dapat dimuat di TRAKSI adalah semua artikel dari hasil penelitian atau kajian yang masih berkaitan dengan lingkup teknik mesin, terutama di bidang material teknik, konstruksi, konversi energi dan pengontrolan otomatis (robotika).

Silahkan bagi yang berminat untuk mensubmit artikel ke TRAKSI dapat melalui Portal Jurnal UNIMUS (OJS) dengan melakukan register terlebih dahulu jika belum terdaftar.*

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

This article has 1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *