Tak Perlu Antri Sampai Berjam-jam, Ini Alternatif Tempat Pembelian Tiket Kereta Api Selain di Stasiun

Kereta api perlahan-lahan telah menjelma menjadi alat transportasi yang digemari banyak penumpang. Banyak sekali alasan kenapa kereta api lebih dipilih dibandingkan dengan transportasi lainnya. alasannya antara lain, harganya terjagkau, kenyamanan dan pelayanan yang maksimal, dan sistem pemesanan tiket kereta api sangatlah mudah.

Salah satu cara umum yang sudah berlaku sejak beberapa tahun yang lalu untuk mendapatkan selembar tiket kereta api dengan membelinya di stasiun. Dewasa ini, mengantri di stasiun bukan jalan satu-satunya untuk mendapatkan tiket kereta api. Dengan segala perkembangan yang ada, tiket kereta api sudah bisa dipesan di berbagai tempat yang terpercaya. Hal ini tentu saja semakin mempermudah para calon pembeli untuk mendapatkan tiket. Lalu, cara apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket selain di stasiun?

Membeli Secara Online

Cara praktis dan terudah untuk membeli tiket kereta api adalah dengan cara online. Tanpa mendatangi stasiun dan tanpa antri panjang, Anda akan mendapatkan tiket seusia dengan tujuan. Beberapa tahun belakangan, sistem online menjadi hal yang banyak dipilih dengan segala kepraktisan dan keamanan yang diberikan. Nah, dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan juga smartphone, tiket akan segera ada di tangan.

Anda bisa melalukan transaksi pemesanan tiket secara online si situs resmi PT KAI, dan juga KAI Acces. Jika tidak, Anda juga bisa melakukan reservasi tiket di beberapa situs booking tiket online yang bekerja sama dengan PT KAI, salah satunya adalah Traveloka (https://www.traveloka.com). Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memesan tiket kereta api di Traveloka. Salah satu manfaatnya adalah prosesnya yang cepat dan aman.

Membeli di Minimarket

Selain membeli tiket kereta api secara online, Anda juga bisa mendapatkannya di beberapa mini market. Tinggal datang saja ke mini market terdekat yang bekerja sama dengan PT KAI, dan lakukan pemesanan. Seperti halnya memesan kereta api di loket stasiun, Anda juga akan memberikan informasi yang sesuai. Jadi saat pemesanan ada baiknya untuk selalu membawa identitas diri.

Setelah Anda membayar sejumlah harga yang diberitahukan si kasir, langkah selanjutnya adalah menunggu print out. Nah, setelah itu sudah tertera kode pemesanan di struk, jadi Anda tinggal menukarkannya di loket atau mencetaknya di mesin cetak mandiri. Oleh karena itulah, jangan sampai membuang struk yang sebelumnya diberikan kasir kepada Anda.

Membeli di Kantor Pos

Tempat lainnya untuk membeli tiket adalah di kantor pos, baik itu pusat ataupun juga cabang. Ada banyak orang yang belum mengetahui informasi ini, padahal ini sangat memudahkan jika rumah jauh dari stasiun atau berbagai minimarket. Tidak hanya di kantor pos saja, tempat pegadaian milik negara juga sudah bekerja sama dengan PT KAI, jadi Anda bisa melakukan pemesanan.

PT KAI sudah memiliki jaringan yang sangat luas guna memberikan pelayanan terbaik untuk calon penumpang yang memilih kereta api sebagai alat transportasi utamanya. Selain kantor pos dan juga tempat pegadaian, ada beberapa bank yang juga bisa digunakan untuk tempat memesan tiket kereta api.

Agen Perjalanan

Tempat lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk memesan tiket adalah agen perjalanan. Sekarang ini sudah banyak bertebaran agen perjalanan di berbagai tempat. Anda dengan mudah mendapatkan informasi alat transportasi melalui berbagai agen perjalanan.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli tiket kereta api, ada baiknya untuk tahu dengan betul apakah agen yang dipilih terpercaya dan aman. Jangan sampai Anda tertipu dengan agen perjalanan abal-abal. Selain memesan tiket kereta api, biasanya Anda juag dapat melakukan booking transportasi lainnya, contohnya saja pesawat terbang, bus, ataupun juga travel tour.

Itulah contoh komitmen yang diberkan PT KAI untuk memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik menggunakan kereta api untuk para penumpangnya. Jadi, Anda tidak perlu berjam-jam lagi menunggu antrian pembelian tiket kereta api di stasiun. Banyak alternatif lainnya yang bisa diambil, bisa lewat online, minimarket, kantor pos, pegadaian, bank, ataupun juga agen perjalanan. Ingat satu hal, jangan lupa untuk menukarkan kode booking atau mencetak tiket secara mandiri di stasiun.* (/pic: telegraph.co.uk)

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *