Temukan Komunitas Pasien dan Dokter Anda dengan Aplikasi Pasienia

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang harus dijaga guna kelangsungan hidup yang lebih nyaman dan bahagia. Oleh karena itulah kesehatan tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Banyak yang tidak peduli dengan beberapa aspek yang berkaitan dengan kesehatan. Mereka menjalani hidup dengan cara mengikuti kemauan dirinya tanpa memperhitungkan apakah pola hidupnya ini adalah baik untuk kesehatan atau tidak. Sehingga, apa yang terjadi di kemudian hari? Kemungkinan banyak berbagai penyakit akan dideritanya.

Ada juga orang yang sudah memperhatikan pola hidup sehat namun kadangkala masih saja terkena penyakit, apalagi yang tidak memperhatikan pola hidup sehat. Ya memang urusan sehat dan tidak sehat itu adalah urusan Yang Maha Kuasa. Namun kita sebagai hamba tentunya hanyalah berusaha agar hidup tetap sehat.

Kebanyakan dari masyarakat yang tidak mengikuti pola hidup sehat karena kurangnya pengetahuan tentang kesehatan. Kesibukan urusan pekerjaan yang kadangkala menjadikan nikmat yang satu ini kurang diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat ini, kini sudah ditemukan sebuah aplikasi android yang berguna untuk sebagai tempat sharing atau bertukar pengalaman tentang kesehatan yaitu ‘Pasienia’.

Aplikasi ini akan menghubungkan dengan semua pengguna melalui smarthpone yang sudah terinstal Pasienia. Lebih lengkap lagi, aplikasi ini tidak hanya mempertemukan antara pasien dengan pasien saja. Namun sudah dilengkapi dengan fasilitas dokter. Semua pertanyaan yang tidak sempat ditanyakan ke dokter ketika Anda di rawat di rumah sakit, Anda dapat menanyakannya di aplikasi ini.

Dengan Aplikasi Pasienia, memungkinkan antar pasien dapat menemukan sesama pengguna aplikasi menurut jenis penyakitnya. Sehingga antar pasien dapat bertukar pengalaman tentang penyakit yang diderita. Bahkan dengan Aplikasi Pasiena ini juga memungkinkan untuk beranya pada dokter dengan spesialisasi penyakit tertentu.

Apakah Aplikasi Pasiena itu?

Aplikasi Pasienia merupakan sebuah aplikasi Android yang dirancang untuk mempertemukan antara pasien dengan pasien dengan kesamaan jenis penyakit dan juga antara pasien dengan dokter spesialis penyakit tertentu.

Playstore Pasiena

Aplikasi Pasienia ini telah menyediakan dua fitur utama yaitu TimeLine Pasien dan TimeLine Dokter. Apabila Anda memilih Timeline Pasien maka Anda dapat melakukan tukar informasi atau churhat dengan sesama pasien lain yang menggunakan Aplikasi Pasiena terkait dengan perkembangan kesehatan mereka.

Namun apabila Anda memilih Timeline Dokter maka Anda akan terhubung dengan berbagai dokter dengan spesialis penyakit tertentu. Pada Timeline Dokter ini memungkinkan Anda dapat bertanya mengenai konten kesehatan yang bermanfaat bagi pasien, seperti: tips, infographic dan data-data terbaru mengenai penyakit yang dialami oleh pasien.

Siapakah Pembuat Aplikasi Pasieina itu?

Aplikasi Pasienia pada awalnya dikembangkan oleh Fadli bersama dengan tiga rekannya saat masih kuliah di Universitas Gadjah Mada yaitu Dimas Ragil Mumpuni, Haydar Ali Ismail dan Nur Hildayanti Utami pada 2015 melalui ajang Innovative Academy 2 UGM. Namun pada saat ini Aplikasi Pasienia ini telah berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi Google Business Group (GBG) Stories yang diikuti oleh 496 Negara sedunia.

Kompetisi GBG Stories adalah sebuah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Google untuk  memberikan inspirasi para wirausaha untuk mengarahkan bisnisnya ke media online.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Pasienia?

Cara mengopersikan Aplikasi Pasiena ini sangatlah mudah. Pertama sekali Anda diwajibkan untuk register dengan memasukkan user name dan password (gratis lho..). setelah itu Anda diminta untuk memilih grup dengan jenis penyakit yang sudah disediakan. Setelah itu, Anda tinggal menuliskan apa saja yang Anda fikirkan saat itu sebagai status layaknya di media social. Setelah itu para pemakai aplikasi ini dapat langsung membaca dan sekaligus memberikan komentar yang berupa tulisan maupun gambar sekaligus. Tanggapan ini tidak hanya terbatas pada sesama paisen saja namun dapat juga dengan dokter yang terhubung dengan aplikasi ini.

Spesifikasi Aplikasi Pasienia

Aplikasi ini telah dirilis di play store dengan pengguna kurang lebih 3500. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini sudah memungkinkan untuk berinteraksi dengan berbagai ragam pengalaman tentang kesehatan mereka.

Nah, itulah satu aplikasi tentang penuntun hidup sehat yang seharusnya Anda miliki. Memang nama aplikasi ini adalah Pasienia yang berarti pasien tapi yang dimaksud adalah pasien yang sedang diwarat di rumah sakit saja. Anda yang dalam keadaan sehatpun dapat memiliki aplikasi ini. Jadi jangan beranggapan bahwa aplikasi ini hanyalah untuk pasien yang dirawat di rumah sakit saja.* (/pic:sp.beritasatu.com)

Written by Amin

Saya seorang Dosen, Konsultan, Peneliti dan Asesor. Selain sebagai Ketua Editor Jurnal Ilmiah, saya juga bergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *