by

1 Klik 1 Kwitansi: Cara Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan Penelitian dengan Excel

-Ilmiah-1,764 views

Selain membuat laporan hasil dan luaran penelitian, para peneliti di bawah Kemenristekdikti juga dituntut untuk membuat laporan keuangan. Meskipun sudah berbasis output, namun laporan keuangan ini masih menjadi sebuah tuntutan sebagai bentuk tanggungjawab penggunaan dana penelitian.

Sebagian peneliti ada yang mengeluh dan beranggapan bahwa membuat laporan keuangan itu jauh lebih sulit dari pada membuat laporan hasil penelitian. Sehingga mereka membutuhkan tenaga ekstra untuk menyusun laporan keuangan tersebut. Seperti misalnya harus mengetikkan jumlah rupiah yang di eja dalam ‘Terbilang’. Belum lagi kalau terjadi kesalahan ketik di ‘catatan penggunaan dana’, yang mengharuskan Anda ngecek satu persatu. Pasti akan menyita waktu, bukan.

Pada umumnya untuk membuat ‘Lembar Kwitansi’ dilakukan dengan membuat ‘Daftar Penggunaan Dana’ terlebih dahulu. Setelah itu diketikkan satu persatu:

No. Kwitansi, Instansi Pemberi Uang, Jumlah Uang, Terbilang, Kegunaan Uang, Kota dan Tanggal Pembayaran, Penerima Barang, Penanggung Jawab, dll.

Kalau proses pembuatan laporan keuangan Anda lakukan seperti itu memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi kalau ada perubahan data sedikit saja maka harus Anda lakukan perubahan pada bagian yang lain. Sehingga ketelitian dan kecermatan dalam hal ini mutlak dibutuhkan.

Agar Anda terhindar dari proses pembuatan laporan keuangan penelitian dan pengabmas yang bertele-tele, ada baiknya Anda gunakan MS Excel dengan memanfaatkan rumus secara tepat. Tidak hanya rumus untuk menjumlahkan atau ‘SUM’ saja namun sebuah rumus yang dapat menyelesaikan persoalan secara komplek.

Dengan menggunakan rumus Excel yang tepat maka pembuatan laporan keuangan dapat Anda lakukan dengan 1 klik sudah dapat menghasilkan 1 halaman print out. Inilah yang saya maksud dengan 1 klik 1 kwitansi.

RUMUS EXCEL

Salah satu rumus Excel yang dapat Anda gunakan dalam membuat laporan keuangan penelitian / pengabmas adalah: VLOOKUP.

Setelah Anda ketikkan =VLOOKUP maka di site bar akan tertulis VLOOKUP(lookup_value;table_array:col_index_num;num,[range_lookup]).

Lookup_value    = Tempat Input data

Table_array        = Awal data yang akan diperhitungkan

Col_index_num = Akhir data yang akan diperhitungkan

Range_lookup   = Kolom yang dijadikan output

Untuk membuat Kwitansi laporan keuangan penelitian / pengabmas, Anda dapat memasukkan rumus Excel sebagai berikut:

Nomor                         : =VLOOKUP(G8;’Catatan Keuangan’!A14:H30;1)

Telah terima dari         : =VLOOKUP(G8;’Catatan Keuangan’!A14:H30;7)

Jumlah uang                : =VLOOKUP(G8;’Catatan Keuangan’!A14:V30;3)

Banyaknya uang         : =VLOOKUP(G8;’Catatan Keuangan’!A14:H30;2)

Untuk pembayaran      : =VLOOKUP(G8;’Catatan Keuangan’!A14:H30;1)

KEUTAMAAN RUMUS EXCEL UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

  1. Pembuatan halaman Kwitansi hanya Anda lakukan sekali saja, selanjutnya tinggal mengetikkan nomor Kwitansi. Secara otomatis semua isian (nomor, jumlah uang yang dibayarkan, kegunaan uang, dsb) akan berubah menurut catatan keuangan yang telah Anda buat sebelumnya.
  2. Data yang tercetak di Kwitansi akan sama persis dengan data di catatan keuangan.
  3. Apabila terjadi kesalahan, mudah dalam perbaikannya.
  4. Proses print lebih mudah dan cepat.

RUMUS EXCEL SIAP PAKAI

Apabila Anda masih bingung dalam menggunakan Rumus VLOOKUP untuk membuat laporan keuangan, berikut saya lampirkan contohnya silahkan di download:

RUMUS EXCEL UNTUK LAPORAN KEUANGAN

Apabila Anda masih bingung untuk membuatnya, simaklah Video-nya. Akan tetapi jika masih belum juga paham atau tidak mau repot, serahkan saja ke saya dengan menghubungi saya di KONTAK.

Itulah cara mudah dan cepat dalam membuat laporan keuangan baik untuk penelitian maupun pengabdian masyarakat yang dapat Anda jadikan acuan. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments

News Feed