11 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Naik Kereta Api

By On Tuesday, April 18th, 2017 Categories : Travelling

Pada masa orde lama industri kereta api di Indonesia sempat menduduki prestasi yang cukup dibanggakan di tingkat Internasional. Namun pada akhirnya industri kereta api tersebut mengalami kemunduran karena banyak insfrastruktur yang dihancurkan akibat kondisi Negara yang belum stabil. Kini industri kereta api Indonesia sudah mulai merangkak membaik lagi sehingga semakin banyak yang menggunakan sebagai alat transportasi dalam travelling baik untuk tujuan wisata maupun tugas kantor.

Jika ditelusuri lagi bahwa alasan utama orang memilih transportasi kereta api dibanding dengan yang lain adalah faktor kenyamanan dan harga. Sekarang ini semua kereta api dari kelas ekonomi sampai eksekutif sudah menggunakan Air Conditioner (AC) setiap gerbongnya. Dibandingkan dengan transportasi yang lain, kereta api memiliki tarif yang cukup murah.

Selain itu, saat ini pemesanan tiket kereta api juga semakin memberkan kemudahan. Untuk membeli tiket tidak harus bersusah payah untuk mendatangi stasiun atau agen penjual tiket. Sekarang, tiket kereta api sudah dapat dipesan melalui smartphone melalui internet.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat peraturan-peraturan yang diberlakukan untuk dapat menggunakan layanan transportasi kereta api. Kadangkala peraturan ini masih saja dilanggar oleh penumpang.

Terdapat 11 hal penting yang Anda perlu ketahui sebelum naik kereta api, yaitu:

  1. Bawalah Kartu Identitas Diri Sebelum Membeli Tiket Dan Check In

Kartu identitas dapat berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Ijin Mengemudi). Pastikan nama pada tiket sesuai dengan identitas.

  1. Cermati Jam Keberangkatan Kereta

Usahakan satu jam sebelum jam keberangkatan kereta, Anda sudah berada di stasiun untuk menunggu datangnya kereta. Mengingat sekarang ini dimana-mana banyak terjadi kemacetan. Oleh karena itu lebih baik datang awal dari pada terlambat.

  1. Pastikan Jalur Kereta

Setelah Anda sampai di stasiun dan menunggu datangnya kereta, pastikan Anda akan naik di jalur yang sudah ditentukan menurut boarding pass.

  1. Pastikan Nomor Gerbong Dan Tempat Duduk

Sebelum Anda naik ke gerbong kereta, pastikan nomor gerbong dan tempat duduk sesuai dengan boarding pass yang Anda bawa.

  1. Batasi Bagasi

Ruang kosong di kereta penumpang disekitar tempat duduk sangatlah terbatas. Bagasi dapat Anda ditempatkan pada kompartemen yang berada di atas kepala, di ruang kaki, atau di tempat kosong lain yang tidak mengganggu penumpang dan masih dapat Anda awasi sendiri. Makanya Anda perlu cara khusus untuk melipat pakaian agar ringkas di tas atau koper.

  1. Bordes Bukan Tempat Untuk Berdiam

Bordes merupakan ruang kosong yang berada diantara gerbong satu dengan gerbong yang lain. Bordes ini biasanya sebagai tempat toilet dan pintu masuk dan keluar penumpang. Disamping mengganggu penumpang lain apabila mau ke toilet, bordes ini juga sangat berbahaya apabila dipergunakan untuk nongkrong atau malah untuk merokok.

  1. Tidak Merokok

Semua ruang yang ada di kereta sudah menggunakan AC sehingga tidak diperkenankan bagi penumpang untuk merokok.

  1. Batasi Membawa Makanan

Hindari makanan yang cenderung ribet dalam mengkonsumsinya, seperti makanan berkuah, berbau menyengat dan membutuhkan ruang yang luas.

  1. Tidak Diperbolehkan Memasak Makanan Dan Minuman

Meskipun di setiap gerbong terdapat stop kontak yang tersebar disekitar tempat duduk, namun stop kontak itu hanya diperbolehkan untuk keperluan mengecharge handphone saja yang relatif membutuhkan daya yang kecil. Anda tidak diperbolehkan memasak nasi atau minuman di gerbong kereta karena akan mengurangi daya listrik yang cukup besar.

  1. Tidak Diperbolehkan Tidur Di Lantai Gerbong

Apabila tempat duduk disebelah Anda masih kosong dan tidak ada yang menempati, bolehkan Anda pergunakan untuk tidur atau hanya meluruskan kaki. Namun Anda tidak diperkenankan tidur di lantai gerbong kereta meskipun lantai tersebut kosong. Disamping mengganggu pandangan juga dapat mengganggu orang yang kebetulan lewat.

  1. Perhatikan Waktu Sembahyang

Sebelum Anda masuk ke gerbang kereta perhatikan waktu sembahyang atau sholat. Apabila jam berangkat kereta sebelum waktu sholat ashar maka Anda diperbolehkan untuk meringkas dan mengumpulkan sholat. Namun jika jam berangkat kereta setelah waktu ashar maka Anda tidak diperbolehkan meringkas dan mengumpulkan sholat sehingga Anda harus segera sholat di stasiun yang Anda tuju.

Demikianlah 11 hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum naik kereta api. Semoga dapat membantu dalam memperlancar perjalanan Anda.*

(/pic:kaskus.co.id)

11 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Naik Kereta Api | Amin | 4.5
Leave a Reply