by

12 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Facebook

-Internet-152 views

Selain bermanfaat bagi manusia juga memiliki dampak yang luar biasa, itulah dampak teknologi. Salah satu dampak teknologi yang sangat terasa adalah Facebook yang menjadi jejaring sosial media paling popular saat ini. Selain dapat memberikan manfaat yang luar biasa, Facebook sudah terbukti menjadi pemicu dampak yang tidak menyenangkan, seperti munculnya tindak kriminal, penipuan, perampokan, hingga penganiayaan. Pemicunya adalah membuat status dan posting yang berlebih-lebihan di Facebook.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan di Facebook yaitu:

  1. Tanggal Lahir

Tanggal lahir adalah sesuatu yang sangat penting. Untuk membuka rekening, membuat KTP, kartu kredit dan sebagainya yang ditanyakan adalah tanggal lahir. Jadi seharusnya Anda tidak sembarangan mengobral tanggal lahir tersebut. Dengan diketahuinya tanggal lahir Anda oleh orang yang tidak Anda kenal (terutama orang jahat) berarti membuka peluang untuk terjadinya kejahatan.

  1. Nomor Kontak

Nomor HP yang sering Anda pergunakan untuk kepentingan resmi kantor atau membuka rekening dan sejenisnya alangkah baiknya tidak Anda perlihatkan di Facebook. Apabila memang Anda membutuhkan nomor kontak yang Anda pajang di Facebook berilah nomor HP khusus yang tidak Anda pergunakan pada urusan resmi.

  1. Tempat Tinggal

Perlu Anda ketahui bahwa yang mengetahui profil Facebook tidak hanya teman-teman Anda sendiri melainkan semua pengguna Facebook di seluruh dunia. Sehingga keberadaan Anda tidak mungkin untuk diketahui orang yang tidak Anda kenal sama sekali, bukan.

  1. Status Hubungan

Dengan diketahuinya pasangan Anda memungkinkan dapat dijadikan sebagai data pendukung pelacakan diri Anda jika ada orang jahat yang menjadikan Anda sasaran.

  1. Identitas Keluarga

Mencantumkan identitas semua anggota keluarga secara detail di Facebook adalah sangat riskan untuk terjadi peluang pelacakan data pribadi Anda.

  1. Informasi Kondisi Rumah & Kepemilikan Harta Benda

Memamerkan semua barang-barang berharga milik Anda di Facebook ini juga dapat membuka peluang tindakan kriminal. Selain dari pada itu, ketika bepergian ke luar kota dengan waktu yang cukup lama alangkah baiknya tidak Anda posting di Facebook. Misalnya berlibur ke suatu tempat yang jauh dari rumah Anda selama beberapa hari.

  1. Membuat Status Negatif

Menuliskan kata-kata yang tidak sopan atau membuat kritikan-kritikan yang Anda tujukan ke seseorang dapat memberikan efek negatif pada diri Anda. Orang yang Anda kritik pasti tidak akan nyaman.

  1. Foto Pribadi yang Tidak Sopan

Apa yang Anda posting di Facebook adalah cermin diri Anda sendiri. Sehingga sangat tidak etis jika Anda memamerkan sesuatu yang seharusnya tidak pantas untuk dipamerkan kepada orang lain di Facebook.

  1. Membagikan Tanpa Mengetahui yang di Share

Kalau yang Anda share adalah sesuatu yang baik, itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika yang Anda bagikan adalah sesuatu yang negatif maka Anda akan kena juga karena orang yang membuat dan men-share adalah sama saja hukumnya.

  1. Menyukai, Menonton, berkomentar di Link Tidak Jelas

Sama halnya dengan men-share, apabila yang Anda sukai dan berkomentar di link yang tidak jelas maka dampaknya tidak hanya diri Anda sendiri namun juga pada teman-teman Anda di Facebook.

  1. Unggah Foto Pribadi dengan Resolusi Tinggi

Foto pribadi dengan resolusi tinggi dapat menjadi sasaran empuk para editor photo. Sekarang ini dengan software tertentu dapat merekayasa foto dan gambar dengan sangat mudah. Foto dengan resolusi yang tinggi apalagi dengan tampak seluruh tubuh sangat terbuka terjadi peluang kejahatan.

  1. Menandai Orang Lain dengan Posting Anda

Kadang sebagian orang tidak merasa kalau perbuatan menandai orang (tag) dengan status yang dibuatnya adalah kurang sopan. Alangkah sebaiknya sebelum men-tag seseorang minta ijinlah terlebih dahulu karena siapa tahu orang yang Anda tag  tidak suka dengan status yang Anda buat.

Itulah beberapa hal yang seharusnya Anda tidak lakukan di Facebook demi keamanan dan kenyamanan berselancar di jejaring sosial. Lebih baik tidak melakukan semua hal di atas dari pada menyesal dikemudian hari.*

About Author: Amin

Gravatar Image
Seorang dosen, konsultan teknik, asesor tenaga kerja konstruksi dan editor jurnal ilmiah yang tergabung di asosiasi profesi: PII, ADGVI dan APTI.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed