by

13 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivas Kerja yang Wajib Anda Instal

-Gadget, Karir-231 views

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat menyebabkan perlunya asisten pribadi agar produktivitas kerja Anda semakin meningkat. Sudah tidak jamannya lagi kalau yang Anda bayangkan asisten pribadi adalah seseorang yang kompeten dalam pekerjaan Anda. Pada zaman now, asisten pribadi yang paling setia dan disiplin adalah HP atau Smartphone Android yang Anda miliki selama ini.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih menyebabkan melubernya fungsi Handphone dari sekedar alat komunikasi biasa menjadi asisten pribadi yang sangat dipercaya. Namun terlebih dahulu HP Anda harus terinstal dengan aplikasi yang menunjang produktifitas Anda dalam pekerjaan tentunya.

Sekarang ini banyak sekali aplikasi-aplikasi baik gratis maupun berbayar yang sangat mudah Anda dapatkan via play store. Dengan menggunakan Smartphone atau Tablet, Anda dapat mengerjakan pekerjaan dimana saja Anda berada, seperti saat mengantri membayar pajak, menyervis mobil atau motor dan aktivitas di luar rumah yang lain.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi penting untuk meningkatkan produktifitas kerja yang wajib Anda instal, yaitu:

  1. Memory Helper

Memory Helper merupakan salah satu aplikasi android yang berguna untuk mengingatkan semua rencana kerja Anda yang sudah Anda ketikkan terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat disetting menurut keperluan Anda sendiri. Dan aplikasi ini dapat Anda munculkan setiap awal membuka HP Anda. Sehingga begitu membuka HP, Anda akan ditunjukkan semua rencana aktivitas Anda.

  1. Iso Timer

Iso Timer atau To-Do Calendar Planner ini dapat Anda manfaatkan untuk menuliskan aktivitas apa saja yang Anda rencanakan. Sajian dari aplikasi ini cukup menudahkan Anda dalam bentuk harian, bulanan dan tahunan. Lebih nyamannya lagi, aplikasi ini selalu menunjukkan pada hari dan jam ketika Anda membukanya. Sehingga benar-benar aplikasi ini selalu mengingatkan Anda dalam setiap langkah pekerjaan.

  1. Safe Notes dan Memo

Antara safe notes dan memo memang sama-sama berfungsi sebagai media untuk mencatat. Namun perbedaannya adalah Safe Note memiliki fitur password untuk login sehingga catatan-catatan penting yang bersifat rahasia dapat Anda masukkan ke aplikasi tersebut.

Sedangkan Memo dapat Anda pergunakan untuk mencatat hal-hal yang lebih umum saja.

  

  1. Spending Tracker

Pengelolaan keuangan sangat penting Anda lakukan secara cermat agar Anda tidak kebobolan karena jumlah pengeluaran yang tidak sebanding dengan pemasukan. Dengan aplikasi Spending Tracker ini menungkinkan Anda dapat mengelola keuangan dengan baik.

Pemasukan dan pengeluaran keuangan dapat Anda tuliskan secara detail dan aplikasi ini secara otomatis akan menunjukkan saldo terakhir. Sehingga dengan aplikasi ini keuangan Anda akan terkontrol dengan baik.

  1. Online File Storage

Penyimpan file secara online ini berguna ketika Anda membutuhkan tempat menyimpan file-file dengan ukuran yang besar. Beberapa penyimpan file secara online yang dapat Anda gunakan seperti: Dropbox, Google Drive, Mediafire, Pcloud, Jottacloud, Hidrive, Cubby, Dev File Cloud, Sync, Cloud Me, dll.

  1. Microsoft Office

Microsoft Office yang sering dipergunakan adalah Word, Exel dan Power Point. Menurut saya dari ketiga itu yang paling sangat penting adalah MS Word karena dengan MS Word Anda dapat mengerjakan pengetikan atau pengeditan dokumen.

  1. Dictionary dan Traslator

Meskipun Anda sudah menguasai Bahasa asing dengan baik, ada baiknya Anda install kedua aplikasi ini, siapa tahu ada kata-kata asing yang tidak Anda pahami.

Dictionary biasanya bersifat statis yang menampilkan penerjemahan perkata saja. Sedangkan Translator dapat menerjemahkan dalam bentuk kalimat yang panjang sekalipun.

  1. Search Engine

Melalui search engine, Anda dapat melakukan update informasi agar tidak ketinggalan info terkini. Tersedia banyak aplikasi search engine yang dapat Anda jadikan pilihan, seperti Google Chrom, Mozilla Firefox, dan lain-lain.

  1. Social Media

Social media ini juga penting guna mengadakan interaksi dengan teman dan klien untuk saling memberikan solusi. Sekarang ini juga semakin berkembang aplikasi-aplikasi sosmed ini, seperti facebook, twitter, google plus,

  1. Email

Sebagai media untuk mengirim dokumen atau sekedar menuis surat, Anda perlu aplikasi email seperti ini. Pada umumnya gmail-lah yang sering dipergunakan oleh kebanyaka orang dalam

  1. Calculator

Meskipun tidak begitu sering menghitung, kadang dalam keseharian Anda pasti diharuskan untuk menghitung, seperti menghitung uang belanja ataupun pembelian yang lain. Nah, agar memori fikiran Anda tidak terbebani dengan soal hitung menghitung ini ada baiknya Anda pergunakan kalkulator.

  1. Camera & Video

Momen-momen penting kadang datangnya tidak terduga. Sayang, jika momen penting itu tidak dapat Anda simpan. Sehingga camera dan video saya anggap sebuah keharusan untuk di instal di HP Android.

  1. My File

Supaya file-file tidak berserakan, alangkah baiknya Anda kumpulkan dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan My File yang dapat mengelompokkan file gambar, dokumen atau video.

Menurut saya, ke-13 Aplikasi Android itulah yang wajib terinstal di HP Android Anda agar produktifitas kerja tetap lancar meskipun Anda berada di luar kantor sekalipun. Itulah dampak teknologi informasi yang sangat berguna untuk memudahkan semua pekerjaan sehari-hari. Bagi yang belum menginstal aplikasi itu, silahkan untuk mendownloadnya sendiri via play store yang ada di HP masing-masing ya…*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed