by

6 Strategi Membuat Blog yang Menarik Banyak Pengunjung

-Blogging-105 views

Memiliki blog dengan jutaan pengunjung perhari merupakan impian semua blogger. Terlebih bagi blogger yang menjadikan aktivitas blogging sebagai sumber mata pencaharian.

Banyak yang beranggapan salah mengenai cara menarik pengunjung blog. Untuk menarik pengunjung blog tidak bisa Anda lakukan hanya dengan cara rajin menulis konten blog dan mempromosikannya di media sosial. Perlu adanya strategi yang jelas dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh search engine – semisal Google, agar blog Anda cepat terindeks di Google.

Strategi membuat blog yang menarik banyak pengunjung ini harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum membangun blog karena kesuksesan blogging banyak ditentukan dari sini. Blog yang dibangun tanpa perhitungan yang matang pasti akan sepi pengunjung.

Jangan sekali-kali Anda membuat blog kalau belum memahami 6 strategi membuat blog yang menarik banyak pengunjung ini.

Berikut ini adalah 6 strategi membuat blog yang menarik banyak pengunjung tersebut:

  1. Memilih Web Hosting

Free web hosting seperti Blogger.com dan WordPress.com memang dapat Anda manfaatkan untuk membuat sebuah blog, namun alangkah baiknya Anda menggunakan web hosting yang tidak gratisan (self hosting) agar dapat menunjukkan keseriusan Anda dalam blogging ini.

Banyak sekali perusahaan penyedia web hosting yang dapat pilih, mulai yang murah hingga yang mahal tergantung pada spesifikasi yang ditawarkan. Akan tetapi yang sangat mendukung untuk popularitas blog adalah Disk Space dan Bandwidth.

Disk Space sebagai media untuk menyimpan semua data di website Anda seperti konten, gambar, video, dll. Sehingga dalam memilih disk space ini harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan karena kapasitas disk space ini tergantung dengan harga. Sedangkan bandwidth adalah besarnya data yang di download oleh pengunjung blog Anda (termasuk Anda sendiri ketika mengelola blog).

Penggunaan disk space dan bandwidth yang tepat dapat mendukung kecepatan loading blog Anda. Sehingga dalam memilih web hosting supaya hati-hati. Salah satu web hosting yang dapat dipercaya adalah Paket Web Hosting dari Hostinger. Selain menyediakan fitur-fitur yang menarik, Hostinger juga memfasilitasi domain gratis selama setahun. Hostinger memang beda dengan web hosting yang lain.

  1. Memilih Nama Domain

Nama domain dapat dikatakan sebagai kata kunci pencarian blog Anda. Sebaiknya nama domain itu yang dapat mencerminkan keseluruhan isi blog yang Anda buat.

Dengan begitu, kemungkinan banyak antar konten blog terdapat keterkaitan sehingga Anda dapat memberikan link antar konten. Apabila blog yang Anda buat memiliki link internal yang banyak pasti blog Anda akan semakin disayang oleh search engine.

  1. Memilih Nice Blog

Nice blog adalah blog yang mengupas tentang topik tertentu saja. Pada umumnya memang blog memang berisi campur-campur, semua dibahas disitu. Akan tetapi kalau mau jujur, pengunjung blog itu lebih menyukai blog dengan pembahasan yang khusus dan spesifik. Alasannya, pokok bahasannya akan menjadi lebih detail dan saling ada keterkaitan antar semua posting. Selain itu, nice blog juga sangat disukai oleh SEO sehingga dapat meningkatkan traffic blog di search engine.

  1. Selalu Update Blog

Orang membuka internet pada umumnya untuk mendapatkan informasi terbaru. Demikian halnya dengan search engine, informasi-informasi yang sifatnya up to date lebih disukai search engine dari pada informasi-informasi yang sudah kedaluwarsa. Oleh karena itulah sering-sering membuat posting blog agar blog Anda tidak sepi dari pengunjung.

  1. Menggunakan SEO

Dalam membuat konten blog sangat dibutuhkan kejelian, terutama dalam membidik informasi yang banyak dibutuhkan kebanyakan orang. Akan tetapi untuk membuat konten yang banyak menyedot kunjungan orang tidaklah cukup dengan menulis informasi-informasi yang baru ngehit saja, namun perlu mempertimbangkan penerapan SEO (Search Engine Optimization).

Dengan merujuk SEO, konten Anda bakalan cepat dikenal oleh search engine sehingga konten Anda bisa mengalahkan konten-konten yang lain di internet.

  1. Tidak Copy Paste Konten

Tindakan copy / paste orang lain dalam membuat konten blog adalah perbuatan tercela yang sangat tidak disukai oleh search engine. Perbuatan copy / paste ini sering disebut dengan plagiarisme yang kalau diartikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta.

Jenis plagiarisme yang kadang mengaburkan istilah copy / paste adalah mendapatkan artikel dari orang lain yang ingin jadi penulis di blog kita, namun tulisan yang dikirimnya itu sudah di publish dimedia online yang lain. Kadang kita masih beranggapan kalau kita mendapatkan artikel dari penulisnya langsung, padahal itu sama saja dengan copy / paste.

Itulah 6 strategi membuat blog yang menarik banyak pengunjung yang wajib Anda ketahui sebelum membuat blog. Apabila Anda tidak memahami 6 strategi ini jangan harap blog Anda mendapatkan pengunjung yang banyak.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

News Feed