by

9 Profesi Menjanjikan di Masa Depan

-Karir-186 views

Revolusi Industri 4.0 tidak hanya berpotensi dalam perombakan industri, namun juga berbagai aspek kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah penyerapan tenaga kerja atau peluang mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan atau profesi yang selama ini banyak dicari orang, belum tentu eksis pada masa mendatang.

DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Revolusi Industri 4.0 yang dimulai sejak tahun 2011 merupakan masa dimana terjadi lompatan besar di sektor industri. Dimana teknologi informasi dan komunikasi sudah digunakan sepenuhnya. Maka sudah semestinya profesi atau pekerjaan pada masa mendatang juga mengalami lompatan besar.

Bagi Anda yang belum bekerja dan tengah menyiapkan dalam mencari pekerjaan, tidaklah cukup hanya dengan belajar dari pengalaman orang-orang sukses terdahulu. Tapi perlu menatap kedepan untuk menemukan peluang-peluang baru yang belum Anda jumpai atau mengembangan profesi yang mulai berkembang saat ini.

MAKING INDONESIA 4.0

Untuk menyikapi datangnya Revolusi Industri 4.0, pemerintah negara kita telah meluncurkan Making Indonesia 4.0. Sebuah respon positif yang ditetapkan pada 4 April 2018 itu menekankan pada 5 bidang manufaktur dengan daya saing regional. Kelima bidang itu adalah: makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, dan elektronik.

Kelima bidang manufaktur itu tentunya juga mengacu pada Revolusi Industri 4.0 yang wajib berbasis teknologi canggih, seperti Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent /AI), Internet of Things (IoT), Wearables, Robotika dan 3D Printing.

10 PROFESI YANG DINANTI PADA MASA MENDATANG

Berdasarkan uraian diatas maka dapat diprediksi beberapa pekerjaan atau profesi yang dimungkinkan banyak dibutuhkan adalah:

1.AHLI DATA

Sekarang sudah banyak perusahaan yang membutuhkan seorang ahli data. Data jual beli barang dan riset pasar sangat berguna dalam mengevaluasi dan menentukan langkah kedepan perusahaan.

Untuk menjadi seorang ahli data tidak harus  memiliki latar belakang ilmu eksak, seperti dari Fakultas Matematika dan IPA. Namun juga bisa dari ilmu yang lain, seperti komputer, ekonomi, teknologi informasi, statistik dan lain sebagainya. Namun soft skill yang harus dimiliki adalah kemampuan berfikir kritis, mampu menyering data, riview data dan evaluasi data. Selain itu juga mampu menyampaiakan hasil evaulasi dan target kedepannya.

2.TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi atau IT adalah mutlak diperlukan di era Revolusi Industri 4.0. Kemampuan dalam penguasaan software dan hardware komputer mutlak dibutuhkan baik kini maupun masa yang akan datang. Tidak hanya komputer namun juga semua gadget, seperti smartphone, smart TV, dan lain sebagainya.

3.ROBOTIKA DAN KONTROL OTOMATIK

Perkembangan robotika dan pengontrolan otomatik ini terus dilakukan inovasi guna menggantikan tenaga manusia sebagai operator. Kini perusahaan-perusahaan sudah mulai memanfaatkan tenaga robot dalam proses produksinya.

Kedepan, eksistensi tenaga manusia dalam proses produksi akan semakin diminimalisir. Jadi, jangan bercita-cita untuk jadi operator produksi ya. Jadilah yang membuat programnya saja.

4.PROGRAMMER

Bagaimana mungkin bermain dengan begitu banyaknya data tanpa bantuan sebuah program komputer. Sekarang ini perusahaan-perusahaan sudah banyak yang memanfaatkan program komputer untuk membantu pekerjaan mereka. Mulai dari pendataan keluar masuk barang hingga pengambilan keputusan yang akan dilakukan pada waktu berikutnya,  

5.PRODUCT DESINER

Persaingan bisnis semakin ketat sehingga setiap perusahaan berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam produknya. Sehingga keberadaan seorang desainer produk ini sangat dibutuhkan pada masa mendatang.

6.ENGINEER

Teknologi informasi tidak akan berguna tanpa dukungan pengetahuan rekayasa teknik (engineer). Pengetahuan tentang teknologi material terutama berbasis nano teknologi, konstruksi dan rancang bangun, smart material, robotika dan kontrol otomatis sangat dinantikan perkembangan terbarunya.

7.INTERNET MARKETING

Transaksi jual beli secara onlne secara berangsur-angsur menggeser eksistansi cara tradisional yang dapat menjangkau tanpa batas. Dengan bantuan internet, pemasaran menjadi mengglobal dengan persaingan yang lebih ketat.

Maka pengetahuan tentang internet marketing ini sangat penting agar perusahaan mampu dalam persaingan bebas.

8.WEB DEVEPOLER

Selain media social, website adalah media yang efektif dalam marketing. Tidak hanya web developer namun juga seorang blogger yang banyak dicari.

Sekarang ini perusahaan-perusahaan sudah mulai meninggalkan cara tradisional dalam mempromosikan produknya. Selain memasang iklan di website atau blog, perusahaan juga mengadakan kerjasama konten placement dengan para blogger.

9.SOFTWARE DEVELOPER

Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan digunakannya teknologi informasi dan komunikasi dalam hidup pasti tidak dapat lepat dari software. Makanya kini semakin bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang dapat membantu meringankan pekerjaan banyak orang.

Demikianlah 9 profesi yang paling menjanjikan di masa depan yang dapat Anda cermati. Dengan menguasai salah salah satu dari kesembilan profesi itu kemungkinan banyak mafaatnya dimasa mendatang. Selamat belajar dengan cerdas*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.