Anda Mau Kuliah Tanpa Biaya? Daftar Aja Ke Beasiswa Bidikmisi

By On Monday, June 12th, 2017 Categories : Edukasi
Advertisement
advertisement

Sekarang sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda yang ingin kuliah tetapi tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya kuliah. Karena pemerintah sejak tahun 2010 sudah memberikan fasilitas bagi siapa saja yang tidak memiliki membiayai kuliah yang cukup namun memiliki prestasi yang cukup baik, telah diberikan kesempatan untuk mengikuti #beasiswa Program Bidikmisi, gratis biaya pendaftaran.

Menurut saya, pemberian bantuan biaya pendidikan dari Program Bidikmisi ini cukup menggiurkan, karena beasiswa tidak hanya diberikan sebatas pada biaya SPP saja namun mencakup semua biaya yang terkait dengan proses perkuliahan. Mulai dari biaya pendaftaran, biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi, biaya hidup dan biaya pengelolaan Program Bidikmisi.

Biaya pengelolaan Program Beasiswa Bidikmisi meliputi: biaya kedatangan (at cost), biaya hidup awal sebagai calon mahasiswa yang berasal dari luar kota, biaya desiminasi informasi & verifikasi, biaya pembinaan (kegiatan pelatihan, penalaran, leadership, motivasi, penguasaan Bahasa Inggris dan bimbingan karir), biaya bantuan kegiatan terkait akademik yang ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing dan biaya honorarium pengelolaan selama satu tahun.

Program Bidikmisi adalah salah satu program beasiswa bantuan biaya pendidikan kuliah di dalam negeri yang cukup diminati oleh para lulusan SMU dan SMK. Selama enam tahun ini, Program Beasiswa Bidikmisi telah diraih lebih dari 352 ribu mahasiswa dengan jumlah ratusan ribu pelamar dalam setiap tahunnya.

Persyaratan Calon Penerima Beasiswa

Persyaratan yang perlu Anda siapkan adalah:

  1. Lulus SMA/SMK/MA atau yang sederajad
  2. Usia tertinggi saat mendaftar adalah 21 tahun
  3. Tidak mampu secara ekonomi
  4. Pendidikan orang tua / wali setinggi-tingginya Strata 1 atau Diploma 4
  5. Memiliki potensi akademik yang baik.

Jangka Waktu Pendanaan

Bantuan biaya pendidikan Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Beasiswa Bidikmisi di perguruan tinggi, yaitu:

  1. Program Sarjana (S1) dan Diploma IV maksimal 8 semester
  2. Program Diploma III maksimal 6 semester
  3. Program Diploma II maksimal 4 semester
  4. Program Diploma I maksimal 2 semester.

Khusus program studi Sarjana tertentu yang memerlukan pendidikan ke profesian dan merupakan satu kesatuan, tetap diberikan bantuan sampai lulus program profesi, yaitu:

  1. Pendidikan Dokter dengan penambahan maksimal 4 semester
  2. Pendidikan Dokter Gigi dengan penambahan maksimal 4 semester
  3. Ners maksimal dengan penambahan maksimal 2 semester
  4. Pendidikan Dokter Hewan dengan penambahan maksimal 2 semester
  5. Farmasi dengan penambahan maksimal 2 semester
  6. Pendidikan Profesi lainnya yang strategis, ditetapkan oleh Dirjen Belmawa.

Bantuan Bidikmisi untuk program profesi diberikan kepada mahasiswa yang langsung melanjutkan studi keprofesiannya pada perguruan tinggi yang sama.

Tata Cara Mendaftar

Cara mendaftar beasiswa Bidikmisi dapat dilakukan secara online (daring) melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi swasta secara daring pada laman bidikmisi (bidikmisibelmawa.ristekdikti.go.id). Akan tetapi jika Anda menginginkan mendaftar secara offline juga bisa, yaitu melalui sekolah masing-masing yang akan menguruskan ke perguruan tinggi yang Anda tuju.

Berkas yang Perlu Anda Siapkan

Beberapa berkas yang perlu Anda siapkan sebelum mendaftar beasiswa Bidikmisi adalah:

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada)
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada)
  8. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka harus membawa
  9. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat
  10. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga
  11. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran.

Metode Seleksi

Proses seleksi beasiswa Bidikmisi dapat Anda lakukan di Perguruan Tinggi Negeri ataupun swasta yang menjadi tujuan kuliah Anda nanti. Proses seleksi secara detail dapat Anda lihat di Pedoman Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yang dapat Anda download di laman: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Demikianlah sekilas mengenai Beasiswa Bidikmisi yang didanai oleh pemerintah guna membantu masyarakat kurang mampu agar tetap dapat mengenyam di bangku kuliah.* (/pic:usascholarships.com.com)

Advertisement
advertisement
Anda Mau Kuliah Tanpa Biaya? Daftar Aja Ke Beasiswa Bidikmisi | Amin | 4.5
Leave a Reply