by

Arti Manajemen, Fungsi dan Unsur-Unsurnya

-Ilmiah-8 views

Arti manajemen memiliki cakupan yang luas terkait dengan pengelolaan berbagai aspek untuk mencapai tujuan tertentu. Manajer adalah eseorang yang memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

Pada intinya manajemen adalah usaha perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengontrolan pada sebuah sistem guna mengoptimalkan proses kerja. Terdapat 4 fungsi dan 6 unsur manajemen yang perlu kita pahami supaya bisa mengerti apa itu manajemen.

ARTI MANAJEMEN

Arti menajemen menurut Bahasa Perancis adalah ‘management’ yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Sedangkan dalam Bahasa Inggris adalah ‘management’ artinya pengelolaan [to manage = mengelola].

KOMENTAR PARA TOKOH

1. Harold Koontz & Cyril O’donnel

Harold mengatakan bahwa managemen adalah sebuah usaha untuk mencapai satu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

2. James A.F. Stoner

Managemen adalah proses prencanaan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3. Lawrence A. Appley

Mengartikan managemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

4. Follet

Managemen yaitu seni untuk melakukan sesuatu dengan mengerahkan orang lain (The art of getting things done through the people).

FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi manajemen meliputi 4 hal berikut, yaitu:

1. PLANNING

Sebelum memulai mengerjakan sebuah proses kerja, planning atau perencanaan adalah satu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Tanpa ada perencanaan yang matang, proses kerja akan menjadi tidak maksimal.

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling penting dari fungsi manajemen yang lain karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi yang lain tak akan berjalan dengan baik.

Perencanaan yang baik harus dibuat secara rasional, memiliki tujuan yang jelas, berkesinambungan, memuat analisis pekerjaan dan mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

2. ORGANIZING

Supaya pelaksanaan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan maka seorang manajer perlu mengorganisasikan bawahannya. Tujuan dari organizing ini adalah membagi tugas besar menjadi tugas yang lebih spefisik kepada bawahannya.

Dengan membagi tugas kepada anak buah akan menjadikan tugas bisa dikerjakan secara professional dan penuh tanggung jawab.

3. ACTUATING

Adalah Actuating atau pengarahan dari manajer ke bawahan adalah sangat penting. Bahkan seorang manajer harus selalu memberikan pengarahan secara rutin supaya anak buahnya selalu ingat dengan tupoksinya.

Beberapa unsur penting dalam memberikan pengarahan adalah:

  1. Pemberian motivasi dan semangat kerja
  2. Memberikan bimbingan dan konsultasi
  3. Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan

4. CONTROLLING

Controlling atau evaluasi dilakukan setelah dilakukannya proses kerja. Evaluasi dilakukan guna mengetahui sejauh mana keberhasilan dari proses kerja.

Melalui evaluasi inilah manager bisa mengetahui kelemahan dan keunggulan dari proses kerja yang telah dilakukan. Selain itu, seorang manager bisa menemukan kemungkinan prospek baru untuk proses kerja yang akan datang.

UNSUR MANAJEMEN

Guna mencapai tujuan yang telah ditentukan di industri maka perlu adanya unsur manajemen sebagai sarana dan prasarana yang terpenuhi. Beberapa unsur manajemen yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan perusahaan adalah:

1. SDM

Sumber daya manusia atau SDM adalah unsur utama dalam pencapaian tujuan perusahaan. Bahkan SDM lah yang paling menentukan.

Meskipun semua unsur terpenuhi dengan baik, tapi tanpa dukungan SDM yang handal pasti tidak akan tercapai tujuan perusahaan dengan baik.

2. MATERIAL

Proses produksi di industi bisa berjalan optimal jika setiap departemennya terkoneksi dengan baik. Antar departemen yang berhubungan bisa memberikan pelayanan yang tepat.

Departemen bahan baku atau material harus bisa menyediakan bahan baku sesuai dengan kapasitas produksi. Telat sedikit saja dalam menyuplai bahan baku maka kerugian industry cukup terasa.

Material ini tidak hanya bahan baku saja, namun juga bahan jadi dan setengah jadi. Semua jenis material ini harus selalu tercukupi.

3. METODE

Supaya perjalanan pekerjaan di industri bisa berjalan dengan baik, maka menetapkan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. Penetapan metode ini sangat bergantung pada fasilitas yang dimiliki, sarana dan prasarana produksi, pemanfaatan waktu dan penggunaan uang.

Pemilihan metode yang tepat dapat meningkatkan proses produksi. Akan tetapi tanpa dukungan SDM yang kompeten, sebaik apapun metode yang digunakan pasti akan hancur.

4. MESIN

Tanpa bantuan mesin, proses produksi tidak bisa maksimal karena hadirnya mesin adalah untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.

5. PANGSA PASAR

Sebagai tempat menjual produk, market yang tepat adalah sasarannya. Percuma saja produk yang dihasilkan sangat bagus namun tidak memiliki target market yang tepat.

6. UANG

Satu hal lagi sarana dan prasarana untuk mencapai target industri adalah uang. Tanpa memiliki banyak uang, industri akan terpuruh karena segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi harus diperhitungkan secara rasional.*

Referensi:

  1. Ardian A, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Pend. Teknik Mesin, UNY, Yogyakarta.
  2. Margana A.S, 2010, Buku Ajar Manajemen dan Teknik Perawatan, Prodi Teknik Pendingin dan Tata Udara – Poltek Negeri Bandung.
  3. Anonim, Teknik dan Manajemen Perawatan, Sumber Internet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.