by

Bahan Ajar Kuliah Fisika 2

-Ilmiah-1,583 views

Fisika merupakan salah satu ilmu dasar yang selalu dibutuhkan dari zaman ke zaman. Bahkan teknologi yang sekarang ini sudah secanggih itu masih saja membutuhkan Ilmu Fisika.

Tidak ada kemajuan teknologi yang luput dari Ilmu Fisika, mulai teknologi informasi seperti smartphone, teknologi otomotif, transportasi, bahkan jual beli online, selalu mendambakan kehadiran Ilmu Fisika.

Pada awalnya Fisika hanya mempelajari tentang femonema alam. Namun dengan berkembangnya keinginantahuan makhuk Tuhan yang selalu kurang puas inilah Ilmu Fisika menjadi meluas ke berbagai bidang.

Namun pada perkuliahan di perguruan tinggi, pada umumnya mata kuliah Fisika dibagi menjadi dua, yaitu Fisika 1 dan Fisika 2.

Mata Kuliah Prasyarat

Karena Ilmu Fisika adalah ilmu dasar, maka mata kuliah Fisika tidak membutuhkan prasyarat khusus seperti mata kuliah lain.

Biasanya mata kuliah yang membutuhkan prasyarat untuk dapat menempuhnya adalah mata kuliah kelahlian. Karena untuk dapat memahaminya perlu pengetahuan ilmu dasarnya terlebih dahulu.

Pokok Bahasan

Pokok bahasan materi Ilmu Fisika di perguruan tinggi biasanya disesuaikan dengan bidang kajian yang ditekuninya, agar topik pembahasannya tidak melebar kemana-mana.

Materi Kuliah

Sebagai bekal diskusi Anda saat mengikuti perkuliahan di kampus, inilah beberapa file bahan ajar materi kuliah Fisika 2 dalam bentuk PDF dapat Anda download:

1. GAYA LISTRIK

Mengenal apa itu listrik dan bagaimana terjadinya. Pembahasan selanjutnya diarahkan pada konsep Hukum Coulomb untuk menghitung muatan listrik.

Gaya listrik hukum coulomb
Gaya Listrik dan Hukum Coulomb
Materi Kuliah Fisika Dasar 2

2. POTENSIAL LISTRIK

Mengenal apa dan bagaimana cara mengukur potensial listrik atau tegangan listrik.

Potensial Listrik Tegangan Volt
Potensial Listrik
Materi Kuliah Fisika Dasar 2

3. KAPASITOR DAN DIELEKTRIK

Pembahasan kuliah ini dimulai dari pengenalan berbagai macam bahan kapasitor dan dielektrik. Kapasitor ada dua jenis, yaitu Kapasitor dengan Dielektrik dan Kapasitor Non-DIelektrik.

Materi kuliah fisika kapasitor dielektrik
Kapasitansi Dielektrik dan Non Dielektrik
(Materi Kuliah Fisika Dasar 2)

Perhitungan disertai contoh dalam berbagai persoalan terkait dengan kapasitansi diuraikan di materi kuliah ini. Pada akhir perkuliahan dijelaskan aplikasi dari komponen elektronika berikut.

Tugas:

Uraian tugas Kapasitansi dan Dielektrik ada di:

TUGAS KULIAH KAPASITANSI DAN DIELEKTRIK

4. KUAT ARUS LISTRIK DAN RESISTOR

Terjadinya arus listrik karena ada elektron yang berpindah tempat. Perpindahan elektron ini sangat bergantung pada hambatan yang menghalangi media perambatannya.

Arus Listrik dan Resistor
Arus Listrik dan Resistor
(Materi Kuliah Fisika Dasar 2)

Makanya kalau membahas arus listrik tidak dapat meninggalkan resistor atau hambatan.

5. ARUS LISTRIK DC: SERI PARALEL DAN HUKUM KIRCHOFF

Membedakan secara jelas antara arus listrik DC dan AC. Arus DC yang sering juga dikatakan sebagai Arus Searah memiliki karakteristik yang berbeda jika dirangkai seri maupun paralel.

Arus Listrik DC Seri Paralel dan Hukum Kirchoff
Arus Listrik DC Seri Paralel dan Hukum Kirchoff
(Materi Kuliah Fisika Dasar 2)

Perhitungan semakin detail jika dikaitkan dengan Hukum Kirchoff 1 tentang Kuat Arus dan Hukum Kirchoff 2 tentang Tegangan.

9. GERAK OSILASI

Gerakan Osilasi adalah gerakan sistem teknik yang mampu bergerak secara relatif dan berulang sendiri dalam interval waktu tertentu. Semua sistem dapat bergerak secara berulang-ulang karena memiliki elastisitas dan massa. Tanpa dua hal tersebut maka sistem tidak akan mampu untuk bergerak osilasi.

Bahan Ajar Kuliah Fisika_Gerak Osilasi
Materi Kuliah Fisika tentang Gerak Osilasi

Persamaan gerak osilasi yang perlu Anda pahami adalah simpangan gerak atau displacement, kecepatan gerak dan percepatan gerak.

Simpangan gerak osilasi terjadi jika suatu benda yang digantung pada sebuah pegas Anda tarik atau tekan dengan gaya tertentu sehingga benda tersebut berpindah dari kondisi setimbang. Ketika benda tersebut Anda lepas maka mulailah sistem gerak osilasi ini bekerja.

Sedangkan kecepatan gerak osilasi merupakan turunan pertama dari simpangan terhadap waktu. Dan percepatan adalah turunan kedua dari simpangan terhadap waktu. Namun demikian, percepatan juga dapat Anda peroleh dari penurunan pertama kecepatan terhadap waktu.

10. GELOMBANG

Gelombang adalah getaran yang merambat. Perambatan gelombang membutuhkan media tertentu seperti benda keras, air dan udara. Tanpa media perantara, mustahil gelombang ini dapat merambat.

Buku Ajar Fisika _ Gelombang
Materi Kuliah Fisika tentang Gelombang

Berdasarkan arah getar dan medianya, gelombang dibedakan mejadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

Melalui materi kuliah ini dijelaskan bagaimana menentukan persamaan gelombang tersebut yang nantinya sangat berguna dalam analisis teknik lebih lanjut.

11. GERAK GELOMBANG

Pada pertemuan ini akan membahas gerak gelombang, baik untuk gelombang transversal maupun longitudinal.

Buku Ajar Fisika_Gerak Gelombang
Bahan Ajar Fisika tentang Gerak Gelombang

Gelombang transversal adalah sebuah gelombang dengan arah gerak osilasi tegak lurus dengan arah rambatannya. Sebagai contoh yang tepat untuk jenis gelombang ini adalah gelombang bunyi di udara

Sedangkan gelombang longitudinal adalah ebuah gelombang dengan arah gerak osilasi sama dengan arah rambatnya. Contohnya adalah pegas yang ditarik (disimpangkan) sehingga terjadi getaran.

12. GEJALA GELOMBANG

Pada perkuliahan ini akan membahas tentang pantulan gelombang, pembiasan gelombang dan efek Dopller. Pada materi ini juga dijelaskan mengenai aplikasi dari gelombang berdasarkan gelombang elektromagnetik.

Buku Ajar Fisika _ Gejala Gelombang
Bahan Ajar Kuliah Fisika tentang Gejala Gelombang

Apabila Anda menghendaki file PPT silahkan mengirimkan pesan di halaman kontak.

Referensi

1. Serway and Jewett, 2008, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (Ninth Edition), USA, ISBN-13: 978-1-133-95405-7.

2. Halpern A, 1995, Schaum’s Outlne Theory and Problems of Beginning Physics I: Mechanics and Heat, McGraw-Hill, ISBN: 0-07-025653-5.

3. Satriawan M, 2007, Fisika Dasar, Alamat website: http://mirza.staff.ugm.ac.id/fisdas/FisdasbookI.pdf.

4. Sears and Zemansky, 1962, University Physics, Adissons Wesley Publishing Co., Massachusetts.

5. Halliday, David and Resnick,1979, Physics I and II, John Willey and Sons, New York.

6. Francis W. Sears & Mark W. Zemansky, 1982, University Physics 2, Addison-Wesley Publising

7. Sutrisno, 1983, Fisika Dasar : Listrik Magnet dan Termofisika Listrik, Penerbit ITB

8. Prof. H. Johannes, 1978, Listrik dan Magnet, PN Balai Pustaka

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.