by

Bahan Ajar Kuliah Fisika untuk Mahasiswa Non Eksakta

-Ilmiah-167 views

Fisika merupakan ilmu yang sangat mendasar dan menjadi sumber rujukan awal dalam pengembangan ilmu-ilmu yang lain. Tidak hanya ilmu eksakta saja, namun non eksakta-pun sangat membutuhkan ilmu fisika.

Pada posting kali ini akan saya rangkum bahan ajar kuliah Fisika yang non-eksakta. Bahan ajar inilah yang saya gunakan sebagai bekal diskusi mahasiswa di program studi non eksakta (Teknologi Pangan) Unimus.

MODAL UTAMA BISA PINTAR

Pernahkan Anda menyangka kalau aktivitas harian kita kadang tidak dapat lepas dari Ilmu Fisika. Bahkan kadang jika kita tidak dapat menerapkan ilmu eksakta tersebut dengan benar kita dianggap ‘kebangeten’. Masak begitu aja tidak tahu.

Lupakan bagi yang memiliki anggapan kalau Fisika itu adalah ilmu hitung-hitungan yang rumit dan tidak ada gunanya bagi orang non-eksakta.

Sebagai contoh sederhana, ketika Anda mau membuat sebuah roti atau kue. Langkah utama yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah menentukan komposisi bahan. Tanpa bekal ilmu Fisika, Anda tidak mungkin bisa membuat campuran adonan yang tepat.

BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA (NON-EKSAKTA)

Deskripsi

Mata kuliah Fisika dengan bobot 2 SKS ini disampaikan secara teoritis tanpa ada praktikum. Mata kuliah pada semester 1 ini disampaikan dengan cara tatap muka perkuliahan, assignment (tugas mandiri) dan quiz sebagai kontrol belajar.

Penyusunan bahan ajar kuliah Fisika ini disesuaiakan menurut kebutuhan program studi, terutama non ekskata.

Mata Pelajaran Prasyarat

Meskipun Ilmu Fisika merupakan ilmu dasar, namun untuk dapat menyelesaikannya sangat dibutuhkan mata pelajaran matematika. Dengan dikuasainya matematika ini akan membantu dalam penyelesaian soal-soal Fisika.

Pokok Bahasan

Sebagai bekal diskusi ketika tatap muka perkuliahan, silahkan Anda mahasiswa Teknologi Pangan Unimus dapat mendownload materi kuliah dibawah ini:

1. PENDAHULUAN

Kontrak Perkuliahan
Pengantar Kuliah

Perkuliahan tatap muka diawali dengan pengenalan personal (Dosen Pengampu Mata Kuliah) dan mata kuliah yang akan ditempuh selama satu semester kedepan.

Selain menjelaskan deskripsi, tujuan, manfaat dan sumber referensi yang dipergunakan pada mata kuliah Fisika, pada pertemuan awal ini juga menjelaskan bagaimana proses penilaian yang dilakukan oleh dosennya.

Selain perkenalan personal, juga dikenalkan dengan Ilmu Fisika secara umum dengan meninjau latar belakang sejarahnya.

2. BESARAN DAN SATUAN

Bagian ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukan pengukuran suatu benda dengan benar.

Besaran dan Satuan
Besaran & Satuan

Konsep pengukuran merupakan materi penting yang harus dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Tanpa menguasai konsep pengukuran, mustahil Anda dapat melakukan pengukuran dengan benar.

Pada perkuliahan ini akan dijelaskan bagaimana cara kalibrasi alat ukur, cara menimbang yang benar dan mampu membaca skala alat ukur dengan benar dan tepat.

3. VEKTOR DAN SKALAR

Sebelum mempelajari gerak suatu benda (materi selanjutnya), vektor dan skalar ini sangat penting untuk Anda kuasai. Tanpa mengerti dan paham materi ini Anda akan mengalami kesulitan dalam mengikuti mata kuliah Fisika.

Vektor dan Skalar
Vektor & Skalar

Bahan ajar kuliah pada pertemuan ini akan membahas tentang operasi antar vektor dan vektor dengan skalar. Contoh dan aplikasinya tentu akan dibahas lebih lanjut ketika tatap muka di kelas nanti.

4. GERAK SATU DIMENSI

Berbekal pengetahuan tentang vektor dan skalar pada materi sebelumnya, kini Anda dituntut untuk bisa menerapkan teori vektor dan skalar di dunia nyata.

Gerak Satu Dimensi
Gerak Lurus Beraturan

Pokok bahasan pada meteri ‘Gerak Satu Dimensi’ ini adalah gerak lurus beraturan, seperti misalnya gerak roket yang tengah meluncur, gerak mobil yang sedang melaju di jalan tol, gerak kereta api, dan lain sebagainya.

Pada pertemuan ini, tujuan yang ingin dicapai adalah mahasiswa mampu menghitung jarak, laju, kecepatan dan percepatan dari sebuah benda yang mengalami gerak satu dimensi.

5. GERAK JATUH BEBAS

Pada dasarnya gerak jatuh bebas itu termasuk gerak satu dimensi seperti pada Modul ke-4 pada bahan ajar ini. Hanya saja kalau gerak jatuh bebas, kecepatan geraknya dipengaruhi oleh percepatan grafitasi.

Gerak jatuh bebas dalam fisika
Gerak Jatuh Bebas

Contoh nyata gerak jatuh bebas adalah gerak jatuhnya buah kelapa dari pohonnya, gerak turunnya penerjun payung dari ketinggian tertentu, dan lain sebagainya.

Karena keterbatasan waktu, dan materi dasarnya sudah diberikan, maka pada pertemuan perkuliahan kali ini hanya berupa penugasan.

Waktu mengerjakan tugas diberikan toleransi hingga menjelang Ujian Tengah Semester (UTS).

Selamat berlatih mengerjakan soal-soal latihan, semoga sukses dalam UTS nanti.

Apabila ada kurangannya mohon dima’afkan.

Good Luck

Apabila menghendaki File PPT bahan ajar ini, silahkan Anda dapat mengirimkan pesan melalui halaman kontak saya.

Referensi

  1. Serway and Jewett, 2008, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (Ninth Edition), USA, ISBN-13: 978-1-133-95405-7.
  2. Halpern A, 1995, Schaum’s Outlne Theory and Problems of Beginning Physics I: Mechanics and Heat, McGraw-Hill, ISBN: 0-07-025653-5.
  3. Sears and Zemansky, 1962, University Physics, Adissons Wesley Publishing Co., Massachusetts.
  4. Halliday, David and Resnick,1979, Physics I and II, John Willey and Sons, New York.
  5. Francis W. Sears & Mark W. Zemansky, 1982, University Physics 2, Addison-Wesley Publising

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.