by

Bahan Ajar Kuliah Proses Manufaktur 1

-Ilmiah-400 views

Proses Manufaktur merupakan salah satu Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) yang wajib ditempuh oleh semua mahaiswa program studi Teknik Mesin.

Mata kuliah yang sering juga disebut dengan nama Proses Produksi ini memiliki cakupan bahasan yang cukup luas. Semua proses manufaktur yang dikerjakan di industri dibahas di mata kuliah ber SKS 3 ini. Mulai dari proses konvensional hingga non-konvensional (pengontrolan otomatis).

Proses konvensional seperti mesin bubut, fris, ketam, dan lain sebagainya yang dioperasikan tanpa menggunakan kontrol otomatik. Sedangkan pengontrolan otomatik seperti proses pembubutan dengan menggunakan Numerical Control (NC).

Sebagai gambaran bidang kajian pada mata kuliah ini adalah bagaimana cara membuat pintu mobil dari lembaran plat di industri otomotif. Metode apa yang dapat Anda pergunakan, dan bagaimana proses desain atau perencanaannya.

Mata kuliah Proses Manufaktur di Prodi Teknik Mesin dikelompokkan menjadi 2, yaitu Proses Manufaktur 1 dan Proses Manufaktur 2.

Perbedaan yang mecolok adalah, kalau Proses Manufaktur 1 membahas proses manufaktur yang menghasilkan geram atau chips. Sedangkan Proses Manufaktur 2 selain yang menghasilkan chips, seperti pengecoran logam, powder metalurgi, metal forming dan lain sebagainya.

Oya, mata kuliah ini bisa sebagai modal untuk Kerja Praktek atau magang di industri lho.

PERSYARATAN

Persyaratan utama agar bisa menguasai mata kuliah Proses Manufaktur 1 adalah Gambar Teknik dan Gambar Mesin.

TUJUAN

Tujuan yang ingin di capai dari mata kuliah Proses Manufaktur 1 adalah mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang definisi dan proses pemotongan, pengenalan berbagai macam mesin perkakas, pengantar kwalitas dimensi, toleransi, dasar pengukuran dan alat ukur, pengantar proses non konvensional.

MANFAAT

Matakuliah Proses Manufaktur merupakan modal dasar seorang engineer untuk bisa bekerja dibidang manufaktur. Bahkan belum dianggap sebagai seorang engineer kalau belum menguasai mata kuliah ini.

Bagaimana mungkin seorang engineer tidak mengerti proses pengerjaan bidang teknik, padahal semua industri membutuhkan bidang teknik. Minimal

MATERI KULIAH

Beberapa materi kuliah Proses Manufaktur 1 yang dapat Anda jadikan bekal dalam tatap muka perkuliahan adalah:

1. Metrologi

Modul 1 Mata Kuliah Proses Manufaktur I

Penguasaan metrologi atau ilmu tentang pengukuran merupakan syarat mutlak dalam pengerjaan proses manufaktur. Bagaimana mungkin bisa membuat produk dengan benar tanpa mengerti konsep pengukuran. Maka dari itulah pada pertemuan awal diberikan pemahaman tentang metrologi ini.

TUGAS 01

2. Alat Ukur Geometri

Modul 2 Proses Manufaktur I

Setelah mengerti ilmu tentang pengukuran, tidak berguna kalau tidak mengerti alat ukur apa saja yang digunakan di proses manufaktur.

Mulai dari alat ukur mekanik, elektrik, pneumatic dan optic akan dibahas satu persatu pada pertemuan ini.

3. Proses Pemotongan Logam

Modul 3 Mata Kuliah Proses Manufaktur I

Jangan sampai Anda beranggapan kalau proses pemotongan itu hanya berlaku pada alat gergaji atau pisau dapur saja. Semua proses manufaktur yang menghasilkan geram, seperti mesin bubut, fris, bor, skrap dan sejenisnya menggunakan prinsip pemotongan logam. Hanya saja, prinsip kerjanya tidak memotong secara tangensial, namun lebih mengarah ke penyayatan.

TUGAS 02 – Download tugas DISINI.

4. Elemen Dasar Mesin Perkakas

Modul 4 Mata Kuliah Proses Manufaktur I

Pada dasarnya setiap mesin perkakas memiliki komponen utama yang dapat disamakan, hanya saja memiliki konstruksi yang berbeda menurut fungsinya masing-masing.

Pada modul ini akan dibahas beberapa komponen dasar dari mesin-mesin produksi konvensional, seperti mesin bubut, fris, ketam, skrap dan bor.

TUGAS 03 – Download tugas DISINI.

5. Mesin Bubut

Mesin bubut atau lathe sangat familier untuk mengerjakan benda dalam bentuk simetris. Namun demikian, mesin ini juga mampu untuk mengerjakan benda-benda kerucut atau bisa juga untuk membuat ulir.

Modul 5 Mata Kuliah Proses Manufaktur 1

Salah satu faktor penting yang perlu diketahui ketika akan membubut adalah penentuan Kecepatan Putaran Spindel. Kecepatan spindel ini sangat dipengaruhi oleh jenis pahat dan material benda kerja yang akan dikerjakan.

Kesalahan dalam penentuan kecepatan spindel ini akan mempengaruhi kualitas dan keekonomisan produk.

6. Mesin Fris

Mesin fris atau milling merupakan mesin manufaktur yang memiliki kemampuan mengerjakan paling banyak dari pada mesin manufaktur yang yang lain.

Modul 5 Mata Kuliah Proses Manufaktur 1

Dengan variasi jumlah pahat yang sangat banyak ini, memungkinkan Mesin Fris mampu mengerjakan bentuk-bentuk produk yang kompleks yang tidak dapat dikerjakan oleh mesin manufaktur yang lain.

Pada materi kuliah ini, selain diajarkan konsep dasar pemotongan dengan menggunakan Mesin Fris, juga akan dikenalkan perhitungannya. Termasuk menghitung waktu pengerjaan produk.

7. Metal Forming

Metal forming adalah proses mengubah bentuk logam dengan suatu gaya pada arah tertentu tanpa menyisakan serpihan atau chip.

Modul 6 Mata Kuliah Proses Manufaktur 1

Menurut sistem kerjanya, metal forming atau pembentukan logam ada bermacam-macam, seperti Rolling, Forging, Ekstrusi, Wire Drawing, Deep Drawing, dan lain sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

Beberapa buku referensi yang dapat Anda pergunakan adalah:

  • Groover M.P, 2010, Fundamentals Of Modern Manufacturing (Material, Processes And System), John Wiley & Sons
  • Amstead B.H, Ostwald P. F And Begeman M. L, 1987, Manufacturing Processes, John Wiley & Sons
  • Teknologi Mekanik 1, Erlangga.
  • Teknologi Mekanik 2, Erlangga.

Itulah beberapa materi pokok yang dapat Anda jadikan bahan diskusi di kelas nanti. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar mata kuliah ini jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan ke Kontak Saya. Semoga bermanfaat.*