by

Beginilah Cara Memanfaatkan Waktu Tunggu yang Perlu Anda Lakukan Agar Tetap Produktif

-Karir-79 views

Bagi kebanyakan orang, menunggu adalah sesuatu yang sangat membosankan dan kalau bisa dihindari sejauh-jauhnya. Namun bagi yang tahu cara untuk menyiatasinya pasti akan berbeda.
Banyak sekali aktivitas harian Anda yang diharuskan untuk menunggu, bukan. Pada umumnya menunggu ini disebabkan adanya antrian yang panjang, seperti antri dalam membeli tiket kereta, membayar pajak, menyervis kendaraan bermotor, berobat ke dokter, dan banyak lagi.
Namun kadang kala menunggu ini kerap sekali Anda temui ketika bersama dengan keluarga Anda, misalnya ketika menjemput anak sehabis sekolah dan menunggu anak untuk bermain di maal ketika berada diĀ  game area.
Jika Anda tidak melakukan aktivitas sama sekali dalam proses menunggu pasti akan terasa lama dan menyebalkan. Tidak hanya itu, produktivitas pekerjaan Anda akan terganggu.
Kebanyakan orang masih beranggapan kalau pekerjaan itu harus dilakukan di meja kerja kantor. Sehingga jika diharuskan untuk melakukan sesuatu hal yang berada di luar kantor yang tak diduga sebelumnya pasti akan merasa shock dan beranggapan kalau pekerjaannya bakalan berantakan.
Untuk menyiasatinya, inilah 6 hal yang dapat Anda lakukan agar produktifitas kerja Anda tetap terjamin, yaitu:

1. Mencatat Ide yang Terlintas
Ide atau inspirasi itu datangnya tak diduga. Ada yang menemukan ide cemerlangnya ketika duduk termenung di atas clossed, ada yang harus menyendiri sambil memandangi keindahan alam. Namun ada juga yang dapat menemukan ide cemerlangnya ketika berkumpul-kumpul dengan orang banyak.
Sangat tepat jikalau ide itu termasuk rizqi dari Tuhan yang datangnya tidak dapat diprediksi. Oleh karena itulah ketika diberikan ide cepat-cepatlah Anda tulis agar tidak cepat lupa.
Menyiapkan blok note atau HP yang terdapat Aplikasi Note ketika mau berangkat adalah penting guna merangkum ide-ide Anda agar nggak hilang kebawa angin.

2. Browshing Internet
Membawa gadget dalam setiap bepergian banyak manfaatnya. Salah satunya adalah bisa ngasih update info teranyar yang terjadi di dunia yang patut Anda simak.
Kalau tidak browshing, Anda juga dapat membaca-baca ebook yang sudah Anda download sebelumnya.

3. Lakukan Pekerjaan Online
Pekerjaan yang sifatnya online pasti dapat Anda lakukan dimana saja asal terdapat jaringan internet sehingga tidak harus berada di kantor.
Lakukanlah pekerjaan online yang mudah Anda lakukan, seperti membalas atau mengirim email, melakukan transaksi jual beli online, mencari literatur baru. Selain itu Anda juga dapat manfaatkan untuk berineraksi dengan teman melalui akun jejaring sosial.

4. Membuat PlanningĀ 
Segala sesuatu akan membuahkan hasil yang optimal jika direncanakan dengan matang di jauh-jauh hari. Sambil menikmati pemandangan yang ada disekeliling Anda ambillah note book atau gadget untuk menuliskan apa-apa yang terlintas di benak Anda yang berkaitan dengan kesuksesan hidup. Baik itu yang berhubungan dengan urusan pekerjaan ataupun keluarga.

5. Makan Siang
Biasanya para pekerja kantoran kalau makan siang dilakukan di luar kantor pada jam-jam istirahat bersama teman sekantor. Artinya aktivitas makan itu membutuhkan waktu tersendiri yang tidak dapat disepelekan.
Jika waktu makan Anda lakukan pada momen menunggu ini pasti produktifitas Anda tidak akan terganggu.

6. Anggaplah sebagai refreshing
Bagi yang suka musik bisa membawa headset untuk menikmati lagu kesukaan. Atau yang baru punya target untuk belajar bahasa inggris atau menghafal alquran bisa memanfaatkan ini juga.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tetap produktif walau harus melakukan hal-hal yang tidak Anda duga sebelumnya. Intinya, bagaimana cara mengatur waktu yang tepat.

Pengaturan waktu yang tepat dijamin Anda tidak akan stress dan produktifitas tetap berjalan lancar.

Seperti dalam membuat posting blog ini. Ide membuat posting ini ketika saya menyervis sepeda motor Honda Beat di bengkel resmi Honda AHAS di Godong Grobogan dengan menggunakan sebuah Tablet. Penyempurnaanya saya lanjutkan di Rowo Pening disela-sela menjalankan tugas dalam pengabdian masyarakat dalam skim Hibah Desimenasi Teknologi. Sedangkan untuk uploadnya saya lakukan ketika menemani anak dalam bermain di rumah.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed