by

Cara Agar Editor Jurnal OJS Bisa dikasih Tugas oleh Managing Editor

-Ilmiah-104 views

Permasalahan yang sering terjadi ketika seorang Managing Editor Jurnal OJS menambahkan anggota Section Editor adalah tidak dapat memberikan penugasan pada Section Editor yang baru tersebut. Padahal ketika dilihat di daftar anggota Section Editor, nama dia sudah muncul. Akan tetapi mengapa ketika seorang Managing Editor akan memberikan penugasan kepadanya, nama dia tidak tercantum.

Meskipun Anda sudah bolak-balik mencarinya, bahkan dengan mencari di kolom search yang tersedia di OJS, pasti hasilnya nihil juga kalau Nama Section Editor yang baru itu belum Anda enrol atau daftarkan.

Jadi, permasalahannya adalah terletak pada ‘Enrol’ dari Section Editor tersebut. Seorang Section Editor tidak dapat Anda beri penugasan sebelum Anda Enrol-kan terlebih dahulu, itu kuncinya.

CARA MENGETAHUI ANGGOTA SECTION EDITOR

Sebelum meng-enrol-kan Nama Section Editor agar bias menerima penugasan dari Managing Editor, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu apakah Section Editor yang Anda maksud tersebut sudah masuk dalam daftar Anggota Section Editor Jurnal OJS atau belum.

Apabila belum masuk dalam daftar anggota Section Editor, tentunya Anda harus memasukkan terlebih dahulu. Caranya dengan ADD pada kolom sebelah kanan halaman.

Adapun cara untuk mengetahui apakah Section Editor yang Anda maksudkan sudah menjadi bagian dari Section Editor Jurnal OJS adalah sebagai berikut :

1. Setelah Login dan masul ke menu JURNAL MANAGER, Anda dapat memilih MASTHEAD.

Home > User > Journal Management > Masthead

Menu Masthead ini dapat dikatakan sebagai bagian khusus untuk para pengelola jurnal OJS, seperti Editor Jurnal, Section Editor Jurnal dan Team Reviewer Jurnal.

Editor reviewer chief jurnal ojs
Menu Setting Kelola Pengelola Jurnal OJS

Melalui Menu Masthead inilah ketiga komponen pengelola jurnal OJS dapat Anda atur, mulai dari penambahan anggota dan pengeditan nama peneglola.  

2. Lalu pilih klik MEMBERSHIP pada Editorial Boards

Home > User > Journal Management > Masthead > Editorial Boards > Membership

Dengan mengklik Member, maka akan muncul nama-nama dari anggota Section Editor jurnal OJS. Apabila Nama Section Editor yang Anda maksudkan belum mucul, Anda dapat menambahkan terlebih dahulu. Apabila sudah ada, Anda tinggal meng-enrol-kan atau mendaftarkan saja agar Section Editor tersebut bisa menerima tugas dari Managing Editor Jurnal OJS.

Apabila tidak Anda enrol-kan terlebih dahulu, pasti Anda sebagai Managing Editor tidak dapat memberikan penugasan pada dia walapun nama dia tercantum sebagai anggota Section Editor Jurnal OJS yang Anda kelola.

CARA MENG-ENROL-KAN SECTION EDITOR

Langkah-langkah meng-enrol-kan Section Editor agar bisa menerima tugas dari seorang Managing Editor Jurnal OJS adalah sebagai berikut :

1. Setelah masuk USER, pilih JURNAL MANAGER

Home > User > Journal Management

Pada menu Jurnal Manager terdapat 3 pilihan menu, yaitu MANAGEMENT PAGES, USERS dan ROLES.

Managing Pages berguna untuk mengelola atau setting tampilan Jurnal OJS, seperti template, menu-menu yang dibutuhkan dalam tampilan jurnal, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan Menu Role yang berfungsi untuk mengoneksikan hubungan antar pengelola jurnal OJS.

Melaui Menu User inilah Anda dapat meng-enrol-kan Section Editor agar bias mendapatkan penugasan.

Anda dapat memilih USERS dan mengklik menu ‘Enroll a user from this site in this journal’ atau Home > User > Journal Management > Enrollment.

3. Pilih nama Section Editor yang Anda inginkan, lalu tekan Enrol User. Setelah itu beri centrang nama Section Editor yang ada di samping kiri, dan terakhir jangan sampai lupa untuk mengklik tombol paling bawah, ‘Enrol selected user’.

Dengan begitu, Anda sudah menambahkan nama Section Editor yang baru dan siap untuk Anda berikan penugasan untuk melakukan editing artikel jurnal. Apabila masih belum jelas dan menanyakan hal lain terkait dengan pengelolaan jurnal OJS jangan sungkan-sungkan mengkontak saya, saya juga salah satu dari pengelola jurnal OJS di instutusi saya. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.