by

Cara Agar Mobil Bermesin Kecil Kuat Lewati Tanjakan

-Otomotif-137 views

Ada sedikit kekhawatiran bagi sebagian pengemudi mobil bermesin kecil yang akan melintasi jalan yang menanjak. Bagaimana jika ternyata ditengah-tengah tanjakan tersebut tiba-tiba mobil tidak mampu lagi diajak jalan.

Apabila mobil manual sih masih bisa diakali dengan setengah kopling. Tapi bagaimana dengan mobil matic?

Nah, supaya mobil Anda bisa luat melintasi tanjakan panjang, ikutilah beberapa tips berikut ini.

MOBIL BERMESIN KECIL

Sekarang ini mulai banyak diproduksi mobil-mobil bermesin kecil, sebuah mobil dengan volume ruang bakar kira-kira 1000 cm3 (cc).

Pada awalnya adalah Xenia 1.0, lalu dikembangkan menjadi LCGC (Low Cost Green Car) yang lebih luas seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Ceria, Honda Brio, dan sebagainya.

Ada dua jenis mobil bermesin 1000 cc. Mobil 1000 cc dengan 3 silinder dan mobil 1000 cc dengan 4 silinder. Bedanya, mobil 1000 cc dengan 4 silinder memiliki ukuran piston (silinder) lebih kecil dari pada yang 3 silinder.

Sehingga torsi atau tenaga yang dihasilkan setiap silinder juga berbeda.  Mobil dengan 3 silinder memiliki torsi setiap silinder yang lebih kuat dari pada 4 silinder. Artinya, mobil dengan 3 silinder memiliki kemampuan menanjak lebih baik dari pada 4 silinder untuk cc yang sama.

Namun tak perlu khawatir jika harus melintasi tanjakan panjang. Dengan mengikuti beberapa tips ini, mobil ber cc kecil Anda akan lebih kuat melintasi tanjakan panjang.

CARA MENINGKATKAN TENAGA MOBIL

Mobil yang sedang menanjak membutuhkan tenaga atau power (torsi) yang lebih kuat. Kalau tidak ada penambahan tenaga, maka mobil akan mengalami penurunan kecepatan. Sehingga perlu support tenaga yang kuat agar mobil dapat melaju dengan ringan.

Selain teknik atau cara berkendara yang baik, cara untuk mendapatkan support tenaga mobil yaitu dengan mengurangi pemakaian listrik baik dari baterai maupun generator. Intinya dengan meminimalisir penggunaan sumber tegangan untuk seluruh kebutuhan mobil kecuali untuk pengapian bahan bakar saja.

Banyak sekali asesoris mobil yang menyedot arus listrik ini, seperti lampu-lampu, AC, audio-video, dan sebagainya. Anda dapat mematikan sementara pada beberapa asesoris mobil tersebut ketika tengah melintasi tanjakan panjang.

CARA AGAR MOBIL KUAT MELINTASI TANJAKAN

Beberapa asesoris mobil yang perlu Anda matikan untuk sementara ketika melintasi jalan menanjak adalah:

Power AC

Power AC membutuhkan sumber tegangan yang paling besar. Karena untuk menghasilkan udara yang dingin perlu kerja kompresor yang kuat agar menghasilkan tekanan refrigerant yang tinggi.

Tak perlu harus mematikan semua switch. Paling tidak Anda mematikan switch pengatur temperatur karena switch inilah yang mengatur kerja kompresor.

Sedangkan switch blower atau angin dapat Anda biarkan menyala jika jalan tidak terlalu menanjak tajam. Dengan begitu, Anda masih dapat merasakan sirkulasi AC walau tidak begitu terasa dingin.

Wiper

Komponen kedua yang membutuhkan sumber tagangan yang besar adalah wiper atau penghapus kaca. Motor penggerak wiper bekerja secara mekanis untuk menggerakkan tuas wiper dan pompa reservoir.

Alangkah baiknya kalau kondisi hujan lebat lebih baik berhenti dahulu hingga hujan reda biar tidak banyak menghidupkan wiper.

Lampu

Lampu-lampu mobil membutuhkan sumber tegangan yang besar juga terutama lampu besar atau lampu kepala. Berikutnya ada lampu sein dan juga lampu-lampu interior.

Permasalahannya kalau malam hari kita tidak dapat mematikan lampu kepala. Paling tidak Anda dapat menguranginya dengan tidak menyalakan lampu jarak jauh atau Dim.

Audio-Video

Audio video mobil membutuhkan sumber tegangan yang besar jika diputar dengan volume yang tinggi. Bagi yang menggunakan 2 baterai sih nggak masalah. Satu baterai untuk kebutuhan pengapian mobil dan satunya khusus untuk audio video ini.

Windows Lock

Ketika Anda tidak menakan tombol windows lock, semua motor yang menggerakkan naik turun jendela dalam kondisi siap dioperasikan. Jika sewaktu-waktu penumpang Anda ada yang membuka atau menutup jendela tentu akan membutuhkan sumber tegangan dari baterai.

Ada baiknya ketika mau melintasi tanjakan, tombol windows lock yang ada di samping kanan pintu pengemudi dapat Anda penjet.

Power Spion

Meskipun sumber tegangan yang menyuplai motor listrik untuk mengarahkan spion ini cukup kecil, tidak ada salahnya kalau kita perhatikan juga mobil semakin kuat melintasi tanjakan Panjang.

Pada umumnya orang lupa untuk mematikan tombol pengaarah spion ketika selesai digunakan. Tombol pengarah spion ini dapat ditekan ke kanan untuk mengatur spion yang kanan. Demikian juga sebaliknya.

Seharusnya, kalau sudah dipergunakan tombol ini dikembalikan ke posisi tengah agar menghentikan sumber tegangan yang mengarah ke salah satu spion.

Gunakan Setengah Kopling

Apabila benar-benar mobil Anda tidak kuat untuk menanjak, Anda dapat mengimbanginya dengan setengah kopling. Caranya dengan mengatur pedal kopling tidak dilepas secara total. Namun hal ini tentunya hanya dapat Anda lakukan jika mobil Anda tidak matic.

Itulah beberapa tips bagi mobil bermesin kecil agar kuat melintasi tanjakan panjang. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.