by

Beginilah Cara Membuat Pesan Balas Cepat di WhatsApp

-Gadget-18 views

Melalui fitur balas cepat (quick replay), Anda tidak perlu lagi menuliskan chat atau pesan di WhatsApp (WA). Anda tinggal mengetikkan garis miring (/) lalu memilih daftar chat/pesan yang sudah terpampang di layar Smartphone atau HP. Sebelum mengirimnya, Anda juga bisa mengedit terlebih dahulu atau memberikan emoticon jika Anda menghendaki.

Namun untuk bisa memanfaatkan fitur balas cepat di WhatsApp ini Anda perlu mensettingnya terlebih dahulu. Tenang, caranya sangat mudah dan tidak menyita waktu banyak. Siapapun bisa melakukannya, asal mengikuti petunjuk dengan benar.

CARA SETTING WHATSAPP UNTUK BALAS CEPAT

Supaya bisa memanfaatkan fitur balas cepat di WA, Anda perlu melakukan pengaturan sebagai berikut:

  1. Klik Tombol Titik Tiga yang ada di atas kanan layar HP
  2. Pilih : Setting > Business Tools > Quick Replies atau dalam Bahasa Indonesia : Pengaturan > Fitur Bisnis > Balas Cepat
  3. Ketuk Ikon Tombol Plus (+) yang ada di bagian bawah kanan layar HP untuk memulai membuat pesan baru
  4. Mengisi kotak kolom yang berisi: Message, Shortcut dan Keyword
  5. Jangan lupa untuk menekan tombol Save untuk menyimpan file yang sudah Anda isikan tadi

CARA MENGISI KOTAK KOLOM ISIAN PESAN BALAS CEPAT DI WHATSAPP

Beberapa hal yang perlu Anda isikan di kotak kolom isian pesan balas cepat di WhatsApp adalah:

Cara balas cepat di WhatsApp
Cara Membuat Balas Cepat di WA
  1. Message – Kolom ini berguna untuk mengisikan ‘Isi pesan’ yang akan Anda jadikan balasan cepat.
  2. Shortcut – Shortcut diawali dengan tanda garis miring (/) berguna untuk ‘memanggil pesan’ yang Anda tuliskan di kotak isian pesan tadi.
  3. Keyword – Keyword berguna untuk ‘memudahkan pencarian’ berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Keyword atau kata kunci ini akan berguna untuk penyortiran jika Anda memiliki beberapa balasan cepat di dalam daftar chat. Anda diberikan kesempatan untuk memberikan 3 kata kunci dalam setiap pesan balas cepat di WhatsApp.

CARA MENGGUNAKAN BALAS CEPAT DI WHATSAPP

Setelah Anda setting balas cepat di Whatsapp, kini Anda sudah bisa menggunakan fitur balas cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Chat di WhatsApp
  2. Pada kolom chat, ketikkan “/” untuk memunculkan daftar chat balas cepat yang sudah Anda buat
  3. Pilihlah salah satu daftar chat balas cepat yang Anda kehendaki
  4. Sebelum Anda mengirimkan pesan, Anda juga bisa mengedit atau menambahi emoticon (emoji).

PENYORTIRAN BALASAN CEPAT DI WHATSAPP

Apabila Anda memiliki beberapa balasan cepat yang sudah diatur sebelumnya, Anda dapat melakukan penyortiran menurut keyword atau kata kunci yang Anda berikan pada saat awal membuat chat tersebut. Begitu ada pesan masuk yang sama dengan kata kunci maka balasan cepat akan diarahkan ke daftar chat balasan cepat dengan kata kunci yang sama.

Sebagai contoh ketika Anda membuat chat balas cepat untuk ‘penawaran minggu ini’ dengan menambahkan keyword ‘penawaran’ maka begitu ada chat yang masuk dan menggunakan kata penawaran maka chat balasan cepat tersebut akan diprioritaskan. Apabila terdapat beberapa kesamaan keyword maka akan disortir menurut abjad.

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN

Terdapat beberapa aturan yang harus Anda patuhi ketika membuat chat balas cepat di WhatsApp. Apabila Anda tidak mematuhinya sudah dipastikan tidak akan berhasil membuat chat balasan cepat di WhatsApp. Beberapa aturan itu adalah sebagai berikut:

  1. Setiap chat balas cepat harus diawali dengan garis miring (/)
  2. Jumlah chat balas cepat dapat Anda buat tidak lebih dari 50 chat
  3. Kata kunci atau keyword yang diperbolehkan hanya 3 buah saja
  4. Satu kata kunci hanya bisa memuat maksimal 15 karakter
  5. Kata kunci tidak diperbolehkan menggunakan spasi dan karakter-karakter berikut: *, !, #, $, @, [, ], %, &, (, ), +, -, ., , :, ;, <, =, >, ?, ^, _, `, {, |, }, ~, ×, ÷, “, / dan \
  6. Panjang chat balas cepat tidak lebih dari 25 karakter
  7. Tanda spasi sebelum dan sesudah chat balas cepat tidak diperhitungkan (secara otomatis akan terhapus meskipun sudah Anda berikan).

KELEMAHAN

Fitur balas cepat ini masih terbatas pada WhatsApp Business saja. Apabila Anda masih menggunakan Aplikasi WhatsApp regular segeralah beralih ke WhatsApp Business, tidak hanya fitur balas cepat saja namun masih banyak fitur-fitur menarik lainnya.

Bagi Anda yang suka dengan bentuk tulisan yang aneh-aneh, misalnya cetak miring, tebal, garis bawah, dan lain sebagainya di WhatsApp, Anda bisa menggunakan trik bagaimana cara membuat tulisan miring, tebal, berwarna, bergaris dan lain-lain di WhatsApp.

Itulah tutorial cara membuat balas cepat di WhatsApp yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.