by

Cara Cepat Menyembelih Hewan Kurban

-Life-67 Views

Menyembelih hewan kurban dapat dilakukan dengan cepat jika mengetahui ilmunya. Selain itu, juga tidak perlu banyak orang. Hanya dua orang saja sudah bisa menyembelih seekor sapi yang gemuk dan besar.

Cara menyembelih hewan kurban dengan cara paksaan itu tidak dibenarkan. Selain tidak berkehewanan, juga daging kurban menjadi tidak istimewa. Daging kurban menjadi alot atau ulet dan yang lebih parah adalah berbau prengus. Hal ini berlaku untuk semua hewan qurban, baik itu sapi, kerbau maupun kambing.

Dengan cara penyembelihan hewan kurban yang tepat maka akan diperoleh daging kurban yang lezat dan nikmat untuk di makan.

Dari pada berbuat kasar pada hewan qurban yang membutuhkan tenaga ekstra, lebih baik tenaganya disimpan untuk aktifitas yang baik-baik aja. Pinginnya cepet, tapi kalau daging qurban yang dihasilkan justru menjadi kurang enak di makan khan percuma aja.

CARA MENYEMBELIH HEWAN KURBAN

Berikut ini adalah cara menyembelih hewan qurban dengan cepat dan efektif, namun juga tidak merusak lezatnya daging qurban:

1. Membaringkan Hewan Kurban dengan posisi nyaman

Ketika hewan qurban dibaringkan dengan paksaan maka seluruh dagingnya menjadi mengeras karena tegang. Akibat adanya ketegangan pada seluruh otot atau daging inilah yang menyebabkan rasa daging menjadi berubah. Daging menjadi alot alias ulet dan berbau prengus.

2. Menutup Mata Hewan Qurban dengan Kedua Telinganya

Ketika hewan quran sudah roboh dan siap untuk disembelih, tutuplah kedua matanya agar tidak bisa melihat apa yang akan terjadi pada diri hewan qurban. Apabila dia mengetahui kalua dia akan disembelih tentu dia akan menjadi stress, dan ujung-ujungnya akan membuat rasa daging menjadi kurang enak karena alot alias ulet dan berbau prengus atau amis.

3. Mulai Memotong Leher Hewan ketika Hewan sedang Menghembuskan Nafas

Setelah roboh dengan kondisi yang aman dan tenang, mulaulah untuk mengayunkan parang ke leher hewan qurban. Tapi tidak asal mengeyunkan parang tanpa perencanaan yang benar. Cara memulai mengayunkan parang Ketika hewan tengah menyedot nafas dan buka setelah ambil nafas. Tujuannya adalah memanfaatkan waktu yang terlemah bagi hewan.

Oksigen meriupakan salah satu sumber energi utama pada makhluk hidup. Ketika menyedot nafas secara maksimal maka seluruh energi dalam tubuh dalam kondisi yang maksimal. Maka di saat seperti itulah harus dihindari dalam menhyembelih hewan qurban.

4. Menyembelih Hewan Kurban dengan Pisau yang Tajam

Menajamkan pisau sebelum menyembelih hewan qurban tentu hal yang wajib dilakukan supaya proses pemotongan hewan qurban menjadi lancar. Ketika menyembelih, pastikan pada bagian kerongkongan, tenggorokan, atau dua urat leher telah putus dengan pasti. Jika semua urat itu sudah putus pasti tenaga hewan akan menjadi melemah.

5. Menjauhkan Lokasi Penyembelihan dengan Calon Hewan Kurban Lainnya

Apabila menyembelih hewan qurban lebih dari satu, jauhkan tempat penyembelihan dari calon hewan qurban. Kalua tidak jauh ya diusahakan di tempat yang tersembunyi. Tujuannya adalah supaya hewan qurban yang akan disembelih tidak mengalami stress sebelum disembelih.

PENUTUP

Demikian tadi 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menyembelih hewan qurban agar proses penyembelihan bisa berjalan lancar tanpa ada kendala. Pada dasarnya, buatkan suasanya yang tenang dan nyaman di lingkungan tempat penyembelihan hewan qurban tersebut. Selain dapat menghindari ketegangan atau stress pada hewan qurban juga para penyembelihnyapun jadi nyaman. Semoga bermanfaat sebagai bekal untuk menyembelih hewan qurbaan di hari raya Idul Adha nanti ya.*