by

7 Cara Hidup Sehat Agar Umur Panjang

-Life-83 views

Sehat, segar dan bugar. Itulah kesan pertama saya pada sepasang suami istri asal Yogyakarta yang tengah berwisata ke Bali. Tepatnya di obyek wisata Pantai Melasti, Ungasan Bali tempo hari.

Meski sudah berusia lanjut, Kakek (85 tahun) dan Nenek (80 tahun) ini selalu aktif traveling minimal sebulan sekali. Pernah sebulan empat kali juga.

Ketika saya bersama tim Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Lapangan (DPL-KKL) Mahasiswa ke Surabaya – Bali bertemu di sebuah pantai sebelah barat Pantai Pandawa itulah sepasang kakek nenek menceritakan pengalaman hidupnya. Mengapa mereka bisa berumur panjang, sehat dan ceria hingga usia lanjut.

Rekreasi hingga usia lanjut
Pantai Melasti
Tempat liburan keluarga
Liburan ke Pantai Melasti Ungasan Bali

Menurut penuturan kakek nenek beranak satu itu bahwa untuk bisa hidup sehat dan panjang usia itu ada rahasianya. Dan rahasia itu harus dilakukan secara terus-menerus tanpa kenal bosan.

TIPS HIDUP SEHAT DAN UMUR PANJANG

Supaya tetap sehat hingga lanjut usia, berikut inilah cara yang perlu Anda lakukan:

Positif Thinking

Dikutip dari Reader’s Digest, sebuah penelitian dari Harvard menyatakan adanya pengaruh tingkat keoptimisan terhadap kesehatan tubuh. Orang yang selalu optimis memiliki resiko kematian akibat serangan pernapasan 38 % lebih rendah dan kematian akibat stroke 39 % lebih rendah.

Berpikir positif dalam hal ini tidak hanya dalam urusan pekerjaan saja, namun juga dalam kehidupan bermasyarakat. Tak perlu merasa iri dan dengki jika tetangga membeli atau mendapatkan sesuatu yang bisa dibanggakan.

Nikmati saja apa yang Anda miliki selama ini. Sebanyak apapun kekayaan kita, kalau tidak kita bisa mensyukurinya pasti akan merasa kekurangan terus.

Olah raga

Di era milenial seperti ini kebanyakan orang malas untuk berjalan kaki. Mereka sangat bergantung pada motor dan mobilnya ketika mau bepergian. Padahal dengan berjalan kaki dapat menggantikan olah raga. Mereka lebih asyik duduk sambal pencet-pencet tombol HP ketika memesan makanan, baju, sepatu, dan kebutuhan lainnya.

Padahal menurut penelitian dari mahasiswa lowa State University – Texas bahwa melakukan olah raga (lari) selama 1 jam setiap minggu dapat memperpanjang usia hingga 3 tahun. Uniknya lagi, manfaat ini juga berlaku bagi perokok, peminum minuman keras dan obesitas.

Hindari Stress

Cara termudah untuk mengurangi stress adalah dengan pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan. Anda bisa pergi ke tempat-tempat wisata yang menarik. Ingat, tempat wisata yang menarik itu tidak harus yang mahal. Karena menarik atau tidak itu yang menilai adalah hati kita masing-masing. Hal yang menarik bagi orang lain belum tentu menarik buat kita.

Atur Pola Makan

Apabila Anda ketika masih muda suka makanan yang berminyak, makanan instan seperti mie instan dan sebagainya, cobalah hindari.

Perbanyaklah makan protein dan sayur mayur dan kurangi karbohidrat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu makan makanan berserat dan minum air putih secukupnya agar metobolisme tubuh menjadi lancar.

Tidur Berkualitas

Tidur yang berkualitas adalah jika aktifitas tidurnya sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Bukan lamanya tidur yang dibutuhkan tubuh namun kualitas tidur. Belum tentu waktu tidur yang lama itu lebih berkualitas dari pada waktu tidur yang pendek.

Agar dapat berkualitas, usahakan setiap mau tidur Anda tidak memikirkan sesuatu yang berat. Lepaskan saja tanpa beban.

Berhubungan Suami Istri

Salah satu manfaat yang dihasilkan dari hubungan suami istri adalah hormon oksitosin. Hormon ini yang memicu bahagia seseorang. Jadi hampir sama dengan pergi ke tempat wisata untuk piknik ya. Sama-sama untuk mengurangi stress.

Sedekah

Bagi yang beagama Islam pasti sudah paham dengan ini. Salah satu keutamaan bersedekah adalah dipanjangkannya umur. Bersedekah yang tepat adalah dengan memebri sesuatu pada orang yang benar-benar membutuhkannya.

TIPS MANDIRI DI USIA LANJUT

Supaya tidak merepotkan anak dan cucu kita, ada beberapa tips bagi orang tua agar tetap bisa mencukupi kebutuhannya sendiri ketika sudah usia lanjut. Usaha yang dapat Anda lakukan adalah:

Manabung

Menabung itu tidak perlu banyak-banyak, yang penting dilakukan secara rutin. Ingat kata bijak berikut ini:

“Sedikit sedikit lama lama menjadi bukit”.

Maksudnya, kalau sesuatu dilakukan secara terus menerus walau hanya sedikit pasti suatu saat akan menjadi banyak juga.

Pola Hidup Sederhana

Bagaimanapun juga hidup sederhana banyak manfaatnya. Selain tidak menjadi pemicu sifat iri dan dengki tetangga, pola hidup sederhana juga mendatangkan kebahagiaan di masa mendatang.

Demikianlah tips cara hidup sehat hingga lanjut usia dari traveler asal Yogyakarta yang dapat saya tangkap ketika berada di Pantai Melasti Ungasan Bali bersama tim Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Lapangan ( DPL – KKL ) mahasiswa ke Surabaya dan Bali. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.