by

Cara Membuat Judul PKM yang Menarik

-Ilmiah-707 views

Pertama kali yang dibaca oleh reviewer dari sebuah Proposal PKM adalah judul. Sebagai kunci pembuka minat pembaca, judul harus menarik dan membuat pembaca menjadi penasaran untuk membaca lebih jauh.

Usahakan judul proposal PKM mampu memikat pembaca pada pandangan pertama. Karena judul sangat menentukan lolos atau ditolaknya proposal PKM yang Anda ajukan.

BAGAIMANA JUDUL YANG BAIK ITU?

Judul proposal PKM yang baik adalah sebuah judul yang dapat menyatakan pernyataan mengenai kegiatan yang akan dilakukan secara ringkas dan spesifik, namun cukup jelas memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan.

CIRI-CIRI JUDUL YANG BAIK DAN MENARIK

1. Singkat & Padat

Selain malas untuk membacanya, judul proposal PKM yang panjang cenderung kurang mengena dengan apa yang menjadi sasaran utamanya.

2. Tidak Memiliki Penafsiran yang Beraneka Ragam

Proposal PKM yang Anda ajukan merupakan solusi terhadap permasalahan yang benar-benar membutuhkan penyelesaian dengan tepat.

Supaya judul penelitian Anda tidak bermakna ganda, buatlah judul penelitian dengan merangkum dari latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan metode yang akan Anda gunakan.

3. Spesifik

Judul penelitian yang memfokuskan pada satu permasalahan khusus akan lebih disukai dari pada judul yang bersifat umum. Lebih disukai lagi jika didukung dengan pembahasan hasil penelitian yang mendalam.

4. Informatif

Judul proposal PKM yang dapat memberikan informasi yang tepat dalam penyelesaian permasalahan yang diangkat menurut ide penelitian.

5. Menarik

Judul proposal penelitian yang menarik dapat menimbulkan keingintahuan reviewer untuk membaca lebih jauh proposal yang Anda ajukan.

Namun jika tidak menarik, meskipun isi proposal bagus, kadang menjadikan reviewer kurang yakin dengan proposal yang Anda ajukan.

6. Menggambarkan Kegiatan Penelitian

Begitu membaca judul proposal, sudah ada gambaran pelaksanaan penelitian seperti apa. Sehingga sebuah judul proposal harus dapat menggambarkan semua kegiatan penelitian, mulai dari persiapan, metode yang digunakan hingga proses pelaksanaan.

7. Sekali Dibaca Langsung Tertangkap Maknanya

Pemilihan kata dan ejaan yang benar sangat diutamakan dalam membuat judul proposal. dengan menggunakan kata dan susunan kalimat yang baik maka dapat diperoleh sebuah judul proposal yang mudah dipahami isinya.

HAL-HAL YANG PERLU DIHINDARI DALAM MEMBUAT JUDUL

1. Hindari Kata Klise

Hindarilah penggunaan kata-kata seperti: Penelitian Pendahuluan, Studi, dan sejenisnya.

2. Tidak sama persis dengan judul penelitian yang sudah-sudah

Meskipun dalam penelitian yang sama, usahakan menggunakan kata-kata yang tidak sama dengan yang sudah dipakai orang. Selain dapat menimbulkan kesan yang berbeda, juga tidak terkesan seperti pengulangan dalam penelitian.

3. Hindari Judul yang Terlalu Panjang

Secara umum judul yang baik tidak lebih dari 12 kata. Apabila dengan judul yang pendek kurang dapat mewakili isi proposal, Anda dapat menggunakan sub judul.

HAL-HAL YANG PERLU DIKEMBANGKAN DALAM MEMBUAT JUDUL

Sekarang, penelitian merupakan kegiatan pengembangan dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Sedangkan penelitian yang akan Anda lakukan tidak boleh pengulangan dari hasil penelitian.

Ingat, tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan. Lalu apa gunanya dilakukan penelitian kalau permasalahannya sudah ada solusinya.

KREATIFITAS & ORIGINAL

Supaya dapat menghasilkan judul-judul yang baru dalam membuat proposal penelitian, perlu adanya kreativitas dan original terhadap masalah yang akan dipecahkan.

Modifikasi

Penelitian yang akan Anda ajukan tidak harus benar-benar penelitian baru. Namun Anda dapat melakukan modifikasi dari penelitian yang sudah ada.

Misalnya penelitian yang sudah ada menggunakan bahan logam tembaga dalam membuat catalytic converter untuk filter gas emisi kendaraan dapat Anda ganti dengan logam lain asalkan masih memiliki kemampuan foto katalis, seperti logam seng, chrom, kuningan, dan lain sebagainya.

Apabila tidak mengganti dengan bahan logam yang lain, Anda dapat memodifikasi campuran yang digunakan dalam membuat komposit kalau bahannya dibuat komposit.

Penyempurnaan

Selain memodifikasi dari penelitian yang sudah ada, Anda dapat melakukan penyempurnaan dari hasil penelitian orang lain. Untuk dapat menyempurnakan hasil penelitian orang lain, Anda perlu memahami tentang permasalahan dan solusi yang dipergunakan dengan baik.

Mulai dari situlah Anda dapat menemukan metode yang paling tepat dalam penyelesaian masalah. Sehingga hasil penelitian yang Anda peroleh dapat menjadi penyempurna dari penelitian yang sudah ada tersebut.

Pengembangan

Selain dari kedua kreativitas diatas, Anda dapat melakukan pengembangan dari beberapa penelitian yang sudah ada. Dengan menggunakan bidang keilmuawan yang Anda miliki, Anda dapat mengembangkan lebih jauh penelitian yang sudah ada.

CONTOH JUDUL PKM YANG MENARIK

  • Pengolahan biji karet menjadi biodiesel
  • Skinning dan potensi kulit buah pepaya mentah sebagai obat anti malaria alami
  • A comic enlighten: (suatu metode peningkatan integritas ego pada lansia)
  • Pengujian Fisik dan Mekanik Bambu
  • Potensi Undur-Undur Darat sebagai Antidiabetes
  • Pemaparan Logam Berat Timbal dan Kadmium pada Ayam Kampung
  • Uji Penggunaan Daun Juwet untuk Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus
  • Uji Keaktifan Ekstrak Daun Juwet untuk Menurunkan Glukosa Darah Tikus
  • Pembuatan prototipe alat pengering rumput laut berbasis tenaga surya hibrid sistem portable
  • Desain Sarana Pengangkut dan Perontok Duri pada Buah Salak
  • Pembuatan Software Tata Cara Pembagian Harta Waris dalam Islam (Ilmu Faraid)
  • Pengembangan Situs Obat Tradisional
  • Penerapan Limbah Plastik sebagai Matriks dalam Pembuatan Papan Komposit
  • Pembuatan Serbuk Gel Lidah Buaya Terstandar dengan Metode Pengeringan Aliran Udara Kering

Demikianlah cara membuat judul PKM yang baik dan menarik beserta contohnya. Sebuah judul tidak harus dibuat terlebih dahulu sebelum membuat isi proposal. Namun bisa juga setelah seluruh proposal dibuat, barulah menyusun judulnya.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.