by

Cara Mudah Membuat Menu Reviewer di OJS

-Ilmiah-824 views

Cara membuat menu navigasi Reviewer di Jurnal OJS (Open Journal System) berbeda dengan kebanyakan menu yang lain. Kalau menu navigasi Focus and Scope, Author Guidelines, Submission dan Publication Etics dapat Anda buat melalui Setup.

Namun untuk menu Reviewer dan Team Editor memiliki tempat khusus, sehingga para pengelola jurnal yang masih newbie pasti merasa kesulitan untuk membuatnya.

Bedanya dengan menu yang lain, menu reviewer dan editor terdiri dari beberapa nama orang yang dimasukkan (add) oleh jurnal manager.

Sedangkan nama-nama orang yang di add member sebagai team reviewer maupun editor harus dapat menunjukkan pengalaman publikasi agar dapat meyakinkan penulis jurnal.

Makanya khusus menu reviewer dan editor ini hanya dapat dilihat pada bagian ‘People’.

MITRA BESTARI

Idealnya, setiap jurnal ilmiah harus memiliki reviewer dan team editor yang berdiri sendiri karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang berlainan.

Namun dalam kenyataannya, ada juga pengelola jurnal yang masih meganggapnya sebagai hal yang sama sehingga antara keduanya masuk dalam satu menu yaitu mitra bestari.

PERBEDAAN REVIEWER DAN EDITOR

Reviewer dan editor merupakan posisi yang tidak dapat disamakan dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Reviewer memiliki tugas me-review artikel yang sudah dinyatakan lolos seleksi oleh team editor. Reviewer inilah yang menjadi penentu lolos tidaknya artikel akan diterbitkan atau tidak.

Baca juga : Ketahui 4 Tahapan Proses Submit Jurnal Ilmiah hingga PublishedSedangkan team editor memiliki tugas mengecek tulisan naskah yang masuk pertama kali masuk ke redaksi. Oleh team editor inilah naskah dikoreksi dan dicocokkan dengan bidang kaijan dan format penulisannya.

Apabila belum sesuai dengan petunjuk penulisan jurnal, tema editor akan mengembalikan ke penulis untuk diperbaiki atau ditolak. Apabila sudah sesuai

Apabila artikel sudah sesuai dengan format penulisan dan bidang kajian, draft artikel diserahkan ke Reviewer untuk dikoreksi substansinya.

Jadi, artikel yang sudah masuk ke reviewer sudah dapat dipastikan telah lolos oleh team editor jurnal.

CARA MEMBUAT MENU REVIEWER

1.LOGIN ke akun jurnal Anda

2.Masuk ke JOURNAL MANAGEMENT

Mengelola jurnal OJS
Journal Manager OJS

3. Klik MASTHEAD

Menu Masthead ini berguna untuk membuat menu dengan memasukkan nama-nama seseorang dengan terhubung dengan profil orang tersebut.

Membuat Menu Reviewer OJS
Membuat Menu Reviewer

4. Klik CREATE POSITION TILE

Pada sesi ini Anda diminta untuk membuat judul, misalnya Reviewer atau Team Editor.

Menambah Anggota Reviewer Jurnal
Membuat Nama Reviewer Jurnal

5.Membuat Judul

Kalau Anda ingin membuat Team Reviewer berarti Anda dapat mengetikkan REVIEWER. Setelah itu kilik SAVE untuk menyimpannya. Sekarang Anda sudah memiliki Menu Navigasi Reviewer, namun belum memiliki anggota.

3.Klik MEMBER

Menu ini berguna untuk menambahkan orang sebagai anggota team reviewer jurnal. Setelah Anda klik MEMBER, Anda diarahkan ke daftar nama-nama seseorang yang dapat Anda pilih sebagai anggota team reviewer.

Nama-nama orang yang dapat Anda pilih tentunya yang sudah memiliki akun jurnal Anda. Apabila Anda menginginkan seseorang namun belum memiliki akun jurnal Anda , Anda dapat meminta orang tersebut untuk membuat akun terlebih dahulu.

Setelah menemukan orang yang pas sebagai reviewer, klik ADD MEMBER.

5.Tekan RECORD

Setelah memasukkan anggota team reviewer, jangan lupa untuk mengklik RECORD agar semua apa yang Anda lakukan dapat tersimpan dengan baik. Menu Record ini dapat Anda temukan di bagian atas menu jurnal.

Jurnal OJS
Akhiri dengan Record Menu Reviewer

TIPS MEMILIH CALON REVIEWER

Reviewer memiliki peranan penting dalam eksistensi jurnal. Sebelum mensubmit naskahnya, calon penulis biasanya mengidentifikasi jurnal terlebih dahulu, seperti ISSN dan e-ISSN Jurnal, akreditasi jurnal, jumlah terbitan, dan yang tak kalah penting juga adalah team editor dan reviewer jurnal.

Bahkan kualitas jurnal juga dapat dilihat dari team reviewer dan editor ini. Sehingga dalam menentukan seseoran untuk dijadikan sebagai reviewer jurnal, tidak bisa sembarangan. 

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang dapat dijadikan dalam menentukan team reviewer jurnal, yaitu:

1. Pengalaman Publikasi yang Cukup

Pengalaman publikasi seseorang dapat dilihat di Scopus, Sinta Ristek Dikti dan Google Scholar. Pengalaman publikasi yang cukup artinya memiliki h-indeks publikasi yang cukup baik.

2. Tidak mengutamakan Jenjang Pendidikan dan Titel Akademik

Inilah keunikan jurnal ilmiah. Biasanya kalau urusan keilmiuwan sangat erat dengan title dan pendidikan terakhir, namun untuk urusan jurnal ilmiah sangat berbeda. Percuma saja memiliki title yang tinggi tapi tidak memiliki tulisan yang terindeks di jurnal bereputasi.

3. Pengalaman Menulis Jurnal

Pengalaman menulis di jurnal memang sudah semestinya dimiliki oleh seorang reviewer. Bagaimana bisa menelaah tulisan ilmiah kalau dia sendiri tidak pernah menulis.

4. Mampu mengoperasikan OJS

Jurnal versi print out sekarang ini sudah tidak berlaku dan yang diakui hanya versi online. Sehingga seorang reviewer juga wajib bisa mengoperasikan Open Journal System atau OJS karena riwayat pekerjaan sebagai reviewer harus terekam di OJS.

PENTING

Biasanya yang sering dilupakan oleh pengelola jurnal setelah memasukkan nama Reviewer di menu Masthead adalah tidak diakhiri dengan menekan Tombol Record. Sehingga tidak nama-nama yang sudah di add menjadi anggota Reviewer tidak muncul.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.