by

Cara Membuat Posting Instagram yang Menarik dan Mendatangkan Follower

-Gadget-97 views

Jumlah follower Instagram tidak tergantung dari banyaknya posting yang Anda buat namun lebih mengarah pada kualitas posting tersebut. Jika Anda merasa sudah banyak membuat posting di Instagram namuan masih saja sepi follower, ikutilah cara membuat posting Instagram yang menarik dan mendatangkan follower ini.

Pertama kali pembaca akan mengamati secara visual tampilan posting Instagram Anda, setelah itu mereka membaca konten yang Anda buat. Apabila mereka merasa mendapatkan manfaat dari posting tersebut, barulah mereka mau mengklik untuk mem follow akun Anda.

Itulah alur untuk mendapatkan follower di Instagram pada umumnya. Jadi, posting Instagram yang dibuat dengan asal-asalan pasti sulit untuk mendapatkan follower.

Posting Instagram yang didesain menarik secara visual dengan dukungan konten yang berkualitas adalah kunci untuk mendatangkan follower. Namun hal ini kadang kurang diperhatikan oleh pemilik akun Instagram.

Cara Membuat Posting Instagram yang Menarik

Supaya posting Instagram Anda dapat menarik dan mendatangkan follower baru, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan:

1.       Buat Hook post yang Menarik secara Visual

Kalau diibaratkan tubuh, hook post atau thumbnail sebuah posting Instagram adalah face atau wajah kita. Pertama kali orang membaca posting Anda di Instagram karena tertarik dengan hook post ini. Selanjutnya baru konten atau isi yang ada di posting tersebut.

Buatlah hook post semenarik mungkin, baik secara visual maupun konten. Gunakan tone post yang senada. Kalau menggunakan warna yang cerah, ya pakailah warna cerah terus. Hindari penggunaan warna yang terlalu kontras pada setiap antar post atau feed. Misalnya warna cerah dengan gelap.

Kalau Anda tak mau repot untuk menyamakan tone post ini, Anda dapat memanfaatkan Aplikasi Filter Foto untuk membantu pekerjaan Anda.

Kalau sudah OK secara visual, buatlah judul posting yang menarik. Biasanya judul yang bagus itu simpel, singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. Hindari judul yang terlalu panjang dan bertele-tele agar pembaca dapat segera menangkap apa yang dimaksud di judul tersebut.

2.       Buat Posting dengan Tujuan Jelas

Kalau face nya sudah menarik, buatlah konten yang benar-benar berkualitas dan banyak diminati orang. Beberapa topik konten yang biasanya dibanjiri banyak orang adalah tentang edukatif, informatif, entertain (hiburan) dan inspiratif. Anda dapat memilih menurut passion Anda.

3.       Buat Konten Berkualitas

Buatlah konten yang terstruktur sehingga mudah untuk dipahami orang. Kalau konten-nya cukup panjang, Anda dapat membuatnya menjadi sebuah story post yang terdiri dari beberapa halaman. Kalau konten bukan berbentuk Carousel, maka keterangan bisa Anda tuliskan di Caption-nya.

4.       Tambahkan Hook Caption

Ada kalanya pembaca tidak hanya melihat hook post dan konten yang terpampang secara visual di feed dan story namun juga di caption. Biasanya pembaca seperti ini ingin mengetahui lebih jauh isi konten secara detail.

Tapi tak ada salahnya juga pada caption ini Anda kasih hook caption sehingga pembaca akan lebih antusias lagi untuk mengetahui isi konten lebih detail.

Follower instagram
Hook Caption, Call to Action dan Hastag

5.       Cermati Relevansi Hastag

Melalui hastag, posting Anda akan menyebar lebih luas sesuai hastag yang Anda tautkan. Namun demikian Anda tidak dibenarkan membuat hastag yang tidak sesuai dengan konten yang Anda buat. Hindari hastag yang tidak relevan agar pembaca tidak merasa tertipu.

Pembuatan hastag tidak merujuk pada akun Instagram akan tetapi pada setiap posting. Jadi, setiap posting memiliki hastag yang berlainan sesuai dengan konten yang Anda buat.

6.       Menambahkan Call to Action

Setiap konten apapun usahakan Anda menggunakan ajakan seperti like, komen, share, follow, save, cek di Bio, cek di highlight dan sebagainya. Dengan adanya call to action ini maka pembaca atau follower Instagram akan merasa diajak berkomunikasi sehingga dapat mentriger pembaca untuk memberikan umpan balik berupa komentar.

7.       Buat Jadwal Posting secara Periodik

Pada umumnya orang memposting di Instagram tanpa terencana dengan baik. Begitu ada foto atau gambar yang mau diposting dan kebetulan baru ada mood langsung saja di posting tanpa memperhitungkan kapan followers Anda paling banyak online.

Dengan begitu, posting Anda akan mendapatkan lebih banyak engagement karena instagram juga menilai seberapa cepat orang berinteraksi dengan posting Anda.

Untuk mengetahui kapan followers Anda banyak yang online, Anda dapat membuka Insight > Audience > Followers. Jika Anda belum menggunakan Instagram Business Anda perlu upgrade terlebih dahulu.

Demikianlah cara membuat posting Instagram yang menarik dan berpotensi mendapatkan follower lebih banyak yang dapat Anda coba.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.