by

Cara Membuka HP yang Lupa Password

-Gadget-134 views

Mengunci layar HP atau lock screen merupakan sebuah keharusan agar smartphone Anda tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, dengan memberikan lock screen, HP Anda dapat meminimalisir penyebaran virus di internet.

Agar lock screen mudah dipergunakan dan tidak cepat lupa, gunakan jenis password yang paling mudah menurut Anda, seperti bentuk pola, angka, huruf, kombinasi angka / huruf, dll. Akan tetapi karena berbagai sebab sering terjadi lupa dengan lock screen yang sudah dibuat. Akibatnya seperangkat gadget Anda tidak dapat dioperasikan sama sekali.

Kalau sudah begini, kebanyakan orang akan shock karena merasa smartphone miliknya sudah tidak dapat diapa-apakan lagi kecuali harus dibawa ke counter HP. Sedangkan jika di reset ulang oleh counter HP biasanya semua data yang tersimpan di internal memory akan terhapus.

Sebelum pergi ke counter HP alangkah baiknya Anda coba tiga cara mudah dan aman untuk membuka HP yang lupa password berikut ini:

  1. Android Device Manager

Cara membuka HP yang lupa kata sandi yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Bukalah link Android Device Manager (https://www.google.co.id/android/find?u=0) melalui browser di smartphone Android teman Anda atau komputer untuk mengakses layanan. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini dapat bekerja jika HP Anda terhubung dengan jaringan internet.

Masukkan akun google yang Anda daftarkan untuk smartphone yang lupa password-nya tadi. Terdapat tiga pilihan di layanan Android Device Manager, yaitu Deringkan, Kunci dan Hapus. Pilihkan Kunci atau Lock untuk mengganti password yang baru. Anda dapat memasukkan password yang baru dengan mengetikkan angka dan huruf ataupun pola.

Tunggu beberapa saat, lalu Anda dapat membuka smartphone dengan password yang baru. Keuntungan menggunakan Android Device Manager sebagai alat pembuka HP yang password-nya lupa adalah dapat dipergunakan untuk semua HP.

  1. Samsung Find My Mobile

Cara lain untuk membuka HP yang lupa passwordnya adalah dengan Samsung Find My Mobile. Tentu aplikasi ini hanya berlaku untuk HP Samsung saja. Dengan menggunakan HP teman Anda atau laptop bukalah link Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com). Kemudian login ke akun Samsung dengan email yang sudah Anda daftarkan. Jika Anda belum mendaftarkan maka cara ini tidak akan berhasil.

Setelah Anda berhasil masuk Account Samsung, Anda dapat menghapus password dengan menekan tombol Unlock. Setelah itu maka HP Anda akan terbuka tanpa ada password lagi. Anda dapat membuat password yang baru melalui layar HP Anda.

  1. Factory Reset

Apabila kedua cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah, barulah Anda gunakan cara yang ketiga ini. Metode Factory Reset ini dapat Anda jadikan langkah pamungkas karena dengan mengikuti langkah ini maka semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus tanpa sisa.

Cara untuk melakukan Factory Reset setiap HP tidaklah sama. Namun pada umumnya dengan mematikan dan menghidupkan lagi power HP terlebih dahulu. Pada saat layar hitam pergi, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke ‘Recovery Mode’.

Selanjutnya gunakan tombol volume untuk menyorot opsi Wipe Data / Factory Reset, dan tekan tombol daya untuk memilihnya. Biarkan hingga proses selesai, lalu pilihlah Reboot System Now dan HP Anda akan kembali seperti baru lagi.

 

SARAN

Sebagai langkah preventif, alangkah baiknya bagi Anda yang menggunakan smartphone produk Samsung segera membuat akun di Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com). Dengan begitu, maka jika sewaktu-waktu lock screen HP Anda lupa dapat segera teratasi.

Demikian cara membuka HP yang lupa dengan passord atau lock screen yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke counter HP. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed