by

7 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram

-Gadget-15 views

Cara mendapatkan uang dari Instagram bukanlah perkara yang sulit, namun juga tidak mudah bagi yang belum memahaminya. Berbeda dengan cara mendapatkan uang sebagai Youtuber ataupun Blogger. Pendapatan terbesar dari kedua profesi tersebut yaitu sebagai publisher di Google Adsense.

Sedangkan Instagram – termasuk juga akun sosmed yang lain – saat ini belum bisa menjadi publisher di Google Adsense. Jadi belum bisa mendapatkan pendapatan yang terus mengalir seperti halnya Youtuber atau Blogger.

Namun Anda tak perlu khawatir, masih banyak sekali peluang atau cara mendapatkan uang dari Instagram. Berikut ini adalah 7 cara mudah mendapatkan uang dari Instagram yang dapat Anda ikuti.

CARA MENDAPATKAN UANG DARI INSTAGRAM

1. Menjadi Influencer

Influencer adalah akun Instagram yang memiliki pengaruh besar terhadap pengguna Instagram lainnya. Selain memiliki jumlah follower yang cukup banyak, akun Instagram ini biasanya hanya memuat topik yang khusus saja (niche).

Pada umumnya pengusaha bisnis bermitra dengan influencer dalam memasarkan produknya. Dengan jumlah follower yang diatas rata-rata inilah yang menjadikan influencer banyak dijadikan mitra oleh para pengusaha bisnis.

Tak hanya memposting konten, influencer juga memiliki andil besar dalam meningkatkan engagement konten pengusaha bisnis. Dengan begitu maka pengusaha yang bekerjasama dengan influencer tersebut menjadi diuntungkan karena produk yang ditawarkan akan semakin dijangkau oleh banyak orang.

2. Menjual Potensi Diri

Instagram merupakan sebuah media yang sangat tepat untuk mempromosikan apa aja, asalkan berbentuk visual. Tak hanya barang yang bisa dipromosikan namun juga jasa atau potensi diri.

Misalanya Anda sebagai seorang guru bisa membuka layanan bimbingan belajar atau kursus (privat). Seorang yang ahli dibidang elektronik bisa membuka layanan jasa servis elektonik panggilan. Anda suka fotografer, Anda bisa menjual foto hasil jepretan Anda.

Lalu langkah yang perlu Anda lakakan adalah membuat Akun Instagram Bisnis. Anda perlu membedakan antara akun Instagram pribadi dan bisnis supaya target promosi Anda bisa tepat sasaran.

3. Menjual Produk

Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopie, dan lain sebagainya merupakan tempat yang paling digemari oleh para pebisnis untuk menjual produknya. Pembeli akan datang dengan sendirinya dan Anda tinggal menyiapkan pengiriman barang via jasa pengiriman barang seperti JNE, POS Indonesia, TIKI, J&T, Wahana, Indah Logistic Cargo, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan akun Instagram, marketplace yang Anda Kelola bisa lebih dijangkau oleh banyak orang, terutama yang memiliki akun unstagram.

Sama halnya menjual potensi diri di Instagram, yang perlu Anda persiapkan adalah membuat Akun Instagram Bisnis.

4. Mengikuti Program Afiliasi

Apabila selama ini Anda belum memiliki produk atau jasa yang siap untuk dijual, Anda bisa menjual produk orang lain dengan mendapatkan imbalan dari hasil penjualan tersebut. Program inilah yang disebut dengan program afiliasi.

Bedanya dengan influencer adalah program afiliasi mendapatkan penghasilan dari persentase penjualan dari produk mitra. Sedangkan influencer juga memiliki sasaran untuk meningkatkan awareness.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dan akan memulai berbisnis, ada baiknya mengikuti program ini. Selain mudah dilakukan, juga hampir tidak membutuhkan modal sama sekali.

Anda tinggal membuat post tentang afiliasi di Instagram dan menyertakan keterangan bahwa produk dapat dibeli melalui tautan di Bio Instagram.

5. Menjadi Buzzer

Buzzer adalah akun Instagram yang dapat mempengaruhi publik terkait konten yang di postingnya. Mudahnya buzzer adalah trending topic yang menjadikan topik menjadi viral.

Siapapun bisa menjadi buzzer, asalkan akun instagramnya sudah memiliki jumlah follower yang cukup banyak. Lebih baik lagi kalau konten Anda mengarah pada nice tertentu. Sehingga klien yang Anda ajak kerjasama menjadi lebih percaya.

Misalnya Anda memiliki hobi travelling, Anda dapat membuat akun Instagram tentang kisah perjalanan travelling yang Anda lakukan. Untuk mendapatkan uang dari akun Instagram ini, Anda perlu membuat konten yang diinginkan oleh klien sehingga mendapatkan respon dari pengguna instagram yang lain. Dengan begitu, maka Anda akan mendapatkan imbalan dari klien Anda.

6. Jasa Desain Instagram

Sukses mendapatkan uang dari Instagram salah satunya dapat ditengarai dengan jumlah follower yang membludak. Kuncinya, adalah konten dan tampilan (visual) yang menarik.

Sedangkan setiap pemilik akun Instagram belum tentu memiliki kemampuan mendesain flayer atau dengan baik. Sehingga jasa desain Instagram semakin diburu banyak orang.

Tak hanya flayer atau poster saja yang perlu mendapatkan sentuhan dari desainer. Fitur-fitur lain seperti tampilan profil, caption yang menarik dan menantang juga keahlian khusus.

Modal utama untuk bisa menjual jasa desain Instagram adalah memiliki akun Instagram yang berkualitas, menarik dan memiliki jumlah follower yang banyak. Akun Instagram miliknya itulah yang akan menjadi daya pikat pelanggan Anda.

7. Jasa Operator Instagram

Instagram sudah dipercaya sebagai media pemasaran yang sangat efektif. Meskipun sudah memiliki website dan landing page, usaha bisnis Anda belum lengkap kalau belum memiliki akun Instagram.

Untuk mengelola akun Instagram dengan baik perlu meluangkan waktu secara khusus. Ingat, mengelola akun Instagram tidak cukup hanya membuat konten lalu di posting begitu saja. Masih banyak tindakan-tindakan yang perlu dilakukan guna mendatangkan follower. Kalau bisnis sudah mulai berkembang maka bukan hal yang tidak mungkin seorang operator Instagram banyak dicari orang.

TIPS

Apapun cara yang Anda tentukan untuk mendapatkan uang dari Instagram, jumlah follower dan engagement adalah hal yang sangat utama.  Tanpa follower yang banyak konten Anda tidak akan dijangkau oleh banyak orang.

Itulah 7 cara mudah mendapatkan uang dari Instagram yang dapat Anda ikuti bagi pemula. Masih banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari Instagram, seperti menjadi dropship, selegram, berburu kuis, menjual foto dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang mendapatkan uang dari Instagram dengan menjual akun Instagram yang mereka buat. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.