by

Cara Mengatasi Artikel Jurnal di Scopus dan Google Scholar tidak Terindeks di Sinta

-Ilmiah-5,501 views

Permasalahan yang sering terjadi di Portal Sinta adalah artikel ilmiah yang published di Google Scholar maupun jurnal bereputasi internasional seperti Scopus tidak dapat terindeks di Portal Sinta. Apabila sudah begini, setinggi apapun h-indeks yang Anda capai di Scopus dan Google Scholar tetap saja memiliki skor Sinta yang rendah.

Padahal untuk mendapatkan dana penelitian dari KemenristekDikti, yang menjadi tolok ukur seorang peneliti atau dosen adalah skor yang dicapai di Portal Sinta. Semakin tinggi Skor Sinta yang diperoleh oleh dosen dan peneliti tersebut maka semakin banyak peluangnya untuk mendapatkan dana penelitian dari pemerintah.

Pada dasarnya skor Sinta ditentukan berdasarkan akumulasi dari beberapa artikel ilmiah yang sudah terindeks di Google Scholar dan Scopus. Sedangkan artikel jurnal ilmiah yang published di Google Scholar dan Scopus tidak akan terhubung (connect) dengan Portal Sinta kalau tidak dilakukan Setting Author Profile.

Tak usah khawatir, cara untuk melakukan Setting Author Profile ini cukup mudah, yang perlu Anda persiapkan hanyalah Author ID, baik itu Google Scholar ID maupun Scopus ID. Perlu Anda ketahui bahwa Scopus ID ini hanya akan Anda peroleh setelah Anda berhasil mempublikasikan artikel ilmiah Anda di jurnal bereputasi internasional yang sudah terindeks dengan Scopus.

 

 

CARA SETTING AUTHOR PROFILE

  1. Masuk ke AUTHOR LOGIN

Apabila Anda belum memiliki akun di Portal Sinta, register terlebih dahulu.

  1. Pilihlah Menu UPDATE PROFILE

Pada menu ini terdapat beberapa kolom isian mengenai biodata Anda dan kolom isian untuk Google Scholar ID dan Scopus I. Isilah kolom yang disediakan untuk Google Scholar ID dan Scopus ID tersebut.

  1. MengisiĀ Google Scholar ID dan Scopus IDĀ 

Isikan Google Scholar ID dan Scopus ID Anda di masing-masing kolom yang sudah disediakan. Apabila Anda belum memiliki Google Scholar ID, dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menggunakan email yang berekstensi instansi Anda.

Namun apabila Anda belum memiliki Scopus ID, Anda harus memiliki artikel jurnal atau artikel hasil seminar internasional yang sudah terindeks di Scopus terlebih dahulu.

  1. Klik UPDATE PROFILE

Dengan menekan Update Profile maka semua artikel ilmiah Anda yang published di Google Scholar dan Scopus akan secara otomatis dapat terindeks di Portal Sinta. Apabila masih tetap belum berhasil terindeks, silahkan menghubungi Verifikator Sinta yang sudah dibentuk di perguruan tinggi Anda.

 

TIPS

Agar artikel ilmiah Anda dapat memudahkan terindeks di semua alat pengindeks maka pergunakanlah email yang sama di artikel dan semua alat pengindeks. Usahakan selalu menggunakan email dengan extensi institusi agar mudah dalam sinkronisasi dengan institusi Anda.

 

SARAN

Memang untuk saat ini semua artikel ilmiah yang terindeks di Google Scholar ID dan Scopus ID tidak dapat terindeks langsung ke Portal Sinta. Akan tetapi Anda diberikan kesempatan untuk mendaftarkan buku ber-ISBN ke Portal Sinta jika Anda sudah memilikinya.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

  1. Saya sudah coba setting update setting author profiletapi di langkah ke 3 tidak bisa, saya bisa danti ID google scholar, karena terkunci. sinta saya isinya masih 0 semua

News Feed