by

Cara Mengisi Pulsa Token Listrik Prabayar

-Sains-3 views

Cara mengisi token listrik prabayar dapat Anda lakukan sendiri tanpa meminta bantuan dari petugas PLN. Begitu mendapatkan token atau STROOM yang dapat Anda beli secara online atau di tempat-tempat yang sudah disarankan, Anda bisa langsung memasukkannya sendiri.

Hanya dengan mengetikkan kode token di tombol yang ada di bawah tampilan LCD KWH Meter Prabayar, Anda sudah bisa mengisi pulsa listrik sesuai kebutuhan Anda. Begitu kode token sudah masuk, secara otomatis pulsa listrik Anda akan bertambah sesuai dengan jumlah KHW listrik yang Anda beli.

LISTRIK PINTAR

Nama lain dari listrik prabayar adalah listrik pintar. Dikatakan pintar karena Anda sebagai pengguna/pelanggan listrik diberikan kebebasan penuh untuk mengelola pemakaian STROOM atau isi ulang energi listrik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sebagai pelanggan.

Selain diberikan kebebasan untuk membeli jumlah STROOM, Anda juga bisa mengatur penggunaan listrik dalam setiap bulannya.

KEUNTUNGAN LISTRIK PRABAYAR

Beberapa keuntungan menggunakan listrik prabayar disbanding dengan listrik konvensional adalah:

  1. Pelanggan bisa memantau penggunaan listrik per-KWH setiap saat
  2. Pelanggan bisa mengendalikan jumlah listrik per-KWH dalam setiap bulannya
  3. Kebutuhan listrik dapat menyesuaikan jumlah anggaran yang Anda miliki
  4. Pembelian Token atau STROOM dapat Anda lakukan dengan mudah di beberapa tempat seperti di Payment Point mitra Bank, Teller Bank, ATM dan SMS Banking.
  5. Tidak akan terjadi kesalahan pencatatan kebutuhan KWH perbulannya oleh petugas pencatat meteran listrik
  6. Privasi pelanggan tidak terganggu dengan kedatangan petugas pencatat meteran listrik

OUTLET PEMBELIAN STROOM

Pembelian STROOM atau Token listrik prabayar dapat Anda lakukan di hampir semua Payment Point Online Bank (PPOB). Selain itu Anda juga bisa mendapatkan STROOM atau Token di Teller Bank, ATM Bank, SMS Banking, dan lain sebagainya.

CARA MENGISI ULANG LISTRIK PRABAYAR

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengisi ulang listrik prabayar adalah sebagai berikut:

  1. Membeli STROOM atau Token listrik prabayar secara online atau di tempat-tempat penjual token atau pulsa, seperti di Indomart, Alfamart, dll.
  2. Memasukkan kode STROOM ke papan tombol meteran listrik prabayar dengan cara mengetikkan kode token satu persatu. Biasanya kode token terdiri dari 20 digit yang terdiri dari angka-angka tanpa huruf. Angka-angka tersebut dikelompokkan perempat-empat. Misalnya : 0812 3845 5348 0001 2221
  3. Setelah kode token sudah Anda ketikkan semua, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan menekan Tombol ENTER agar segera di proses
  4. Begitu selesai menekan tombol Enter, LCD Meter akan memberikan informasi. Informasi ini tidak hanya Ketika Anda memasukkan kode token dengan benar akan tetapi Ketika salah memasukkan juga
  5. Apabila token yang Anda masukkan sudah benar, maka LCD meter akan memberikan informasi “benar”. Dan selang beberapa detik, diikuti dengan jumlah kredit yang Anda masukkan, misalnya “20 kwh”, artinya token yang Anda masukkan adalah sebesar 20 kwh.
  6. Setelah menampilkan jumlah kwh yang Anda masukkan, LCD meter akan mengkhiri dengan menampilkan jumlah total kredit yang Anda miliki untuk sekarang ini
  7. Apabila token listrik yang Anda masukkan adalah salah maka LDC meter akan memberikan informasi “gagal”. Anda bisa mengulanginya lagi dengan mengetikkan kode token dengan berhati-hati
  8. Token listrik yang sudah pernah Anda masukkan tidak bisa dimasukkan lagi kodenya. Apabila token tetap Anda masukkan maka LCD meter akan memberikan informasi “terpakai”
  9. Selesai

LISTRIK PRABAYAR ERROR

Tak ada peralatan listrik yang bisa dipakai secara terus-menerus tanpa melakukan penggantian. Demikian juga dengan peralatan listrik prabayar ini.

Menurut informasi dari petugas PLN bahwa LCD meter memiliki umur pakai yang tidak menentu. Ada yang bisa dipakai bertahun-tahun, namun ada juga yang baru dipakai beberapa hari saja sudah rusak atau error. Dan itu adalah hal yang wajar bagi sebuah komponen listrik.

Apabila mengalami error, LCD meter akan memberikan informasi “error”. Akan tetapi tidak selamanya error yang terjadi pada listrik prabayar disebabkan karena kerusakan fisik atau hardware. Bisa saja error disebabkan oleh system yang beroperasi.

Sehingga untuk memperbaikinya tidak perlu mengganti LCD meter, akan tetapi hanya dengan memasukkan kode-kode tertentu.

TIPS

Usahakan begitu LCD meter sudah berbunyi – yang menandakan pulsa listrik prabayar akan segera habis, segeralah untuk mengisi ulang listrik prabayar Anda. Jangan tunda-tunda hingga benar-benar habis atau 0 KWH.

Menurut pengalaman saya, ketika saya mengisi ulang dalam kondisi listrik padam karena pulsa sudah benar-benar habis, LCD meter jadi error. Dimasukkan kode-kode melalui LDC meter sudah tidak bisa. Akhirnya mengundang petugas PLN untuk memperbaikinya. Oleh petugas PLN disarankan untuk mnengganti LDC meternya karena sudah rusak.

Apakah tindakan mengisi token listrik prabayar dalam kondisi 0 KHW menjadi penyebab rusaknya LCD meter? Saya kurang begitu paham. Akan tetapi hingga saat ini saya tidak berani lagi untuk menunggu-nunggu lagi hingga benar-benar habis untuk mengisi ulang listrik prabayar.

Semoga informasi ini bisa memberikan pencerahan. Salam.*