by

Cara Merekam Layar PC dan Laptop Tanpa Aplikasi

-Gadget-63 views

Cara merekam layar PC dan laptop pada umumnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau software. Tapi, kelemahannya adalah membutuhkan space penyimpanan tambahan di PC yang cukup besar. Sehingga bisa menurunkan performa PC Anda.

Selain itu, apabila Anda menggunakan aplikasi gratisan atau free, maka video yang dihasilkan menjadi kurang maksimal seperti halnya aplikasi premium (berbayar).

Selain ada beberapa fitur penting yang disembunyikan, aplikasi gratis biasanya mencantumkan watermark. Sehingga, hasil karya video Anda nampak kurang professional, bukan…!

MEREKAM LAYAR PC & LAPTOP TANPA APLIKASI

Bagi Anda yang menggunakan Widows 10, kini sudah bisa merekam layar PC atau laptop tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Fitur XBOX Game Bar inilah yang membedakan dengan versi Windows sebelumnya.

Fitur XBOX Game Bar berguna untuk merekan game yang ada di layar PC. Pada awalnya memang demikian, namun dalam aplikasinya tidak untuk merekam game saja.

Anda juga bisa merekam apa aja yang ada di layar PC, seperti tutorial untuk Youtuber atau file presentasi untuk pembelajaran bagi seorang guru ataupun dosen.

SPESIFIKASI WINDOWS UNTUK MEREKAM LAYAR PC

Fitur XBOX Game Bar inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk merekam layar PC atau laptop.

Fitur ini hanya dimiliki oleh Windows 10 Build 15019 dan versi diatasnya. Jadi, sebelum Anda menggunakan pastikan PC atau laptop Anda memiliki fitur XBOX Game Bar.

CARA MEREKAM LAYAR PC & LAPTOP TANPA APLIKASI

Cara merekam layar PC atau laptop dengan menggunakan Windows 10 dapat Anda lakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Merekam layar PC dengan menggunakan Fitur XBOX Game Bar
  2. Merekam layar PC dengan menggunakan Shortcut

Merekam Layar PC dengan Fitur XBOX Game Bar

  1. Aktifkan Fitur XBOX Game Bar di PC Anda. Cara mengaktifkannya yaitu melalui menu Setting, lalu pilih Gaming. Setelah itu klik Game Bar untuk meng-ON-kan.
  2. Setelah Fitur XBOX Game Bar sudah aktif, Anda dapat mengawali merekan layar dengan menekan tombol Windows (Winkey) + G pada keyboard.
  3. Secara otomatis, Game Bar segera muncul. Sebenarnya disini Anda tidak hanya bisa merekam layar berupa video namun juga screenshot. Untuk screenshot layar, Anda bisa menekan tombol Capture. Sedangkan untuk merekam layar berupa video, Anda bisa memilih Recording.
  4. Setelah selesai merekam layar, Anda dapat mengklik Start/Stop Recording untuk menghentikannya.
  5. Tanap harus menyimpannya, secara otomatis file hasil recording akan tersimpan di lokasi penyimpanan file Capture.
Cara Mengkatifkan Fitur XBOX Game Bar di PC

Merekan Layar PC dengan Shortcut

Supaya menghemat waktu, Anda bisa memanfaatkan shortcut dalam merekam layar PC. Namun demikian, untuk bisa menggunakannya, Anda perlu mengaktifkan Fitur XBOX Game Bar seperti pada cara diatas.

Beberapa shortcut penting yang perlu Anda hafalkan adalah:

  1. Tombol : Logo Windows + Alt + R untuk memulai atau megakhiri perekaman layar PC
  2. Tombol : Logo Windows + Alt + PrtScrn untuk screenshot layar PC
  3. Tombol : Logo Windows + Alt + M untuk men-ON/OFF-kan microphone
  4. Tombol : Logo Windows + Alt + B untuk start/pause broadcast
  5. Tombol : Logo Windows + Alt + W untuk memunculkan kamera di broadcast

PENUTUP

Cara merekam layar PC dan laptop sangat penting untuk diketahui. Tak hanya Youtuber dalam membuat video tutorial. Namun juga guru dan dosen dalam membuat media pembelajaran berupa rekaman video. Apalagi dimasa pandemi seperti ini, pembelajaran masih dilakukan secara daring atau dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Semoga cara merekam layar PC dan laptop tanpa aplikasi ini bisa membantu mempermudah pekerjaan Anda. Selamat mencoba.*)