by

Cara Mudah Memasukkan Artikel Ilmiah ke Google Scholar Secara Manual

-Ilmiah-2,559 views

Artikel yang terindeks di Google Scholar atau Google Cendekia adalah semua artikel yang publish di media online, baik nasional maupun internasional. Namun, dalam kenyataanya, ada juga artikel yang sudah pubish secara online tapi tidak terindeks di Google Scholar.

Tak perlu khawatir, alat pengindeks ini sudah menyediakan alat untuk memasukkan artikel ilmiah Anda yang luput dari pengawasannya. Bahkan Anda juga diberi kesempatan untuk melakukan pengeditan atau penghapusan artikel sekaligus.

Berikut ini akan dijelaskan cara mudah memasukkan atau menambahkan jurnal ilmiah ke Google Scholar dengan cara manual.

JENIS ARTIKEL YANG DAPAT TERINDEKS DI GOOGLE SCHOLAR

Jenis artikel yang dapat di indeks di Google Scholar tidak hanya artikel dari jurnal ilmiah dan proceding hasil seminar. Namun bisa juga berupa buku, book chapter, buku, tesis, paten, dan lain sebagainya.

Sebenarnya artikel-artikel itu secara otomatis akan terindeks di Google Scholar seiring dengan waktu. Asalkan sudah publish di internet. Namun karena desakan kebutuhan, Anda membutuhkan artikel ilmiah Anda dapat terindeks dengan segera.

Pada saat awal Anda membuat akun Google Scholar sudah ditawari apakah mau memasukkan artikel secara otomatis atau manual. Kalau secara otomatis, Anda sangat dimudahkan dalam memasukkan artikel. Anda tidak perlu menuliskan satu persatu artikel terkait dengan judul, pengarang, institusi, alamat email, dll. Namun memiliki kelemahan, kadang artikel milik orang lain juga masuk ke akun Google Scholar Anda, karena alat pengindeks ini melihat berdasarkan nama penulis jurnal tanpa melihat institusi Anda.

CARA MEMASUKKAN / MENAMBAHKAN ARTIKEL ILMIAH DI GOOGLE SCHOLAR

Cara memasukkan atau menambahkan atikel ilmiah ke Google Scholar secara manual adalah sebagai berikut:

1. Login ke Google Scholar

Anda hanya dapat login dengan menggunakan alamat email institusi. Jika Anda belum memiliki akun Google Scholar dapat mendaftar terlebih dahulu disini.

2. Klik ‘Tombol +

Setelah Anda klik ‘Tombol +’ yang berada dibawah foto profil Anda, maka segera muncul beberapa opsi pilihan seperti pada gambar. Anda dapat menambahkan anggota tim penulis artikel, menambahkan artikel secara otomatis, menambahkan artikel secara manual dan update akun Google Scholar milik Anda.

Menambahkan artikel di google scholar
Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar

3. Pilih ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’

Jika Anda ingin menambahkan artikel yang sudah publish namun belum terindeks di Google Scholar, Anda dapat memilih opsi ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’. Akan tetapi kalau Anda memilih ‘Tambahkan Artikel’ maka Anda akan diarahkan untuk menambahkan secara otomatis.

Menambah artikel di Google Scholar
Jenis Artikel di Google Scholar

Setelah Anda memilih ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’, Anda diberikan pilihan jenis artikel yang ingin Anda masukkan. Apakah berupa jurnal, proseding hasil seminar nasional maupun internasional, book chapter, buku, tesis, paten, dan lain sebagainya. Anda dapat mengisi kolom yang disediakan menurut keperluan.

Misalnya Anda ingin memasukkan jurnal ilmiah, maka Anda perlu menuliskan judul, pengarang, tanggal terbit, nama jurnal, jilid, terbitan, halaman dan penerbit seperti tampak pada gambar.

KEUNGGULAN CARA MANUAL

Cara memasukkan artikel ilmiah ke Google Scholar dengan cara otomatis memang lebih cepat, namun kadang tidak tepat cara memasukkannya. Kadang artikel milik orang lain masuk dalam list di akun Google Scholar Anda. Tapi kalau Anda menggunakan cara manual, Anda dapat menentukan artikel dengan tepat.

Itulah cara menambahkan artikel ilmiah ke Google Scholar yang dapat Anda lakukan. Anda tidak hanya dapat menambahkan artikel baru, namun juga dapat mengurangi atau menghapus artikel yang bukan milik Anda. Anda juga dapat melakukan pengeditan nama penulis, asal instansi, alamat email, dan lain sebagainya. Semoga Berguna.* (pic.libary.cit.ie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.