Cara Mudah Membuat Peta Pemikiran dengan Software Gratisan

By On Thursday, May 31st, 2018 Categories : Karir

Sangat disayangkan jika gagasan atau ide-ide cemerlang yang sempat terlintas di benak Anda tidak terekam di selembar kertas. Karena sebuah gagasan cemerlang tidak dapat diduga kapan datangnya. Bahkan ide cemerlang itu juga datang tanpa mengenal dimana Anda berada.

Sehingga dengan segera mencatat semua ide ketika muncul adalah langkah yang sangat tepat. Kebanyakan orang menggunakan kertas kecil untuk mencatatnya. Kelemahan menggunakan selembar kertas untuk menulis ide adalah mudah robek, hilang dan ikut tercuci di mesin cuci. Ada kalanya begitu ada ide baru muncul, disekitar Anda tidak tersedia alat tulis sehingga ide cemerlang itupun akan segera menguap.

Kini tersedia banyak software gratisan yang mendukung perencanakan ide-ide cemerlang Anda dengan mudah. Salah satunya adalah dengan software XMind.

XMind merupakan salah satu produk dari XMind Ltd yang berada di Hongkong yang dapat dioperasikan di Windows, macOS dan Linux. Sedangkan media yang dapat Anda pergunakan untuk mengoperasikan dapat berupa seperangkat komputer atau smartphone. Dengan menggunakan software maka semua ide yang muncul dapat segera Anda tuliskan di smartphone sehingga waktu Anda akan semakin produktif.

Untuk dapat memanfaatkan fitur komplit XMind, Anda dapat memilih XMind Pro dengan membayar beberapa dolar dari yang murah hingga yang mahal. Terdapat tiga pilihan berbayar yaitu: XMind for iOS, XMind:ZEN dan XMind 8 Pro.

Akan tetapi jika Anda memilih gratisan, juga dipersilahkan dengan cara mendownload softwarenya di www.xmind.net. Untuk aplikasi Android silahkan Anda download sendiri dengan menggunakan Play Store.

Pemilihan software Pro maupun Gratisan sebenarnya tergantung dari aspek dan frekuensi kegunaannya. Apabila Anda seorang yang bekerja banyak menggunakan brainstorming dengan kolega Anda maka XMind Pro lah pilihan yang tepat. Namun jika Anda bekerja dengan XMind untuk diri Anda sendiri pasti software XMind yang gratisanpun bukan masalah serius.

 

KEUNGGULAN SOFTWARE XMIND GRATIS

Sebelum Anda menggunakan software XMind untuk menuliskan ide-ide cemerlang Anda yang terlintas dan supaya tidak tercecer, alangkah baiknya ketahui dulu keunggulan dan kelemahan XMind Gratisan disini:

  1. Kemudahan Penggunaan

Tak ada perbedaan antara XMind Gratisan dengan XMind Pro dalam pengoperasiannya. Keduanya dapat mudah dioperasikan dengan cara mengklik ikon yang sudah disediakan untuk menambah atau mengurangi kolom yang tersedia. Sedangkan untuk memindahkan kolom tinggal menggeser kolom tersebut dan Anda letakkan menurut keinginan Anda.

  1. Fleksibel

Tidak hanya peta pemikiran saja yang dapat Anda buat dengan XMind namun meliputi banyak hal seperti membuat struktur organisasi, fishbone diagram, diagram pohon (tree diagram), spreadsheets, dan lain-lain.

Pada umumnya XMind ini digunakan untuk media menjelaskan gagasan baru Anda kepada orang lain. Sehingga XMind ini banyak dipergunakan untuk pengelolaan pengetahuan dan rapat-rapat di kantor.

  1. Share Available

Meskipun Anda menggunakan XMind Gratisan, Anda juga diberikan kesempatan untuk membagikan gagasan Anda ke teman melalui media Bluetooth dan WhatsApp.

 

KELEMAHAN SOFTWARE XMIND GRATIS

Sedangkan kelemahan dari XMind Gratisan salah satunya adalah tidak tersedia fitur canggih seperti Presentation Mode yang memungkinkan Anda dapat menampilkan peta pikiran Anda ke kolega Anda, dan brainstorming untuk membuat kreasi lebih mudah. Dengan XMind Cloud, Anda dapat menyinkronkan peta pikiran Anda dan kolega Anda.

Selain XMind, juga tersedia cukup banyak software-software sejenis, seperti: Mindomo (Windows, macOS, Linux, iPad, Android), Scapple (macOS, Windows), FreeMind (Windows, macOS, Linux), MindNode (macOS, iOS) dan MidManager (Windows, macOS).

Namun jika Anda tidak ingin menginstal software di komputer atau gadget Anda dapat memilih versi web, seperti: WiseMapping, Lucidchart, Bubbl.us dan IdeaFlip.

Itulah beberapa keunggulan dan kelemahan dari software XMind Gratis yang dapat Anda pergunakan sebagai acuan sebelum menggunakan. Semoga dapat membantu menyimpan ide cemerlang Anda dengan baik.*

Cara Mudah Membuat Peta Pemikiran dengan Software Gratisan | Amin | 4.5
Leave a Reply