by

Cara Mudah Mendaftarkan Buku ISBN ke Sinta Ristekdikti

Website Sinta atau Science and Technology Index merupakan sebuah website sistem informasi yang mempublikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat bagi para dosen dan peneliti. Portal yang dibuat Kemenristekdikti ini diprediksi bakalan menjadi indeks jurnal yang sejajar dengan SCOPUS atau bereputasi internasional yang lain. Sehingga sangat disayangkan jika Anda seorang dosen atau peneliti tidak memiliki akun Sinta. Apalagi kedepan, Sinta akan dijadikan rujukan dalam pengajuan jabatan fungsional dosen.

Bagi Anda yang belum memiliki akun Sinta dapat melakukan registrasi dengan menuliskan alamat email dan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Selain menawarkan kemudahan dan kecepatan akses, Website Sinta juga lengkap dengan fitur. Website Sinta tidak hanya menampung jurnal dalam bentuk artikel publikasi, namun juga buku ber-ISBN.

PERSYARATAN MENDAFTAR

Sebelum Anda mendaftarkan buku ke Website Sinta, pastikan beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Cover buku

Cover buku dapat Anda foto dengan menggunakan Camera di HP atau screenshot agar prosesnya cepat.

  1. Nomor ISBN Buku

Apabila Anda lupa dengan No. ISBN buku, Anda dapat melakukan pengecekan No. ISBN secara online di ISBN Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang beralamat di www.isbn.perpusnas.go.id.

  1. Judul buku

Untuk dapat melakukan pendaftaran buku, yang dibutuhkan hanya judul buku saja. Sedangkan isi buku tidak ditanyakan sama sekali (persyaratan masih sangat mudah).

  1. Nama dan Alamat penerbit

Nama dan alamat penerbit dapat Anda lihat di buku yang sudah tercetak.

 

CARA MENDAFTAR

Setelah Anda persiapkan semua persyaratannya, Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki Akun Sinta yang diverifikasi oleh Menristekdikti. Jika belum atau malah belum pernah mendaftar, silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  2. Apabila Anda sudah memiliki akun yang terverifikasi, Anda dapat LOGIN dengan memasukkan alamat email dan password.
  3. Setelah login, Anda akan diarahkan ke profil Anda yang menampilkan beberapa menu, seperti: Publikasi dan Buku.
  4. Selanjutnya untuk menambahkan buku, Anda dapat mengklik BOOKS di daftar menu tersebut. Kemudian klik Add Books dan akan ditampilkan form isian yang dapat Anda isikan semua persyaratan mendaftar seperti di atas.
  5. Pada tahap awal Anda diminta untuk memasukkan Nomor ISBN buku. Anda dapat melakukan pencarian di kolom Search yang disediakan. Jika Anda tidak dapat menemukannya dapat Anda tuliskan secara manual pada form yang disediakan.
  6. Lengkapilah semua data yang diminta sesuai dengan persyaratan diatas pada form yang disediakan hingga semua kolom terisi semua, termasuk mengupload cover buku.
  7. Setelah semua form Anda isi, maka dengan segera Buku yang Anda daftarkan akan segera terindeks di Portal Sinta. Untuk memastikannya, Anda dapat mengecek pada link pencarian buku di Portal Sinta.

Itulah cara mendaftarkan buku di Portal Sinta yang dapat mudah Anda lakukan sendiri tanpa harus bertele-tele. Setelah saya mendaftarkan ketiga buku hasil penelitian dan pengabdian masyarakat pada tahun 2017 di Portal Sinta, dalam hitungan detik buku sudah terindeks di Portal Sinta.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed