by

Cara Mudah Mengajukan Penelitian dengan ProGuide

Sama halnya dengan ProGuide Pengabmas, sebuah alat bantu untuk membantu mempermudah pengajuan proposal penelitian Anda di Simlitabmas Ristekdikti. Hanya bedanya kalau ini memang dibuat khusus untuk penelitian. ProGuide penelitian ini merupakan sebuah form isian yang dibuat dalam bentuk MS Office yang sangat mudah Anda pergunakan walaupun tidak mengenal bahasa komputer sekalipun.

KEUNGGULAN

Kemudahan menggunakan ‘ProGiude’ dalam membuat proposal di Simlitabmas adalah:

  1. Tidak perlu menghitung-hitung lagi jumlah kata yang Anda tuliskan
  2. Dibuat dengan menggunakan MS Office, sehingga siapa saja dapat menggunakannya
  3. Mudah penggunaannya, yaitu tinggal copy / paste
  4. Pengeditan proposal menjadi lebih mudah

JENIS PROGUIDE

Terdapat dua jenis ProGiude yaitu ProGiude berbasis MS Excel dan ProGiude berbasis MS Word. Bedanya, kalau ProGiude berbasis MS Excel secara otomatis jumlah kata dapat langsung terlihat. Sedangkan kalau berbasis MS Word, Anda perlu menyelek terlebih dahulu semua kata yang akan Anda hitung.

KOMPONEN PENTING

Beberapa komponen penting dari ‘ProGiude’ adalah:

  1. Ringkasan

Jumlah kata yang dijinkan pada bab ini adalah maksimal 500 kata yang diketik 1 spasi. Beberapa hal yang dapat Anda tuliskan pada bab ini secara cermat dan singkat adalah permasalahan, solusi & target luaran, dan uraian TKT.

  1. Latar Belakang

Pada bab ini jumlah kata yang diijinkan adalah maksimal 500 kata yang berisikan latar belakang dan permasalahan, tujuan khusus dan urgensi penelitian.

  1. Tinjauan Pustaka

Bab ini menjelaskan state of the art dan peta jalan (road map) dalam bidang yang Anda teliti. Dalam pembuatan referensi disarankan menggunakan sumber pustaka tidak lebih dari 10 tahun. Jumlah maksimal kata yang diperbolehkan adalah 1000 kata.

  1. Metode

Sebuah metode yang akan Anda pergunakan dalam penelitian. Di sini Anda hanya diijinkan untuk menulisnya dalam jumlah maksimal 600 kata. Pada bab ini juga diharapkan Anda menjelaskan tentang kepakaran dan tugas masing-masing anggota tim pelaksana.

  1. Luaran & Target Capaian

Di sini Anda diberikan kesempatan untuk mengisi luaran wajib dan tambahan, tahun capaian, dan status pencapaian. Untuk luaran publikasi diwajibkan mencantumkan ‘Nama Jurnal’ yang akan Anda tuju. Sedangkan luaran berupa buku wajib mencantumkan ‘Nama Calon Penerbit’.

  1. Anggaran

Anggaran pendanaan dapat Anda susun secara rinci sesuai format yang langsung diisikan melalui Simlitabmas. Saya sarankan untuk menggunakan MS.Exel, selain mudah juga agar valit dalam penghitungannya.

  1. Jadwal

Buatlah jadwal pengabdian ini sesuai isian pada pengusulan di Simlitabmas

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun dan ditulis berdasarkan sistem nomor sesuai urutan pengutipan. Ingat, hanya pustaka yang disitasi saja yang dicantumkan ya.

  1. Persetujuan / Pernyataan Mitra

Surat pernyataan ini dibuat dengan format bebas yang telah disyahkan oleh mitra dengan tanda tangan pimpinan mitra dan cap diatas materai Rp. 6000,- dalam bentuk File PDF berukuran tidak lebih dari 1 MB.

Itulah beberapa poin penting dalam pengusulan penelitian Kemenristekdikti yang dapat Anda akses melalui portal Simlitabmas.

CARA PENGGUNAAN

Cara menggunakan‘ProGiude Penelitian’ adalah:

  1. Ketikkan pada kolom yang bertuliskan ‘TULISKAN DI SINI’ pada kolom yang sudah disediakan
  2. Untuk mengetahui jumlah kata, Anda dapat menyorot semua kata dan lihat di bagian paling bawah layar komputer Anda sebelah kiri. Anda akan melihat jumlah kata yang sudah Anda sorot tadi.
  3. Setelah Anda rasa cukup mengisi ‘ProGuide Penelitian’ ini barulah Anda melakukan pengisian di sistem Simlitabmas dengan cara copy / paste.

DOWNLOAD FILE

Silahkan pilih sendiri File ProGiude yang paling tepat untuk Anda:

  1. ProGiude Berbasis MS Excel
  2. ProGiude Berbasis MS Word

Semoga dengan bantuan ProGiude ini pengajuan proposal penelitian Anda dapat terencana dengan baik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed