by

Cara Mudah Mengecek Tulisan Bahasa Inggris di Jurnal Ilmiah dengan Grammarly

-Ilmiah-731 views

Menjadi penulis di jurnal ilmiah, terutama pada jurnal internasional bereputasi bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan ketekunan dan kegigihan, para penulis perlu mengetahui beberapa tips membuat jurnal ilmiah yang benar. Sehingga, sampai saat ini masih banyak penulis yang belum berhasil mempublikasikan tulisannya di jurnal bereputasi, seperti Scopus, Thomson Reuter dan sejenisnya.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh penulis jurnal adalah dalam penguasaan Bahasa Inggris. Tidak sedikit penulis jurnal yang memanfaatkan Biro Jasa Translator untuk membantu mengecek penulisan Bahasa Inggris-nya. Namun tidak sedikit pula yang kurang puas, karena bidang keilmuwan yang berbeda.

Keterbatasan dalam penguasaan Bahasa Inggris inilah yang kadang membatasi penulis dalam mensubmit naskahnya. Bagi yang sudah mahir ber-Bahasa Inggris pasti akan lebih leluasa dalam membidik jurnal untuk sasaran submit. Namun bagi yang pas-pasan, pasti banyak pertimbangan. Mereka lebih nyaman untuk mensubmit di jurnal-jurnal Asia atau yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang tidak jauh berbeda.

Sebenarnya sudah banyak software-software yang dapat membantu Anda dalam menulis teks Bahasa Inggris. Mulai dari versi free (gratis) maupun premium. Salah satu software untuk mengecek penulisan teks ber-Bahasa Inggris adalah Grammarly.

Sebelum Anda menggunakan Grammarly, alangkah baiknya Anda ketahui dahulu keunggulannya.

KEUNGGULAN

Beberapa keunggulan Grammarly sebagai alat bantu mengecek penulisan jurnal ilmiah adalah:

  • Kompatibel di Windows atau MS Word

Grammarly dapat Anda pergunakan di MS Word dengan cara menginstalnya terlebih dahulu. Namun demikian, Anda juga dapat menggunakannya di Windows dengan komputer yang terkoneksi internet.

Cara instal grammarly
Cara Menginstal Grammarly di MS Word dan Windows
  • Tersedia Cek Plagiarisme

Kelebihan selanjutnya dari Grammarly adalah memiliki fitur untuk mengecek plagiasi naskah Anda. Fitur ini sangat penting untuk mengetahui keaslian naskah yang Anda susun.

  • Hasil Editing Mudah di Download

Setelah Anda download hasil editingnya, Anda dapat menggunakannya secara langsung tanpa perlu melakukan pengeditan lagi.

  • Dapat Mengukur Kemampuan Menulis

Setelah Anda upload naskah jurnal ilmiah, Grammarly akan memberikan penilaian naskah dengan segera. Dengan begitu, kemampuan menulis Anda dapat diketahui.

CARA MENGGUNAKAN

  • Open

Buka laman Grammarly yang berada di www.grammarly.com.

  • Upload File

Naskah jurnal ilmiah yang akan Anda upload ke sistem dapat berupa file MS.Word. Anda dapat mengunggahnya melalui komputer secara langsung atau google drive.

  • Setting

Setelah file naskah Anda upload, Anda diberi keleluasaan dalam pengaturan naskah menurut keperluan.

Apakah naskah yang Anda inginkan bersifat deskriptif atau eksploratif, formal – informal, tulisan bergaya akademik atau santai, atau hal-hal teknis yang lain.

  • Checking

Tak lama kemudian, Grammarly akan menampilkan naskah Anda yang sudah dikoreksi olehnya. Grammarly akan menyesuaikan bentuk tulisan seperti yang Anda setting awal.

Setelah proses checking selesai, Grammarly memberikan skor penilaian pada naskah Anda. Skor yang diberikan mulai dari 1 hingga 100. Semakin tinggi skor yang Anda dapatkan, maka semakin baik kualitas naskah Anda.

  • Editing

Kata-kata yang kurang sesuai menurut tata bahasa, oleh Grammarly akan diberi tanda khusus.

Edit grammar bahasa inggris
Cara Edit Kosa Kata dengan Mudah

Anda dapat melakukan editing pada kata-kata yang diberi tanda khusus tersebut. Anda tidak perlu membuka kamus untuk mencari kosa kata, tapi tinggal mengklik kata-kata yang sudah direkomendasikan oleh Grammarly.

  • Reviewing

Apabila proses editing keseluruhan naskah sudah Anda lakukan, Grammarly akan menampilkan ringkasan naskah dalam bentuk info grafis.

Info grafis ini meliputi jumlah kata, kata unik (keanekaragaman kata), rare words (kata-kata yang jarang dipakai), rata-rata panjang kalimat, dan readability score (kemudahan keterbacaan oleh orang lain).

Cek grammar bahasa inggris
Hasil Editing Penulisan Bahasa Inggris
  • Downloading

Naskah jurnal ilmiah yang sudah Anda edit dapat Anda download melalui menu yang ada di kiri atas.

Download naskah
Download Naskah Bahasa Inggris

File download tersebut sudah dapat Anda pergunakan tanpa harus melakukan pengeditan lagi seperti halnya software-software pengecek tata bahasa yang lain.

KEKURANGAN

Salah satu kekurangan Grammarly dalam melakukan pengecekan naskah Bahasa Inggris adalah kurang peka dengan kemauan penulis. Penulis jurnal ilmiah pada umumnya menggunakan kalimat pasif dalam menuangkan tulisannya. Namun oleh Grammarly kadang dibuat menjadi kalimat pasif.

Demikian pengalaman saya dalam menggunakan software untuk mengecek penulisan jurnal ilmiah bereputasi dengan Grammarly. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 comments

  1. Terima kasih atas tutorial ttg Grammarly. Dibandingkan dengan PaperRater, mana yg lebih bagus? Dan yg lebih user friendly ?

    1. Semua ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi kalau saya lebih sering menggunakan Grammarly ini karena dapat terintegrasi langsung dengan MS.Word.