by

Cara Sukses Di Usia Muda dengan 19 Tips Pilihan

-Karir-7 views

Sukses di usia muda adalah idaman semua orang terutama bagi anak-anak muda yang akan menjalani hidup secara mandiri. Cara sukses di usia muda memang sudah banyak yang mengetahui namun dalam kenyataannya masih sangat sedikit yang berhasil mewujudkannya.

Mengapa bisa demikian? Ada beberapa tips dan triks cara sukses hidup di usia muda yang perlu Anda cermati.

CARA SUKSES HIDUP DI USIA MUDA

Bagi Anda yang memiliki keinginan kuat untuk bisa sukses di usia muda ada baiknya memperhatikan 19 cara sukses di usia muda ini.

1. Lebih Mengutamakan Pendapatan dari pada Gaya Hidup

Bukan berarti Anda tidak lagi memperhatikan penampilan, baik itu cara berpakaian maupun alat transportasi yang Anda pergunakan. Boleh-boleh saja Anda mengikuti trend yang baru ngehit namun tetap mengukur kemampuan dan tidak berlebih-lebihan, apalagi berpoya-poya.

2. Memiliki Pekerjaan Sampingan

Meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan tetap dan gaji yang melebihi rata-rata, bukan berarti tidak perlu lagi pekerjaan sampingan. Apapun profesi Anda, pekerjaan sampingan masih sangat Anda butuhkan.

Disela-sela kesibukan aktivitas pekerjaan utama, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengurus pekerjaan sampingan. Tak perlu melakukannya sendiri namun Anda bisa merekrut orang lain untuk diajak kerjasama.

3. Lebih Baik Hidup Sederhana tapi Berpenghasilan Besar dari pada Bermewah-Mewahan

Pada umumnya begitu sudah memiliki pekerjaan tetap, anak muda merasa sudah sukses karena sudah memegang uang yang jauh lebih banyak dari pada ketika masih kuliah atau sekolah. Dengan uangnya itu mereka dipergunakan untuk berpoya-poya seperti sering untuk mentraktir teman-temannya, mengajak jalan-jalan temennya, dan lain sebagainya.

Hal semacam itu adalah sebuah tindakan yang tidak dibenarkan karena di usia muda adalah masa yang belum stabil. Meskipun keuangan Anda saat ini sudah dapat dikatakan melimpah tapi Anda belum memperhitungkan kebutuhan kedepan yang tidak terduga, terutama untuk kebutuhan rumaah tangga.

4. Tidak Konsumtif

Kalau Anda bisa melakukannya sendiri mengapa harus bergantung pada orang lain. Kalau terlalu menggantungkan pada orang lain tentu pengeluaran juga semakin banyak.

5. Menghindari Hutang

Lebih baik menggunakan uang sendiri walaupun sedikit dari pada membelanjakan uang banyak dari hasil utangan.

6. Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas

Selagi masih mudah, rencanakan tujuan hidup Anda dengan sebaik-baiknya. Mulai dari saat ini hingga di masa tuan anti ketika Anda sudah tidak produktif lagi. Semua itu perlu direncanakan secara detail.

7. Fokus pada Tujuan Hidup

Setelah tujuan hidup Anda rencanakan secara cermat, langkah selanjutnya adalah komitmet terhadap tujuan hidup tersebut. Jangan sekali kali menyepelekan walau hal sekecil apapun.

8. Target yang Realistis

Tujuan hidup yang Anda buat tentunya harus realistis. Jangan jampai tujuan hidup yang Anda rencanakan terlalu muluk-muluk sehingga Anda kesulitan untuk meraihnya.

9. Motivasi yang Kuat

Apa yang sudah Anda rencanakan dalam hidup tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada motivasi yang kuat dari diri Anda. Motivasi ini parlu Anda bangun secara berkelanjutan sehingga dalam diri Anda tidak akan mengalami kelesuan.

10. Keluar dari Zona Nyaman

Selalu berinovasi merupakan salah satu modal eksistensi seseorang dalam mencari uang, terutama bagi usahawan. Intinya, tidak merasa puas dengan apa yang sudah diraihny saat ini. Tapi bukan berarti tidak mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan selama ini.

11. Tak Kenal Lelah untuk Belajar Hal Baru

Keahlian yang Anda miliki selama ini tak akan berkembang jika tidak Anda update secara terus menerus. Jangan sampai Anda sudah merasa cukup dengan keahlian yang Anda kuasai saat ini. Ingat, perkembangan teknologi dan informasi sangat cepat. Kalau Anda tidak bisa mengikutinya pasti akan terlindas oleh kemajuan zaman.

12. Selalu Menyisihkan Pendapatan untuk Ditabung

Jangan menunggu ada uang sisa baru menabung tapi sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan Anda untuk ditabung. Supaya bisa tertib menabung, anggap saja penghasilan bersih yang dapat Anda manfaatkan adalah setelah dikurangi 10% dari penghasilan Anda.

13. Investasi

Setelah tabungan Anda sudah berkumpul cukup banyak, ada baiknya Anda kembangkan dengan cara berinvestasi. Anda dapat membeli tanah, sawah, atau ikut andil dalam pendirian usaha bisnis rekan Anda.

14. Rajin Bersedekah

Secara kasat mata dengan bersedekah keuangan Anda akan mengalami pengurangan. Akan tetapi dalam hal keuangan tidaklah demikian. Banyak yang mengatakan kalau 1 ditambah 1 itu bukanlah 2. Kita harus yakin dengan ‘The Power of Giving’. Bagi siapa saja yang mau bersedekah pasti akan disedekahi oleh Tuhan.

15. Belajar Mengelola Keuangan

Sebanyak apapun uang yang Anda miliki, tanpa Anda kelola dengan baik pasti akan bangkrut. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda dapat menggunakan aplikasi terkait dengan mengelola keuangan, seperti Aplikasi Android untuk meningkatkan produktifitas kerja.

16. Disiplin

Pekerjaan apapun kalau tidak dilakukan tanpa ada kedisiplinan pasti tidak bisa bertahan lama.

17. Positif Thinking

Kekuatan positif thinking ini sangat luar biasa. Dengan berpositif thinking, hal yang mustahil bisa terealisir. Ingat, prasangka Tuhan bersama dengan prasangka hambanya. Kalau kita mengatakan bisa, maka bakal dimudahkan oleh Tuhan.

18. Jangan terlalu Fokus pada Hasil

Kesuksesan yang telah Anda capai saat ini bisa menjadi candu jika Anda berdiam diri tanpa ada usaha untuk mengembangkannya.

19. Melalukan Evaluasi

Setiap selesai mengerjakan sesuatu sangatlah penting untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini meliputi persiapan awal, proses dan hasil. Selain itu perlu juga Anda temukan peluang dan ancaman yang mungkin terjadi.

PENTING

Masih ada lagi satu hal yang tidak boleh Anda tinggalkan agar Anda bisa sukses hidup di usia muda yaitu berdo’a. Do’a merupakan satu-satunya alat untuk merubah nasib atau qodar seseorang. Setiap orang sudah memiliki qodar masing-masing yang tidak akan sama.

Setiap saat terutama disaat saat waktu mustajab, seperti sepertiga malam yang akhir, ketika sujud, ketika berpuasa, dan lain sebagainya manfaatkanlah untuk selalu berdo’a. Semoga apa yang kita harapkan dapat tercapai.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.