by

Cingkrong, Desa Wisata Grobogan dengan Konsep Fun and Education

-Travelling-127 views

Salah satu desa wisata yang ada di Grobogan adalah Desa Cingkrong. Kini telah hadir De Bale Cingkrong yang diresmikan pada 4 April 2019 oleh Bupati Grobogan sebagai destinasi wisata baru. Sejak itulah obyek wisata yang berada di Desa Cingkrong ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Obyek wisata yang hadir dengan konsep Fun and Education ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain dapat berekreasi, juga dapat menambah pengetahuan. Lebih tepatnya adalah wisata sambil belajar.

Sehingga obyek wisata yang terletak di belakang balai desa setempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Bahkan tidak jarang pengunjung dari sekelompok siswa mulai dari TK hingga sekolah menengah atas dengan didampingi oleh guru kelasnya.

WAHANA OBYEK WISATA

Obyek wisata yang dibangun dari dana desa dengan luas area kira-kira 3000 meter persegi ini dilengkapi berbagai macam wahana rekreasi dan edukasi. Beberapa obyek wisata yang menarik yang dapat Anda temukan di De Bale Cingkrong adalah:

SPOT FOTO

Banyak sekali spot foto yang dapat Anda jadikan untuk berfoto bersama atau selfi, seperti tampak pada gambar.

PERAHU BEBEK

Wahana yang lain adalah perahu bebek. Begitu Anda masuk lokasi, ditengah-tengah area wisata terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Ditengah-tengah kolam terdapat daratan yang menjorok ketepi. Biasanya tepat ini dipergunakan untuk acara pertunjukan.

Cingkrong Grobogan

Di kolam inilah Anda dapat menikmati perahu bebek dengan menyewa terlebih dahulu. Dengan perahu bebek Anda bersama keluarga dapat berputar-putar mengelilingi seluruh area kolam.

OUTBOND DAN OLAH RAGA

Pada sisi sebelah kiri kolam terdapat pintu masuk menuju lokasi outbond dan olah raga panah. Anda dapat melatih ketangkasan dan berolah raga disana.

Outbond

WAHANA EDUKASI

Satu hal lagi yang menarik dari Desa Wisata De Cingkrong adalah wahana edukasi, seperti mengenal rambu-rambu lalu lintas, konsep kerja telepon, sejarah para pahlawan bangsa, dan banyak lagi. Selain itu juga terdapat beberapa model wisata lokal untuk memperkenalkan produk lokal, seperti Batik Grobogan Purwodadi.

Wisata edukasi

KULINER

Tidak lengkap kalau obyek wisata tanpa ada tempat jajan dan kuliner. Tempat jajan di wisata De Cingkrong ini cukup banyak seperti pada tampak pada gambar.

Wisata lokal Grobogan

LOKASI DAN RUTE

Untuk menuju Dewa Wisata De Cingkrong Grobogan cukup mudah. Desa Cingkrong terletak di Jalan Desa Cingkrong, Krajan, Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Dari Jalan Semarang – Purwodadi, dapat Anda tempuh sejauh 1,5 km untuk menuju ke lokasi wisata.

HARGA TIKET MASUK

Harga tiket masuk ke lokasi wisata desa De Cingkrong ini relative murah. Setiap pengunjung ditarik Rp 5000, belum termasuk tiket masuk wahana. Tiket untuk wahana tertentu ada juga yang Rp 10.000 per wahana.

WAKTU

Jam buka wisata ini mulai dari 8 pagi hingga 9 malam.

Demikianlah gambaran Desa Wisata De Cingkrong Grobogan yang dapat Anda jadikan informasi sebelum mengunjungi lokasi. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.