Goa Rong View: Gunakan Jembatan Selfi untuk Menikmati Pesona Alam Rowo Pening dan Sekitarnya

By On Wednesday, November 1st, 2017 Categories : Travelling
Advertisement
advertisement

Berkali-kali saya melintasi jalan raya Semarang-Surakarta, namun baru kali ini mengetahui kalau di daerah Tuntang terdapat obyek wisata yang sulit saya lupakan. Obyek wisata itu adalah Goa Rong View atau dapat diartikan sebagai cara menikmati pesona alam dari Goa Rong. Sebenarnya yang menjadi daya tarik saya termasuk oleh kebanyakan wisatawan bukanlah Goa Rong-nya melainkan gardu pandangnya ini.

Goa Rong View tepatnya diatas Goa Rong yang berada dipuncak bukit, kira-kira 300 meter dari goa tersebut. Lebih asyik lagi ternyata Goa Rong View ini berada diatas bukit paling tinggi diantara bukit-bukit disekitarnya. Kenyataan ini dapat Anda buktikan ketika Anda menikmati keindahannya dari Rowo Pening yang berjarak kurang lebih 5 km.

Pada awalnya saya tidak sengaja untuk datang ke Goa Rong View ini. Waktu itu saya bersama tim pengabdian masyarakat (pengabmas) sedang menjalankan tugas survey ke kawasan Wisata Rowo Pening yang tidak jauh dari obyek wisata tersebut. Pada saat saya makan pagi bersama tim pengabmas di rumah makan yang tak jauh dari jalan keluar tol Semarang itu, driver kantor saya mengatakan kalau disekitar lokasi ini terdapat obyek wisata pemandangan alam yang sangat indah.

Sebelum merebaknya internet, obyek wisata itu belum banyak yang mengenalnya. Obyek wisata Goa Rong View yang dilengkapi dengan berbagai macam jembatan selfi ini ternyata dapat menjadikan obyek wisata ini semakin dikenal orang banyak melalui dunia maya (akun jejaring sosial).

Tanpa pikir panjang akhirnya saya bersama tim pengabmas langsung jatuh hati dan meluncur ke lokasi, diantar oleh Pak Imam, driver kantor saya. Mobil Innova itu dipacu menyusuri jalan berkelok-kelok merayapi kaki bukit menuju puncak Goa Rong View. Jalan menuju lokasi yang diselimuti dengan hutan kopi dan karet itu semakin menambah keyakinanku dalam meneruskan perjalanan.

Setelah menempuh perjalanan selama 20 menit akhirnya saya bersama tim sampai di lokasi. Di sana sudah banyak wisatawan yang sedang asyik menikmati pemandangan alam dan fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia di sana.

Beberapa fasilitas yang menarik dan sulit saya lupakan ketika berada di obyek wisata Goa Rong View adalah:

  1. Pemandangan Alam

Melalui Goa Rong View yang berada di puncak bukit tertinggi di daerah itu, Anda dapat lepas memandang  ke arahkan Rowo Pening, Kota Salatiga dan beberapa gunung besar, seperti Gunung Merbabu, Telomoyo, Ungaran dan beberapa pegunungan lain yang ikut menambah pesonanya.

  1. Gazebo

Gazebo yang didesain dengan nuansa alami yang menyejukkan banyak bertebaran di sana. Meskipun beberapa fasilitas yang lain harus membayar terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakannya, gazebo ini dapat Anda manfaatkan tanpa harus membayar terlebih dahulu.

  1. Resto

Reso ini dapat Anda manfaatkan sebagai tempat nongkrong sambil menikmati hidangan berbagai makanan yang disediakan sambi keindahan alam yang membentang.

  1. Jembatan Selfi

Anda diberikan keleluasaan dalam menentukan tempat selfi yang paling tepat karena jembatan selfi di sini cukup banyak tersedia. Mulai dari jembatan selfi yang berupa jembatan memanjang hingga yang menggantung di awan.

Melalui petugas jaga yang ada di dekat jembatan selfi itu, Anda dapat membayar Rp 5000,- untuk dapat menggunakannya.

  1. Goa Rong

Goa Rong berada di bawah gardu pandang (Goa Rong View) dengan jarak 300 meter dengan menyusuri puluhan anak tangga terlebih dahulu untuk ke sana.

  1. 3D Selfi

Fasilitas yang lain di Goa Rong View adalah 3D Art yang menyediakan fasilitas untuk keperluan foto-foto dengan latar 3 dimensi.

  1. Film 9D

Bagi Anda yang suka nonton film bisa meluncur ke Studio Film 9D yang berada di samping sebelah kanan gardu pandang tepatnya jalan menuju ke Goa Rong.

  1. Taman Bermain Anak-Anak

Tempat bermain anak-anak juga tersedia cukup banyak di sini sebagai media belajar. Namun perlu diperhatikan bagi orang tua supaya benar-benar mengawasi buah hatinya karena Goa Rong View ini berada di atas bukit yang cukup curam.

  1. Musholla dan Toilet

Tempat wisata ini sudah cukup nyaman untuk dikunjungi karena sudah terdapat fasilitas yang mumpuni, seperti sudah tersedia musholla dan toilet.

  1. Area Parkir

Area parkir di lokasi wisata ini cukup luas dan antara parkir mobil dan sepeda motor sudah dibedakan.

LOKASI

Goa Rong View berada di Jl. Raya Tuntang-Beringin KM. 2, Desa Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke sana Anda dari arah Semarang melewati jalan pantura Solo atau Yogyakarta dengan melewati Salatiga. Setelah melewati Kebun Kopi Banaran, jalan terus hingga menemui jembatan besar. Atau jika Anda lewat jalan tol Semarang, begitu keluar tol ambil jalan ke kiri dan kira-kira 1 km menemukan jembatan besar.

Sebelah jembatan jembatan besar itulah Anda dapat masuk mengikuti arah yang ditujukan ke lokasi. Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil.

HARGA TIKET MASUK

Harga tiket masuk di lokasi ini cukup murah. Namun perlu Anda ketahui bahwa ini hanya tiket masuknya. Jika Anda menginginkan menggunakan fasilitas lain yang berbayar tentu akan dikenakan charge tersendiri. Akan tetapi Anda juga diberikan fasilitas dalam bentuk paket yang lebih murah.

Besarnya tiket per Oktober 2017 adalah:

Harga tiket masuk (hari biasa) : Rp 3.000,-/orang

Harga tiket masuk (hari libur dan Sabtu Minggu) : Rp 5.000,-/orang

Harga parkir mobil : Rp 4.000,-/unit

Harga parkir sepeda motor : Rp 2.000,-/unit

OBYEK WISATA TERDEKAT

Obyek wisata lain diekitar Goa Rong View adalah:

  1. Danau Rowo Pening

Selain keindahan danau yang dihiasi dengan enceng gondok yang bertebaran, Rowo Pening juga merupakan sentra industri kerajinan dari enceng gondok. Obyek wisata ini dilengkapi dengan perahu tradisional yang siap mengantar Anda mengelilingi danau seluas ribuan hektar. Di lokasi ini juga banyak menyediakan tempat pemancingan alam.

  1. Eling Bening

Obyek wisata Eling Bening ini juga terletak perbukitan disekitar Goa Rong, namun dengan pemandangan alam ke arah Kabupaten Semarang. Obyek wisata Eling Bening ini dilengkapi dengan Camping Ground, Ruang Outbond, Kolam Renang, Hotel, Resto dan Kafe.

  1. Kampung Rowo

Kampung Rowo sebagai tempat wisata kuliner yang banyak dikunjungi karena tempatnya yang nyaman berada diatas permukaan air pada sebuah rumah apung. Di kampung rowo ini juga tersedia kapal yang siap mengantar Anda untuk menikmati keindahan alam sekitar rawa.***

Advertisement
advertisement
Goa Rong View: Gunakan Jembatan Selfi untuk Menikmati Pesona Alam Rowo Pening dan Sekitarnya | Amin | 4.5
Leave a Reply