Hindarilah 8 Akibat Penggunaan Facebook yang dapat Menghancurkan Hidupmu

By On Thursday, September 21st, 2017 Categories : Gadget

Facebook merupakan salah satu media jejaring sosial (medsos) yang sangat popular di dunia termasuk Indonesia. Berdasarkan anual report situs resmi Facebook bahwa jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user / MAU) Facebook sudah mencapai 2 miliar dan diduga pertumbuhan pengguna Facebook terus meningkat.

Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai ratusan juta. Bahkan sudah menduduki lima besar pengguna Facebook di dunia.

Facebook terbukti dapat memberikan manfaat yang begitu banyak, mulai untuk mempererat tali persahabatan hingga ladang mencari uang. Namun perlu Anda ketahui bahwa media social termasuk Facebook ini memiliki dampak yang sangat mengerikan hingga dapat menghancurkan hidup Anda.

Akhir-akhir ini sering kali terjadi kasus perceraian, perselingkuhan, pembunuhan, pelecehan hak, dan penindasan yang dipicu oleh cara menggunakan Facebook yang tidak benar.

Pada awal menggunakan Facebook mungkin belum tampak dampaknya namun setelah beberapa tahun barulah Anda dapat rasakannya.

Inilah 9 dampak negatif menggunakan Facebook yang dapat menghancurkan hidup Anda, yaitu:

  1. Pemalas

Menjalin hubungan interaksi antar sesama manusia adalah sifat kodrat manusia yang tidak dapat ditinggalkan. Kini, Facebook merupakan salah satu media komunikasi yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, selain itu berkomunikasi dengan menggunakan Facebook sangat hemat biaya jika dibandingkan dengan media komunikasi yang lain.

Selain itu, Facebook juga memiliki daya tarik tersendiri yang sangat menyenangkan. Dengan bermodalkan Smartphone, Anda dapat terhubung dengan semua pengguna Facebook di dunia yang tak henti-hentinya selalu ada hal-hal baru yang diposting melalui status dari para pengguna Facebook.

Begitu Anda membuka Facebook, di saat itulah Anda sebenarnya membuka peluang diri untuk terus mengadakan interaksi dengan sesama penguna Facebook tanpa henti. Semakin banyak teman yang Anda link maka semakin asyik dalam percakapan di Facebook karena semakin ramai yang menanggapi.

Kalau sudah begini, biasanya Anda sudah sulit untuk meninggalkan HP hanya barang sebentar saja. Sehingga Anda akan dihantui perasaan malas untuk mengerjakan pekerjaan rutinitas harian Anda.

  1. Ketagihan

Bagi Anda yang sudah dapat menikmati keasyikan menggunakan Facebook pasti tidak akan betah jika tidak membukanya walau hanya sehari. Bahkan ada juga yang baru beberapa menit saja tangannya sudah gatel untuk membuka Facebook.

  1. Narsis dan Suka Pamer

Facebook yang dikemas dengan mudahnya mengupdate status yang tidak hanya dalam bentuk tulisan namun juga foto dan video maka aktifitas narsis (selfie) dan suka pamer mulai merebak. Namun sebenarnya apakah manfaatnya dengan sering narsis dan suka memamerkan semua apa yang Anda miliki itu?

Bagi yang memiliki bisnis tertentu mungkin juga narsis dan pamer sangat penting untuk membantu kesuksesan bisnis Anda. Akan tetapi bagi yang tidak memiliki tujuan tertentu selain untuk kepuasan diri sendiri mungkin lebih banyak modhorotnya.

Bagi orang lain yang tidak menyukai dengan Anda, mereka malah mencemooh posting Anda. Bahkan dapat mengancam diri Anda sendiri.

  1. Menyita Waktu

Bagi yang sudah memiliki ketergantungan dengan Facebook, seolah-olah mengkases Facebook adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditinggalkan. Sesibuk apapun aktifitasnya selalu pintar untuk menyisihkan waktu untuk membuka Facebook walau sebentar.

Kalau tidak membuat status baru mungkin hanya sekedar baca-baca status orang lain atau sekedar memberikan Like pada posting yang dicocokinya.

Anehnya lagi ada juga pengguna Facebook yang aktif membuka Facebook tapi tidak aktif dalam menuliskan statusnya atau postingnya. Mereka itu hanya sekedar baca-baca status orang lain dan sesekali memberikan Like jika benar-benar mereka sukai. Seolah-olah mereka hanya ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari pengguna Facebook tanpa mau membagikan pengalamannya pada pengguna Facebook yang lain. Namun bagaimanapun juga, dapat memberikan sesuatu kepada orang lain itu lebih baik dari pada menerima pemberian orang lain… ya khan..

  1. Komunikasi Menurun

Dengan merebaknya sosmed dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Dengan Facebook memungkinkan Anda dapat berinteraksi dengan pengguna Facebook lain di seluruh dunia tanpa ada batas sehingga interaksi akan terasa dekat. Iroisnya, setelah diadakan kumpul-kumpul dengan teman atau saudara seringkali malahan mereka lebih asyik bermain dengan gadget-nya masing-masing. Sehingga komunikasi secara langsung akan semakin menurun.

  1. Depresi

Efek negatif dari Facebook ini muncul ketika Anda membaca atau melihat status teman Anda yang membuat Anda menjadi rendah diri. Misalnya ada teman Anda yang meng-upload  foto bersama kekasihnya yang sedang bermesraan, sedangkan Anda tidak memiliki pasangan hidup atau baru putus cinta.

  1. Selingkuh

Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak, Facebook juga memungkinkan digunakan untuk mojok atau berduaan saja. Nah, apabila Anda sering mojok dengan lawan jenis pasti lambat laun akan ada perasaan cinta yang mulai bersemi. Apabila Anda belum memiliki pasangan pasti tidak akan menjadi masalah. Tapi jika Anda sudah bersuami atau beristri, inilah yang menjadi sumber malapetaka.

  1. Hilangnya Privasi

Media sosial Facebook bukanlah sebuah ruang hampa yang kedap suara namun sebuah media yang mudah tercium bagi penggunanya. Apapun yang Anda tulis di Facebook pasti akan mudah diketahui

Demikianlah 8 dampak menggunakan Facebook yang dapat menghancurkan hidupmu yang perlu Anda waspadai. Perlu Anda ketahui bahwa dampak negatif ini akan terasa setelah sekian lama menggunakan media sosial yang satu ini. Jadi, dalam menggunakan Facebook alangkah baiknya Anda gunakan dengan seperlunya saja, jangan sampai over.*

Hindarilah 8 Akibat Penggunaan Facebook yang dapat Menghancurkan Hidupmu | Amin | 4.5
Leave a Reply