Inilah Cara Cepat dan Mudah Mengerjakan Skripsi bagi Mahasiswa

By On Wednesday, October 25th, 2017 Categories : Edukasi
Advertisement
advertisement

Skripsi merupakan salah satu dari mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa agar mendapat gelar kesarjanaannya. Mata kuliah ini biasanya memiliki bobot SKS yang paling tinggi dibanding dengan mata kuliah lain, sehingga dibutuhkan waktu dan konsentrasi yang lebih banyak untuk dapat menyelesaikannya.

Sebagian mahasiswa melewati tahapan ini dengan mulus, tanpa ada kendala yang berarti. Namun ada juga yang merasa sangat terbebani. Sampai-sampai mereka beranggapan kalau dosen pembimbingnya telah mengerjai, karena begitu banyak tuntutan.

Secara normal waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan srkipsi adalah satu semester. Akan tetapi dalam kenyataannya ada juga mahasiswa yang mengerjakannya hingga bertahun-tahun.

Menurut pengamatan saya sebagai dosen selama lebih dari 10 tahun ini, bahwa tidak selamanya mahasiswa yang pandai dalam semua mata kuliah itulah yang cepat lulus. Namun kadangkala justru mahasiswa yang biasa-biasa sajalah yang lebih cepat dalam menyelesaikan skripsi ini.

Berikut ini adalah 19 hal yang dapat Anda ikuti agar cepat dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, yaitu:

  1. Tentukan Topik Skripsi Sedini Mungkin

Skripsi biasanya bisa diambil setelah menyelesaikan semua mata kuliah sehingga inilah yang menyebabkan kenapa skripsi ini juga disebut sebagai tugas akhir. Namun demikian jangan sampai Anda menentukan topik kuliah baru setelah menyelesaikan semua mata kuliah. Ini terlambat..

Begitu menginjak ke semester tiga sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran mengenai topik skripsi yang akan Anda lakukan nanti. Dengan demikian Anda akan memiliki waktu yang cukup panjang dalam menyiapkannya.

  1. Jangan Abaikan Mata Kuliah yang Mendukung Topik Skripsi

Dalam membuat skripsi dibutuhkan beberapa mata kuliah yang mendukung topik yang Anda ambil. Mata kuliah pendukung sebaiknya Anda kuasai dengan benar sebelum mengambil skripsi agar tidak kebingungan dalam merencanakan dan menulis bab demi bab dalam skripsi.

Selain itu, ada baiknya Anda mendalami Bahasa Inggris karena buku-buku referensi, jurnal penelitian dan artikel-artikel yang terbaru banyak yang menggunakan Bahasa Inggris dalam penyampaiannya.

  1. Pilihlah Dosen Pembimbing yang Tepat

Peranan dosen pembimbing sangat menentukan cepat tidaknya Anda mengerjakan skripsi. Pilihlah dosen yang memang benar-benar memiliki keahlian sebidang dengan topik skripsi Anda. Biasanya para dosen sudah memiliki pengalaman yang banyak dibidangnya masing-masing sehingga proses bimbingan akan menjadi lancar.

  1. Kenali Calon Dosen Pembimbing

Tidak ada salahnya jika Anda menjalin kedekatan dengan calon pembimbing skripsi sebelum memulai mengerjakannya. Anda dapat mengawali dengan sekedar bertanya-tanya seputar topik skripsi yang Anda inginkan.

Untuk mengenali dosen dalam bidang akademiknya, Anda dapat browshing di internet dengan melihat hasil karya dosen tersebut. Beberapa karya dosen yang penting Anda ketahui adalah jurnal publikasi, hasil penelitian, buku ajar dan pengabdian masyarakat yang dilakukannya.

  1. Ambillah Topik Skripsi yang Anda Sukai

Jangan sampai Anda memilih topik yang sama sekali tidak Anda sukai. Ini sangat berbagaya. Ingat, jika Anda sudah cinta dengan sesuatu maka sesulit apapun maka sesuatu itu akan dapat Anda raih dengan pengorbanan yang ikhlas. Dan akan menjadi mudah.

  1. Ukurlah Kemampuan Anda

Terlalu idealis dalam menentukan topik skripsi biasanya tidak menguntungkan. Pilihlah topik skripsi yang menurut Anda paling mudah untuk dikerjakan. Jangan sampai karena ambisi untuk mengejar topik skripsi yang baru ngetrend namun Anda tidak memiliki modal yang cukup. Modal untuk mengerjakan skripsi dengan cepat adalah kemampuan pikir, minat

  1. Buat Planning dengan Jelas

Planning merupakan sebuah keharusan yang harus Anda rencanakan sebelum memulai membuat skripsi. Planning ini meliputi semua aktivitas yang akan Anda lakukan mulai awal hingga selesainya skripsi.

Beberapa contoh planning yang perlu Anda tentukan dengan tegas adalah berapa kali Anda harus menghadap ke dosen pembimbing untuk konsultasi dalam setiap bulan. Berapa kali Anda harus menghadap dosen pembimbing dalam menyelesaikan proposal. Minggu keberapakah Anda targetkan untuk menyelesaikan bab demi bab dalam dakumen skripsi hingga sampai pada bab kesimpulan.

  1. Disiplin

Segala sesuatu yang mendukung kelancaran mengerjakan skripsi sudah Anda siapkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu planning juga sudah Anda buat dengan bagus. Namun jika Anda tidak memiliki komitmen yang kuat dalam menepati planning yang sudah Anda buat, maka akan menjadi sia-sia.

  1. Hindari Rasa Malas

Beberapa kendala yang dialami oleh sebagian mahasiswa dalam mengerjakan skripsi adalah munculnya rasa malas. Biasanya perasaan malas ini muncul ketika Anda terbentur dengan permasalahan yang sulit ditemukan penyelesaiannya, misalnya mencari buku referensi yang sulit, belum dapat menemukan metode yang tepat, dan lain-lain. Nah, apabila Anda tidak segera menyelesaikannya inilah yang menjadi pemicu rasa malas itu.

  1. Buat Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan yang mendukung dalam penyelesaian skripsi adalah tenang, nyaman dan sportif. Hal ini dapat Anda ciptakan dengan ruang tempat tinggal yang bersih, tidak terlalu ramai dan tersedia peralatan yang cukup untuk mengerjakan skripsi.

Banyaklah bergaul dengan mahasiswa-mahasiswa yang sudah di tingkat akhir, atau mahasiswa yang sudah berpengalaman mengerjakan skripsi.

  1. Carilah Motivasi Diri

Beberapa hal yang dapat memotivasi diri Anda dalam menyelesaikan skripsi adalah: mengingat biaya kuliah yang tidak murah (tidak semua orang mampu untuk kuliah), kelulusan Anda sangat dinantikan oleh kedua orang tua, ditunggu kekasih, peluang kerja yang baru ngetrend, dan lain-lain.

  1. Ketahuilah Kesukaan Dosen Pembimbing

Bagaimanapun juga, dosen adalah juga seorang manusia yang pada umumnya merasa senang jika mendapatkan apresiasi atas hasil karyanya. Anda dapat memanfaatkan ini dengan menggunakan hasil karya dosen pembimbing sebagai sumber referensi dalam membuat skripsi.

  1. Fokus dalam Mengerjakan

Berbeda dengan mata kuliah yang lain, skripsi merupakan mata kuliah khusus yang dalam pembahasannya meliputi berbagai mata kuliah yang saling kait-mengait. Sehingga pembahasan dalam skripsi ini adalah sangat komplek. Oleh karena itu kalau Anda tidak fokus dalam mengerjakannya pasti akan terkatung-katung.

Jika Anda adalah aktivis kampus, alangkah baiknya Anda kurangi keterlibatan Anda di dalam organisasi terlebih dahulu.

  1. Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh adalah sangat penting karena mengerjakan skripsi sangat erat kaitannya dengan usaha keras dan bahkan sampai larut malam. Anda harus tetap memperhatikan waktu kapan saat makan, tidur yang cukup dan seminggu sekali untuk refreshing.

  1. Shearing dengan Mahasiswa yang Lebih Senior

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Mahasiswa yang lebih senior dapat Anda manfaatkan sebagai sumber informasi terbaik dalam menentukan calon dosen pembimbing, mengetahui bagaimana beberapa dosen yang dia ketahui dalam cara membimbing mahasiswa dan bagaimana karakter dosen yang dia ketahui. Informasi ini sangat berguna untuk memantapkan dalam pengambilan skripsi.

  1. Mintalah Bantuan Orang Lain untuk Mengecek Tulisan Anda

Apabila memungkinkan, mintalah teman dekat Anda untuk sekedar memberi masukan terhadap apa yang sudah Anda tulis di dokumen skripsi. Kadangkala apa yang kita maksud di tulisan itu tidak dapat dipahami oleh orang lain.

  1. Mohon Do’a Restu Orang Tua

Saat mau kuliah tentunya Anda sudah mohon ijin pada orang tua untuk minta do’a restunya agar kuliah yang Anda tempuh dapat berjalan dengan lancar. Namun tidak ada salahnya jika saat mau ambil mata kuliah tugas akhir ini Anda mohon do’a restu juga dalam mengerjakannya dapat lancar dan barokah.

  1. Targetkan dengan Tegas

Apa yang akan Anda lakukan sebelum mengerjakan skripsi alangkah baiknya Anda tentukan dengan dead line yang jelas. Kapan Anda mengajukan proposal hingga berhasil. Kapan Anda menyelesaikan bab demi bab dalam isi skripsi. Kapan Anda melakukan ujian skripsi.

  1. Usaha keras dan berdo’a

Berusaha keras adalah kunci dari semua kesusuksesan dari semua hal. Namun bagaimanapun juga kesuksesan itu tidak akan terwujud jika tanpa kehendak-Nya. Oleh karena itulah jangan lupa untuk selalu berd’oa disetiap ada kesempatan.

Demikianlah 19 hal yang penting untuk Anda perhatikan agar sukses dalam mengerjakan skripsi. Kalau saya sendiri, mata kuliah yang paling aku senangi adalah skripsi. Karena dari mata kuliah itulah saya seolah-olah diberikan kesempatan untuk dapat menuangkan semua ide kreatif yang ada di otak. Alhamdulillah untuk Tugas Akhir (TA) S1 saya dapat terselesaikan dalam waktu tiga bulan. Sedangkan thesis S2 saya dapat terselesaikan dalam lima bulan. Semoga dengan mencermati 19 hal ini dapat memberikan pencerahan dan motivasi bagi para mahasiswa yang tengah mempersiapkan skripsinya.*

Advertisement
advertisement
Inilah Cara Cepat dan Mudah Mengerjakan Skripsi bagi Mahasiswa | Amin | 4.5
Leave a Reply