Kenali 14 Pilihan Profesi setelah Lulus SMU dan SMK

By On Wednesday, May 3rd, 2017 Categories : Edukasi
Advertisement
advertisement

Setelah lulus sekolah, mau ke manakah Anda melangkah? Ini merupakan pertanyaan yang sering kali muncul ketika Anda baru saja menamatkan belajar. Pertanyaan seperti itu dapat berasal dari dalam diri Anda sendiri maupun dari orang lain yang bertemu Anda. Sebagian orang ada yang diarahkan oleh orang tuanya untuk melanjutkan sekolah karena orang tuanya mampu untuk membiayai kuliah. Namun ada juga sebagian yang harus memutuskan untuk berhenti kuliah karena faktor biaya.

Bagi yang akan melanjutkan kuliah mungkin persoalan akan lebih sederhana karena tujuannya sudah jelas. Tapi, bagi yang memutuskan untuk tidak kuliah maka akan menghadapi berbagai pertimbangan untuk dapat menentukan jenis profesi yang pas untuk dirinya. Bahkan, tidak sedikit yang mengalami kebingungan dalam memutuskan karena kurangnya percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang dapat Anda jadikan pilihan setelah lulus sekolah menengah atas, yaitu:

  1. Mahasiswa

Modal utama untuk menjadi mahasiswa adalah kemampuan akademik dan semangat mencari ilmu. Bagi yang malas untuk diajak berfikir lebih baik tidak menjalani profesi ini. Apabila terpaksa Anda jalani maka hasilnya pasti kurang memuaskan.

Untuk dapat diterima ke perguruan tinggi, ada tiga jalur yang dapat Anda tempuh, yaitu jalur test, non test dan beasiswa. Apabila Anda memilih jalur test atau reguler maka Anda harus mengikuti ujian seleksi terlebih dahulu. Biasanya test yang dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer atau Computer Base Test (CBT).

Namun apabila Anda memiliki prestasi yang menonjol atau bakat khusus dapat mengikuti jalur non test. Jalur non test ini terdiri dari Penelusuran Mahasiswa Berprestasi (PERMASI) dan Penelusuran Bakat dan Minat (PEMIKAT). Dan apabila Anda prestasi di bidang olah raga dapat mengikuti jalur beasiswa misalnya Program Beasiswa Penelusuran Atlet KONI (PERKONI). Sedangkan bagi Anda yang merasa terbebani dalam pembiayaan kuliah dapat mengajukan Program Beasiswa Dhu’afa (PROBEA / BIDIK MISI).

Secara umum, terdapat dua program dalam mendaftar di Perguruan Tinggi yaitu Program Strata Satu (S1), Program Diploma (D3) dan Polyteknik. Program S1 memfokuskan pada desain dan perancangan (mata kuliah teori lebih banyak dari pada praktek). Sedangkan program D3 dan Polyteknik banyak menekankan pada skill (mata kuliah teori lebih sedikit dari pada praktek).

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dalam mencari perguruan tinggi adalah jurusan atau bidang konsentrasi yang akan diambil. Bidang konsentrasi sebaiknya Anda pilih menurut minat dan bakat Anda. Telah banyak terjadi kasus kegagalan kuliah yang disebabkan karena jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan bakat dan minatnya.

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan SMU dan SMK dapat menjadi pegawai pemerintah atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagi Anda yang menginginkan pekerjaan ini harus menunggu Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka oleh pemerintah daerah atau pusat. Lowongan CPNS biasanya dibuka serentak di beberapa daerah.

  1. Karyawan Swasta

Faktor dominan supaya dapat bekerja sebagai karyawan swasta adalah memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Bagi lulusan SMU mungkin bisa bekerja di administrasi kantor. Sedangkan bagi lulusan SMK dapat bekerja menurut jurusan yang diambil saat masih sekolah, misalnya sebagai mekanik di perusahaan otomotif, reparasi di bengkel elektronik, operator mesin industri, operator mesin jahit di perusahaan garmen, dan lain-lain.

  1. Petani dan Peternak

Bagi yang suka memelihara hewan dapat mencoba memulai untuk beternak hewan yang cepat menguntungkan, seperti beternak ikan lele, beternak kambing dan beternak jangkrik. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk dapat beternak minimal tahu cara beternak yang benar. Anda dapat browsing untuk mendapatkan informasi cara beternak yang benar.

  1. Mekanik dan Reparasi

Pekerjaan di bidang mekanik contohnya adalah mekanik di mesin-mesin industri, mekanik mobil dan mekanik sepeda motor. Sedangkan yang termasuk profesi reparasi adalah reparasi peralatan elektronik seperti kulkas, AC, mesin cuci, pompa air, kompor gas, kipas angin dan setrika.

Jangan beranggapan bahwa yang dapat menjadi mekanik itu hanya dari lulusan SMK. Banyak lulusan SMU yang bekerja sebagai mekanik di bengkel mobil. Hal ini memang dapat dibenarkan karena sebelum menjadi mekanik utama di sebuah bengkel, biasanya pekerja yang masih baru dan belum memiliki pengalaman kerja tidak diperbolehkan untuk menjadi mekanik utama. Biasanya pekerja yang baru itu diberi kesempatan sebagai asisten yang bertugas untuk membantu mekanik utama.

  1. Desain Grafis

Bagi Anda yang menyukai kegiatan melukis dapat menyalurkan bakatnya ke pekerjaan desain grafis. Sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan begitu luasnya lapangan pekerjaan desain grafis. Jasa desain grafis seperti pembuatan logo, kop surat, surat undangan dan lain-lain. Skill yang harus dimiliki adalah penguasaan komputer dalam hal grafis.

  1. Makelar

Bagi Anda yang menyukai marketing dan jual beli dapat mencoba profesi ini. Biasanya barang yang sering diperjual belikan adalah kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Untuk memulai profesi ini alangkah baiknya mencoba dengan modal yang kecil terlebih dahulu, mislnya jual beli sepeda motor.

  1. Seniman

Pada mulanya banyak yang mencibir dengan profesi ini, karena dipandang kurang menghasilkan, tidak memiliki jabatan dan cenderung hanya sebagai hiburan. Namun sekarang ini justru yang menghasilkan pendapatan yang cukup fantastik, misalnya sebagai artis. Namun predikat seniman itu tidak hanya artis dan penyanyi saja tapi juga pelukis dan pengrajin.

  1. Tentara

Terdapat tiga kategori dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu angkatan darat, laut dan udara. Perekrutan dan pendidikan TNI atau Angkatan Bersenjata Republik Indonesia / ABRI ini dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu: Tamtama, Bintara dan AKMIL (Akademi Militer).

  1. Polisi

Terdapat empat macam seleksi di kepolosian yaitu Tamtama, Bintara, Bintara Khusus dan AKPOL. Seperti halnya AKMIL, AKPOL merupakan akademi dengan ikatan dinas yang terbuka bagi lulusan sekolah menengah.

  1. Bisnis Online

Bisnis online dapat Anda lakukan dengan menjadi reseller atau membuka toko online sendiri. Terdapat banyak penyedia toko online secara gratis yang dapat Anda pilih, seperti Buka Lapak, Toko Pedia, OLX dan Ebuy. Selain itu Anda juga dapat menjadi drop shipping yang hanya sebagai perantara bagi pembeli untuk mendapatkan barangnya tanpa harus mngeluarkan modal banyak.

  1. Blogger

Banyak yang kurang peduli dengan pekerjaan yang satu ini, yaitu sebagai blogger. Banyak yang tidak menyangka kalau blogging itu dapat mendatangkan uang. Kebanyakan orang tidak sabar dalam menjalani profesi ini. Namun apabila blogging ini ditelateni juga dapat menguntungkan bahkan dapat melebihi pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan.

  1. Ibu Rumah Tangga

Bagi perempuan yang sudah siap untuk menikah dapat membina rumah tangga dengan cara berkeluarga. Namun untuk menjadi ibu rumah tangga itu tidaklah mudah. Selain harus mengatur dirinya sendiri juga dituntut untuk dapat mengatur isi rumah tangganya, suaminya dan anak-anaknya (bila sudah memiliki anak).

  1. Pengangguran

Apabila Anda harus menunggu untuk diterima di perguruan tinggi sebagai pilihan Anda, maka alangkah baiknya diwaktu menunggu itu Anda pergunakan untuk menambah pengalaman. Anda dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dan kursus yang mendukung studi Anda nanti.

Demikianlah 14 pilihan profesi yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif setelah lulus dari sekolah menengah atas. Sebenarnya masih banyak lagi pilihan profesi bagi lulusan sekolah menengah atas ini. Menjadi sopir, pedagang keliling, maupun pekerja serabutan, itu semua merupakan pilihan profesi halal yang dapat dijalankan oleh para lulusan sekolah menengah atas.* (/pic:tribunnews.com)

Advertisement
advertisement
Kenali 14 Pilihan Profesi setelah Lulus SMU dan SMK | Amin | 4.5
Leave a Reply