Ketahui Alasan Memilih Nitrogen untuk Isi Angin Ban Kendaraan

By On Friday, June 23rd, 2017 Categories : Otomotif
Advertisement
advertisement

Apakah yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan nitrogen sebagai pengisi ban kendaraan? Sepintas memang tidak ada perbedaan yang mencolok antara menggunakan nitrogen atau angin biasa dari kompresor. Secara sepintas memang tidak ada bedanya, apalagi keduanya sama-sama berupa angin yang tidak dapat dibedakan dengan alat panca indera kita. Namun apabila ditinjau dari segi iptek, nitrogen memiliki keunggulan dari pada angin biasa jika dipergunakan untuk mengisi ban kendaraan.

Berikut ini adalah beberapa sifat nitrogen yang menguntungkan sebagai pengisi ban kendaraan bermotor Anda, yaitu:

  1. SUHU NITROGEN LEBIH RENDAH DARI PADA ANGIN BIASA

Menurut Wikipedia bahwa Nitrogen mengembun pada suhu 77oK (-196oC) pada tekanan atmosfer, dan membeku pada suhu 63oK (-210oC). Sifat nitrogen yang seperti itu menyebabkan temperatur nitrogen tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan disekitar kita yang sekitar 30oC. Jadi, nitrogen lebih stabil dari pada angin biasa.

Berbeda dengan angin biasa yang sangat mudah sekali dipengaruhi oleh suhu lingkungan sekitar. Jika suhu lingkungan mengalami kenaikan (terutama pada siang hari), angin yang ada di dalam ban akan memuai dan mengembang sehingga menyebabkan tekanan ban kendaraan akan menjadi lebih tinggi (ban terasa lebih kencang / keras). Namun jika udara lingkungan semakin rendah (malam hari), angin yang mengisi ban akan menyusut sehingga tekanan ban kendaraan akan menjadi lebih rendah (ban terasa sedikit lebih kempes).

Keuntungan sifat nitrogen yang stabil pada berbagai suhu lingkungan disekitar kita adalah:

1. Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Ban yang diisi dengan nitrogen tidak terpengaruh dengan suhu lingkungan sekitar sehingga tekanan ban tidak berubah dengan berubahnya temperatur lingkungan Anda berada, kapan saja dan di mana saja Anda berada. Tekanan ban yang tidak tepat sangat membahayakan dalam berkendara. Kendaraan akan menjadi tidak stabil dan mudah terjadi kecelakaan.

2. Menghemat Bahan Bakar

Tekanan ban yang rendah dapat menghambat laju kendaraan karena bidang permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan menjadi tidak merata. Sehingga kendaraan yang Anda kendarai terasa lebih berat.  Sebagai kompensasinya, kendaraan Anda membutuhkan power atau tenaga yang lebih kuat untuk menjalankannya. Efeknya adalah kendaraan akan menjadi lebih boros karena mengkonsumsi bahan bakar yang semakin banyak.

Namun jika tekanan ban kendaraan Anda sudah tepat (sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan) maka permukaan ban kendaraan akan menempel di permukaan jalan dengan lebih sempurna sehingga dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan.

3. Tetap Nyaman Berkendara di Semua Cuaca

Karena tekanan ban kendaraan selalu stabil dalam segala cuaca Anda berada maka Anda dapat menikmati kenyamanan berkendara dalam segala waktu, baik pada waktu malam hari yang dingin atau di waktu siang hari dengan terik matahari yang menyengat sekalipun.

4. Terhindar dari Ledakan Ban

Ban kendaraan bermotor bisa meledak karena beban muatan yang terlalu tinggi (melebihi batas maksimal yang diijinkan). Perlu Anda ketahui bahwa jika angin biasa yang Anda gunakan untuk mengisi ban kendaraan ada kemungkinan akan mengalami kenaikan tekanan dengan sendirinya pada saat udara disekitar Anda naik (siang hari). Ketika ban dalam kondisi tekanan berlebihan lalu melintasi jalan terjal bebatuan itulah yang dapat menyebabkan pecahnya ban kendaraan.

  1. UKURAN PARTIKEL NITROGEN LEBIH BESAR DARI PADA ANGIN BIASA

Keuntungan yang dapat diambil dari ukuran partikel nitrogen yang lebih besar dari partikel udara biasa adalah:

1. Kuantitas Pengisian Kembali Lebih Lama

Lama kelamaan angin yang ada di ban kendaraan akan semakin berkurang karena ada sebagian angin yang keluar melalui celah pori-pori ban. Berdasarkan beberapa literatur bahwa partikel angin biasa adalah lebih kecil dari pada nitrogen sehingga secara logika nitrogen lebih betah tinggal di dalam ban dari pada angin biasa. Sehingga Anda dapat lebih jarang melakukan pengisian kembali jika pakai nitrogen.

2. Kenyamanan Berkendara Anda tidak Terganggu

Salah satu hal yang tidak kita sukai ketika dalam berkendara adalah tiba-tiba tekanan ban kendaraan menjadi turun secara drastis, apalagi pas berada pada lokasi yang jauh dari tempat pengisian angin ban. Dengan menggunakan nitrogen sebagai pengisi ban kendaraan, Anda akan semakin jarang melakukan pengisian dalam waktu dekat sehingga perjalanan berkendara Anda tetap nyaman tanpa ada gangguan.

  1. NITROGEN BERSIFAT NON – CORROSIVE

Banyak yang mengatakan bahwa nitrogen adalah zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif berekasi dengan unsur lainnya. Oleh karena itulah nitrogen memiliki sifat non corrosive atau tidak bersifat oksidator. Sifat ini sangat menguntungkan jika dipergunakan sebagai pengisi ban kendaraan pengganti angin biasa. Beberapa keuntungan dengan sifat non corrosive dari nitrogen terhadap ban kendaraan bermotor Anda yaitu:

1. Ban tidak Mengalami Kebocoran Akibat Korosi

Penyebab korosi pada ban dan velg kendaraan adalah adanya udara luar (terutama yang mengandung H2O) yang bersinggungan dengan permukaan ban dan velg. Padahal angin biasa merupakan udara luar yang banyak mengandung H2O, sedangkan nitrogen sudah bebas H2O. Pada umumnya memang nitrogen juga berasal dari udara biasa yang kaya akan H2O namun sudah melalui proses pemisahan sehingga nitrogen sudah benar-benar bebas dari H2O. Sehingga nitrogen tidak dapat menyebabkan korosi pada ban maupun velg kendaraan Anda.

Perlu diketahui bahwa penyebab bocornya ban tidak hanya berasal dari paku yang menancap di ban, melainkan dapat berasal dari tutup pentil atau batas permukaan ban denga velg yang sudah mengalami korosi.

2. Elastisitas Bahan Ban Terjamin

Salah satu penyebab menurunnya kemampuan elastisitas bahan ban adalah korosi. Apabila kemampuan elastisitas ban sudah turun tentunya ban akan terasa lebih keras dan kaku, sehingga kendaraan tidak akan nyaman lagi untuk dikendarai.

3. Umur Pakai Ban lebih awet

Kerusakan ban disamping ausnya permukaan ban paling luar juga karena bagian dalam ban yang mengalami keropos akibat korosi.

4. Biaya Perawatan Kendaraan Lebih Ekonomis

Apabila dibandingkan antara ban yang diisi angin biasa dan ban yang diisi nitrogen, ternyata ban yang diisi nitrogen lebih awet karena di samping ban tidak cepat aus di bagian permukaan luarnya juga tidak mengalami keropos akibat korosi. Sehingga dengan menggunakan nitrogen sebagai pengisi ban kendaraan maka akan menjadi lebih hemat dalam perawatan ban kendaraan.

Demikianlah beberapa sifat nitrogen yang menguntungkan jika Anda pergunakan untuk mengisi ban kendaraan bermotor. Memang harga nitrogen relatif lebih mahal sedikit dari pada angin biasa, namun jika dilihat dari segi kualitasnya ternyata nitrogen lebih menguntungkan. Terlebih lagi, nitrogen lebih memberikan kenyamanan dalam berkendara dan dapat lebih menghemat biaya perawatan ban.(/pic:green-nitrogen.com)*

Advertisement
advertisement
Ketahui Alasan Memilih Nitrogen untuk Isi Angin Ban Kendaraan | Amin | 4.5
Leave a Reply