by

Manfaatkan Kerjasama Content Placement Guna Menambah Penghasilan Blog Anda

-Blogging-1,428 views

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih menyebabkan sebuah blog dan website memiliki peranan utama di dunia maya. Betapa tidak, kebanyakan informasi yang beredar di internet berasal dari dua media tersebut. Anehnya, akfivitas blogging tidak sehangat sepuluh tahun yang lalu. Apalagi sejak viralnya social media Facebook, seolah-olah blogger sudah beralih profesi. Padahal blog tidak sekedar untuk media pertemanan, berbagi pengalaman dan curhat. Akan tetapi blog dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan yang dapat di handalkan. Bahkan penghasilan dari sebuah blog dapat melebihi penghasilan dari kerja kantoran.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menguangkan blog (monetisasi blog) tersebut. Caranya cukup beragam, mulai dari pasang iklan, paid review, jualan produk, jualan jasa dan mengikuti program afiliasi. Ada cara monetisasi blog yang tergolong masih baru yaitu dengan mengadakan kerjasama content placement.

Kerjasama content placement dapat Anda lakukan dengan pihak perusahaan yang menginginkan profil perusahaannya dapat viral melalui situs atau blog yang Anda kelola. Biasanya pihak perusahaan akan mengajukan penawaran terlebih dahulu. Jika Anda menerima kesepakatan itu maka pihak perusahaan akan memberikan sebuah reword berdasarkan kesepakatan yang Anda buat tadi. Reword akan diberikan oleh pihak perusahaan jika Anda sudah mempublish konten yang dikirimkan di blog Anda. Bedanya dengan paid review adalah kalau paid review biasanya blogger sendirilah yang menulis konten tersebut.

Di artikel singkat ini, saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai kerjasama content placement dengan perusahaan travel agent terbesar di Indonesia. Saya tidak akan memfokuskan pada perusahaan travel tersebut melainkan lebih mengarah ke apa itu kerjasama content placement dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

PENGERTIAN

Kerjasama konten placement merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan antara pihak pemasang konten dengan blogger. Pihak pemasang konten dapat berasal dari mana saja, biasanya perusahaan-perusahaan yang sudah mapan dan punya uang tentunya, atau bisa juga blogger yang sudah popular. Mudahnya, pihak perusahaan menitipkan sebuah artikel yang telah dibuat guna di posting ke blog Anda. Harapannya, perusahaan tersebut semakin popular dan viral di internet.

PERSYARATAN

Pihak perusahaan pemasang konten tidak sembarangan untuk menentukan blog yang akan dijadikan klien. Tentunya pihak perusahaan menentukan pilihan pada blog yang sudah popular karena melalui blog itulah perusahaan dapat meningkatkan brandnya.

Beberapa kriteria yang dijadikan pertimbangan pihak perusahaan pemasang konten dalam menentukan blog sebagai klinen adalah:

  1. #TrafficBlog cukup baik
  2. Blog tidak dianggap Spam oleh search engine
  3. DA dan PA memenuhi syarat
  4. Blog yang sering di update
  5. Pengunjung blog ramai
  6. Page rank blog cukup baik
  7. Track record blog tidak bermasalah
  8. Potensi blog berkemang dengan baik
  9. Blog tidak plagiarisme (hasil copy paste blog orang lain)
  10. Konten blog masih sejalur dengan perusahaan pemasang konten

PROSEDUR KERJA

Pihak perusahaan pemasang konten mencari blog yang dianggap sudah mapan dan isi blog relevan dengan konten yang akan dititipkan. Setelah pihak perusahaan mendapatkan blog yang tepat barulah pihak perusahaan menghubungi pemilik blog untuk menawarkan kerjasama. Selanjutnya pihak perusahaan akan mengirimkan artikel ke blogger untuk di review.

Apabila Blogger sudah merasa cocok dengan artikel yang dikirimkan pihak perusahaan, Blogger di persilahkan untuk memposting artikel itu di blognya. Setelah di posting, blogger akan mendapatkan reword dari pihak perusahan sesuai dengan kesepakatan awal.

RESPON

Meskipun tidak semua blogger dapat merasakan kesempatan kerjasama konten placement dengan pihak perusahaan, alangkah baiknya ketika Anda mendapatkan tawaran kerjasama tidak langsung menerima begitu saja tanpa Anda pertimbangkan terlebh dahulu untung ruginya.

Beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan adalah:

  1. Kejelasan identitas perusahaan

Ketahui dulu profil perusahaan yang akan menjadi klien Anda. Apabila perusahaan itu tidak jelas, alangkah baiknya Anda menolaknya meskipun Anda akan diberikan reword yang sangat menarik. Sangat berbahaya memuat konten dari sumber yang tidak jelas.

  1. Isi konten

Isi konten artikel perlu Anda perhatikan dengan cermat. Ingat, memuat konten yang tidak sopan dan melanggar hukum dapat mencemari isi blog Anda.

  1. Keuntungan yang akan Anda terima

Apabila reword yang diberikan pihak perusahaan Anda rasa terlalu kecil, Anda diperbolehkan untuk mengajukan penawaran sehingga diperoleh reword yang sesuai menurut Anda.

  1. Ketahui bentuk kerjasamanya

Sebelum Anda menerima tawaran kerjasama cermatilah bentuk kerjasamanya. Kerjasama yang baik tentunya yang dapat saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

MANFAAT

Blogger mendapatkan manfaat dari pihak perusahaan berupa reword. Selain itu blogger juga mendapatkan keuntungan dari artikel yang dibuat oleh perusahaan karena artikel masih satu topik dengan isi blog. Jadi dapat menghemat dalam menulis posting blog baru.

Sedangkan keuntungan bagi perusahaan pemasang konten adalah konten yang dititipkan di blog tidak memiliki batasan waktu. Beda dengan iklan banner yang memiliki masa kontrak.

PENGALAMAN PRIBADI

Pada saat awal saya mendapatkan tawaran kerjasama content placement dari sebuah perusahaan travel agent terbesar di Indonesia, saya masih bingung dengan model kerjasama content placement tersebut. Saya kira pihak perusahaan akan menjual artikelnya ke saya dengan sejumlah uang. Namun ternyata tidaklah demikian. Bahkan sebaliknya, pihak perusahaan akan membayar saya jika artikel yang dibuat oleh perusahaan itu berhasil saya posting di blog saya.

Namun setelah saya mengetahui tentang kerjasama content placement, saya tidak langsung menerima tawaran kerjasama begitu saja. paling tidak saya tahu dulu siapa yang mengajak kerjasama. Setelah itu saya pastikan artikel yang dikirimkan ke saya adalah artikel yang baik, artonya tidak melanggar hukum dan tidak memuat link-link yang membahayakan. Setelah semuanya tidak ada masalah, barulah saya menyetujui kerjasama tersebut. Dan Alhamdulillah saya sudah mendapatkan reword yang mereka tawarkan.* (/pic:mastermyfinance.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

19 comments

  1. Pengalaman kita sama ya bang. Saya sering diminta untuk publish artikel dari perusahaan ternama, dan mereka mau membayar untuk menayangkan artikel tersebut di blog saya.

    Tapi yang paling sering itu sih saya yang membuatkan artikel sesuai dengan permintaan dari si advertiser. Kebanyakan advertiser lebih ke sisi SEO nya, mereka minta backlinks di dalam artikel.

    1. Benar mas Max, sekarang ini para advertiser mulai menyukai model iklan semacam itu (contant placement) disamping pasang iklan banner.

  2. Mantap ya mas. Penagalaman sy sih belum seberapa, karena blognya juga masih baru dan pengunjung belum seberapa. Jauh beda lah sama mas dan maxmanroe yang sudah terkenal atau bahkan super terkenal dikalangan dunia blogger.

    Saya suka sekali kalau ada calon advertiser yang memberikan pertanyaan “salam mas, blognya menerima placement artikel kah? Berapa biayanya?”
    dan jawaban pamungkas saya “mas/mba/agan nawar berapa?”

    Pertanyaan balik yang menurut saya mampu menguasai jalannya negosiasi yang berujung goal… maklum belum bisa memasang target yang tinggi untuk blog yang sederhana dan baru dibangun tersebut.

    1. Tidak semua advertiser saya terima semua mas… Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Meskipun harga sudah cocok akan tetapi kalau konten tidak sejalur dengan topik blog maka saya juga tidak mau menerimanya. Tidak semata-mata uang kali ya…

  3. Sampai saat ini saya masih menekuni blogging di bidang ini, dan saya rasa inilah cara tercepat untuk menghasilkan uang lewat internet di bandingkan dengan cara lain seperti adsense, dropship, PPA, affiliate dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika dapet klien bule ratenya lebih lumanyan di bandingkan denganrate indo 🙂

  4. Saya baru saja dapat email ditawari kerjasama Content Placement, tapi belum tahu apa-apa soal ini misalnya berapa tarif normal rata-rata yg dipatok, apakah 50ribu, 100ribu atau 200ribu per artikel, secara ini kan konten placement jadi permanen plus dapat backlink, pastinya mahal ya, cuma yg bikin keliatan murah karena kontennya mayoritas buatan si advertiser, nah kalo itu konten juga diiklankan di blog lain ya percuma dong isinya blog jadi semacam copaser

  5. Sekalinya dapet di tawar murah, tapi ya sudahlah belum rejeki. soalnya dari beberapa blogger yang saya baca CP harus ada harga standarisasi.

    1. Benar mas, bagi advertiser yang profesional biasanya melampirkan tarif yang dipertimbangkan dari Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog pablisher. Akan tetapi banyak juga yang asal menawar dengan harga yang dibawah standar. Lebih baik saya tolak dari pada menerima reword yang kurang pas dengan prestasi blog kita.

      1. saya juga beberapa kali dapat tawaran di blog saya mas.. Cuma kemaren belum saya terlalu minat. yang ingin saya tanyakan apakah konten seperti ini aman untuk blog adsense? Terus berapa kita harus menetapkan harga karena pihak pengiklan meminta kita yang menberikan penawaran

        1. Untuk adsen google aman-aman aja mas, masalahnya nggak ada perbedaan yang khusus dengan blog kita. Banyak pertimbangan seh mas sebenarnya untuk mematok harga. Akan tetapi biasanya menurut advertiser yang menurut aku sudah profesional, mereka berpatokan pada Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog kita. Bisasanya mereka sudah punya list yang dilampirkan ke kita saat proses kerjasama content placement.
          Manfaatkan aja mas Wachid, itu kesempatan kita sebagai blogger….maksudnya sebagai tambahan pemasukan selaian dari adsense. Moga suskses mas..

  6. Sebenarnya kalau blog sudah bagus penghasilan yang paling mudah yaitu dengan mendaftar ke platform yang memfasilitasi influencer dengan advertiser. Namun kadang kita harus memasang kode tracking berupa js di blog dan bayarannya pun masih rendah dibandingkan dengan content placement langsung.

    1. Benar sekali Mas Edi karena Cost Per Click (CPC) untuk blog dengan Bahasa Indonesia masih rendah dibanding kalau dengan Bahasa yang sudah dipakai secara Internasional. Tapi kenyataannya banyak juga blog dengan Bahasa Indonesia yang mampu mendapatkan income melebihi standar kerja offline.
      Memang tepatnya blog itu ya untuk jangka panjang ya…

  7. semoga dijawab,
    saya kan mendapat tawaran content placement tapi bingung untuk menentukan harganya, boleh dishare mas pengalamannya? berapa rp per artikel? terimakasih ditunggu

    1. Menurut pengalaman saya dalam kerjasama konten dengan perusahaan yang bonafit, mereka berpatokan pada Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog. Kalau nominalnya mulai ratusan hingga jutaan. Namun pada umumnya kita melakukan tawar-menawar hingga deal kedua belah pihak.

  8. Wahh terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman. Saya juga belakangan ini sering mendapatkan email masuk dari halaman kontak blog saya yang menanyakan mengenai kerjasama content placement. Dari email tawaran yang masuk dalam seminggu ini, belum ada yang saya setujui hehehe padahal sudah lumayan numpuk.

  9. Pengennya sih bisa memanfaatkan kesempatan itu, tapi sayang belum ada yang nawarin. hehe

    Btw, tema blognya ini kok mirip2 sama situs detik.com?