by

Inilah 5 Masjid Unik di Rest Area Tol Trans Jawa

-Travelling-524 views

Selain untuk mengisi bahan bakar, pada umumnya orang mencari rest area di jalan tol untuk menemukan masjid dan toilet. Namun tak sedikit juga yang memanfaatkan istirahatnya sambil foto-foto di beberapa spot karena tampilannya yang Instagramable.

Beberapa masjid yang ada di jalan tol memang didesain berbeda dengan masjid pada umumnya. Misalnya tidak menggunakan kubah yang menjadi ciri khas masjid secara umum atau dengan konsep terbuka sehingga seolah-oleh berada di alam terbuka.

Sepanjang jalan tol trans Jawa banyak sekali terdapat masjid-masjid dengan desain yang unik dan menarik yang sayang untuk Anda kunjungi. Lima masjid unik di rest area sepanjang tol Trans Jawa adalah:

1.Masjid Al-Safar

Salah satu masjid dengan konsep sangat ekstrim yang jauh berbeda dengan masjid pada umumnya adalah Masjid Al-Safar. Masjid yang berada di rest area KM 88 B Tol Puraleunyi ini menyerupai bentuk ikat kepala adat orang Sunda. Berbentuk asimetris berupa lipatan-lipatan seperti halnya origami tanpa menggunakan kubah.

Masjid rest area unik
Masjid Al Safar

Masjid yang berada di jalan tol Bandung – Jakarta ini memiliki luas 6.000 meter persegi dengan daya tampung 1.200 jama’ah. Sehingga masjid ke-20 desain dari Ridwal Kamil ini diakui sebagai masjid terbesar di rest area jalan tol se Indonesia.

Mengenai fasilitasnya, sama dengan masjid-masjid yang berada di rest area pada umumnya, yaitu dilengkapi toilet, taman dan kolam.

Oleh perancangnya yang akrab dipanggil dengan Kang Emil bahwa masjid Al-Safar layaknya permata yang tetap bersinar pada malam hari. Namun sebaik-baiknya masjid adalah masjid yang Makmur oleh para jamaahnya.

Pro Kontra

Sebagian pengunjung yang sempat mampir ke Masjid Al Safar merasa takjub dengan keindahan masjid. Namun sebagian ada yang memiliki persepsi lain. Mereka mempersoalkan di bagian mimbar yang diilustrasikan sebagai symbol Illuminate dan All Seeing Eye atau mata satu Dajjal.

Masjid unik
Pengimaman Masjid Al Safar

Perbedaan pendapat dalam penafsiran bagian mimbar masjid itu semakin menyebar di kalangan warganet. Oleh perancangnya ditepis adanya symbol Illuminate yang ada di dalam masjid.

Berdasarkan akun twiternya, Ridwan Kamil menyatakan bahwa:

Masjid Al-Safar adalah eksperimentasi teori lipat folding architecture. Jika eksperimentasi bentuk itu ditafsir, ya tentu tidak bisa dihindari. Tapi jika disimpulkan bahwa bentuk-bentuknya adalah menerjemahkan symbol iliminati dkk, saya kira itu tidak betul.

Lebih lanjut beliau menjelaskan:

Ijtihat memajukan seni/arsitektur Islam terusdilakukan agar berkembang maju. Seni dalam Islam tidak memperlihatkan makhluk hidup, tapi bereksperimentasi dengan rumus geometri. Teori lipat Folding Architecture adalah metode mencari kekayaan geometeri baru yang digunakan di Masjid Al-Safar.

Mendapat Penghargaan dari Arab Saudi

Seolah-olah kurang mendapatkan apresiasi di negeri sendiri, Masjid Al-Safar justru mendapat penghargaan dari Arab Saudi. Masjid Al-Safar masuk dalam nominasi masjid dengan artitektur terbaik versi Abdullatif Al Fozan Award 2019 bersama 26 masjid lain di dunia.

Masjid langka
Bagian dalam Masjid Al Safar

2.Masjid At Taubah

Masjid dengan konsep yang unik berikutnya adalah Masjid At Taubah. Sebuah masjid dengan konsep terbuka dengan suara gemericik air yang terdengar ketika Anda berada di dalam masjid.

Masjid rest area
Masjid Rest Area KM 57

Masjid yang berada di ruas jalan Tol Jakarta Cikampek KM 57 ini memiliki luas 350 meter persegi dengan daya tamping 1.000 jamaah. Masjid yang didesain tanpa menggunakan jendela dan daun pintu masuk ini diresmikan oleh KH Abdullah Gymnastiar dan Nachrowi Ramli pada tanggal 14 September 2006 atau bertepatan dengan 21 Sya’ban 1427 Hijriah.

Masjid ala timur tengah
Masjid Konsep Timur Tengah

Pic.

Ketika berada didalam masjid, sangat terasa udara segar menyapu ruangan diiringi suara gemericik air. Gemericik air ini semakin terasa ketika ada hembusan angina karena suara gemericik air bersumber dari lingkungan sekitar masjid.

Keuntungan lain dari masjid dengan konsep terbuka adalah masjid dapat dimanfaatkan selama 24 jam.

Fasulitas Bersih dan Tertata Rapi

Seperti halnya masjid di rest area yang lain, Masjid At Taubah terkesan luas dan bersih. Selain itu begitu Anda masuk ke dalam masjid akan disambut oleh penjaga dengan ramah.

Tempat penitipan barang tertata rapih dan disekitar masjid tersedia berbagai rumah makan.

Nuansa Timur Tengah

Bentuk jendela dan pintu masjid yang menyerupai piramid ini maka masjid ini sangat kental dengan nuansa Timur Tengah.

Dekorasi dan ornament yang menarik cukup banyak menghiasai ruangan masjid. Karpet tebal dan dinding dengan corak warna yang serasi. Tiang penopang kubah dihiasi untaian kaligrafi yang terdiri dari QS Ali Imron ayat 102, At taubah ayat 18, Al Haj ayat 77 dan Al Mukmin Ayat 1-5.

Ketika Anda berada di dalam masjid dan menengadah keatas, serasa Anda berada diluar ruangan dengan melihat lukisan awan dan bintang yang menyebar di area dalam kubah. Selain itu, konsep masjid yang dibuat terbuka menjadikan Anda benar-benar terasa berada di alam bebas. Sehingga Anda dapat merasakan kedekatan dengan alam dan merasa kecil di hadapan Alloh.

3.Masjid Tol Bawen Semarang

Masjid menarik yang lain adalah masjid yang berada di rest area KM 22 Tol Semarang – Bawen. Masjid yang tidak ada namanya ini sering disebut dengan Masjid Rest Area saja.

Masjid berkubah besar ini memiliki cukup unik desain atapnya. Ketika Anda berada di dalam masjid, Anda dapat melihat kerangka atap yang terbuat dari baja ringan yang terbentang di semua lapisan atap.

Masjid rest area
Masjid Tol Semarang

Masjid ini terkesan bersih dengan toilet bernuansa modern. Di sekitar masjid terdapat berbagai rumah makan dan perbelanjaan lengkap dengan beberapa Mesin ATM.

Masjid unik menarik
Atap Masjid Rest Area Tol Semarang

Lebih asyik lagi, sambil beristirahat Anda dapat foto-foto dengan spot pemandangan Gunung Ungaran. Sehingga wajar kalau masjid rest area ini selalu banyak pengunjungnya dalam setiap hari.

4.Masjid Al Mi’raj

Satu lagi masjid unik yang berada di ruas jalan tol Cipularang adalah Masjid Al Mi’raj. Masjid Al Mi’raj berada di rest area KM 97 Tol Cipularang, tepatnya di Sadarkarya, Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Masjid ini Anda temui ketika Anda mudik dari arah Bandung menuju Jakarta.

Masjid rest area
Masjid Rest Area KM 97

Sebuah masjid dengan konsep modern lengkap dengan kubah besar dan dua menara tinggi yang mengapit bangunan utamanya inilah yang menjadikan masjid ini disebut dengan Miniatur Masjid Nabawi. Kubah dengan warna keemasan ini akan semakin indah ketika di malam hari dengan pantulan sinar yang kekuning-kuningan.

Masjid miniatur masjid nabawi
Masjid Rest Area KM 97 di Malam Hari
Masjid rest area bagus
Masjid At Taubah

Lantai masjid yang bersih dari marmer ini terhubung langsung dengan taman di bagian tempat sholat wanita. Sehingga terpaan udara segar dapat terasa ketika Anda tengah sholat.

Fasilitas

Masjid Al Mi’raj memiliki kamar mandi yang cukup bagus dan bersih. Selain itu, rest area Km 97 ini memiliki area parkir cukup luas dengan dilengkapi toko oleh-oleh makanan maupun souvenir. Anda juga dapat menikmati makan di beberapa resto favorit di sana.

5.Masjid Sirathal Mustaqim

Masjid Sirathal Mustaqim adalah masjid alternatif jika tidak istirahat di rest area pom bensin. Masjid yang dibangun dengan konsep kontemporer ini sangat nyaman, baik di luar maupun di dalam masjid.

Masjid rest area manarik
Masjid Rest Area Alternatif

Masjid yang dibangun di atas lahan 990 meter persegi dengan luas bangunan kira-kira 900 meter persegi ini mampu menampung 2.500 jamaah. Lantai satu dapat menampung 1.700 jamaah dan lantai dua sebanyak 800 jamaah. Dan masing-masing sayap kanan dan kiri mampu menampung 400 jamaah.

Masjid rest area tol
Masjid Alternatif

Selain dimanfaatkan oleh warga Cirebon dan Kuningan untuk berbagai macam keagamaan, masjid yang diresmikan pada tanggal 15 Januari 2019 ini termasuk paling ramah untuk jamaah difabel karena ketiga pintu utamanya disediakan track kursi roda lengkap dengan pegangannya yang terbuat dari stainless steel.

Masjid di tol
Lorong Masuk Masjid Aman

Seperti halnya fasilitas masjid yang lain, masjid ini tersedia toilet dan tempat wudhu yang bersih. Sedangkan fasilitas yang lain adalah hotspot atau Wifi gratis.

Itulah 5 masjid unik di rest area sepanjang tol trans Jawa yang dapat Anda kunjungi sambil beristirahat sementara dan foto-foto bersama keluarga.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

  1. Kreatif memang menjadi salah satu pembeda dari yang lainnya
    jika hasil yang di ciptakan berkualitas
    pasti mendapatkan untung yang maksimal