Home / Ilmiah

Monday, 25 March 2019 - 13:59 WIB

Materi Kuliah STATIKA STRUKTUR

Mata kuliah Statika Struktur merupakan salah satu mata kuliah MKK (Mata Kuliah Keilmuan & Keterampilan) di fakultas teknik.

Mata kuliah yang dulunya dikenal dengan nama Mekanika Teknik ini membahas tentang dasar-dasar perancangan struktur, seperti struktur jembatan, gedung, mesin dan struktur yang lain.

Sehingga mata kuliah ini penting untuk diketahui bagi mahasiswa teknik, terutama pada Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Industri.

PERSYARATAN

Statika Struktur merupakan mata kuliah pengembangan dari mata kuliah dasar. Sehingga mata kuliah ini mensyaratkan penguasaan beberapa mata kuliah dasar yang mendukung keilmuannya.

Beberapa mata kuliah pendukung itu adalah Fisika Dasar, Matematika, Kalkulus dan Gambar Teknik.

TUJUAN

Tujuan yang ingin di capai dari mata kuliah Statika Struktur adalah mahasiswa mampu memahami dan menerapkan dasar-dasar perhitungan statika struktur pada balok sederhana, kantilever, balok tidak langsung, analisa portal dan analisa balok pada rangka batang

CAKUPAN MATERI

Pokok bahasan materi kuliah Statika Struktur meliputi semua jenis struktur, baik struktur bangunan gedung maupun konstruksi mesin.

Beberapa pokok bahasan yang paling mendasar adalah mengenai prinsip-prinsip dasar statika yang berkaitan dengan sistem gaya, konsep benda tegar, konsep keseimbangan, sistem gaya dan resultannya, konsep gaya dalam dan konsep gesekan benda.

Pokok bahasan matakuliah ini banyak mengarah pada sistem-sistem gaya statis saja, karena khusus untuk benda yang bergerak (dinamis) memiliki pendekatan yang berbeda.

Sehingga, matakuliah ini dapat didekati dengan menggunakan Teori-Teori Hukum Newton. Hukum 1 Newton tentang Kelembaman, Hukum 2 Newton tentang percepatan benda dan Hukum 3 Newton tentang Gaya Aksi dan Rekasi.

MANFAAT

Mata kuliah Statika Struktur adalah modal dasar seorang engineer untuk bisa bekerja dibidang konstruksi.

Ingat, lulusan sarjana bukanlah seorang operator teknik, malainkan desain (perencana). Seorang perencana tidak akan mampu merencanakan sebuah konstruksi tanpa mengerti mata kuliah Statika.

Melalui mata kuliah ini, Anda akan akan diajarkan cara menentukan ‘Tegangan Dalam’ yang terjadi pada sebuah konstruksi yang mengalami pembebanan.

Baca Juga |   1 Klik 1 Kwitansi: Cara Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan Penelitian dengan Excel

Dengan diketahuinya semua titik pada konstruksi yang mengalami pembebanan, maka seorang engineer dapat segera mengambil tindakan untuk menghindari segala kerusakan akibat beban yang berlebihan.

MATERI KULIAH

Beberapa materi yang dapat Anda jadikan bekal untuk tatap muka perkuliahan pada mata kuliah Statika Struktur adalah:

1. Pengantar Mata Kuliah

Pada bagian ini, menjelaskan apa itu mata kuliah Statika Struktur, dan apa kegunaanya bagi seorang engineer dalam kaitannya dengan pekerjaan keteknikan.

Statika Struktur
Pengantar Kuliah Statika Struktur

Selain  mendeskripsikan mata kuliah, pada bagian ini juga menjelaskan cara menganalisis struktur secara umum. Baik struktur pada bangunan gedung, jembatan, konstruksi mesin, dan struktur bangunan yang lain.

2. Sistem Gaya & Resultan Gaya

Pada dasarnya analisis struktur adalah menganalisis gaya-gaya yang terjadi pada struktur tersebut. Semua gaya yang terjadi pada struktur akan menyebabkan gaya reaksi pada konstruksi yang dikenai pembebanan (gaya aksi).

Apabila gaya aksi lebih besar dari pada gaya aksi, maka sudah dapat dipastikan akan terjadi kerusakan pada konstruksi tersebut.

Sehingga perlu Anda ketahui dengan benar bagaimana cara menghitung gaya dan resultan gaya agar tidak terjadi kesalahan.

Materi kuliah ini dapat Anda download DISINI.

SOAL TUGAS KULIAH 01

Kerjakan Soal No. 1 dari File Materi Kuliah Sistem Gaya dan Resultan Gaya diatas.

3. Momen & Kopel

Momen dan kopel pada dasarnya adalah sama dengan gaya. Hanya saja kalau momen dan kopel memiliki jarak yang tegak lurus dengan gaya arah melintang. Baik itu gaya, momen dan kopel, kesemuanya dapat menjadi pemicu terjadinya kerusakan sebuah konstruksi jika berlebihan.

Statika struktur Momen Kopel
Momen dan Kopel
(Materi Kuliah Statika Struktur)

Oleh karena itu, pada kuliah ini akan dijelaskan cara menganalisis momen dan kopel pada sebuah konstruksi.

Materi kuliah ini dapat Anda download DISINI.

4. Kesetimbangan

Analisa statika struktur dapat Anda lakukan kalau sistem dalam keadaan setimbang. Setimbang artinya semua gaya yang bekerja pada sistem memiliki resultan gaya yang sama dengan nol.

Baca Juga |   Analisis Sifat Mekanik Material Komposit

Kalau dijelaskan dengan menggunakan Hukum Newton, maka semua sistem memenuhi Hukum 1 Newton tentang Kelembaman dan Hukum 3 Newton tentang Hukum Aksi Reaksi.

Materi kuliah ini dapat Anda download DISINI.

5. Struktur Truss

Setelah Anda menguasai dasar-dasar perhitungan statika struktur, Anda dapat mencoba mengaplikasinya pada studi kasus yang mendekati kenyataan. Salah satunya adalah dengan menganalisis struktur truss atau struktur batang ini.

Materi kuliah ini dapat Anda download DISINI.

6. Struktur Rangka

Struktur rangka merupakan pengembangan dari struktur truss. Karena struktur rangka dapat dibentuk dari beberapa struktur truss.

DAFTAR PUSTAKA

Beberapa buku referensi yang dapat Anda pergunakan adalah:

  1. Meriam, J. L. and Kraige, L. G., Engineering Mechanics Statics, Fifth Edition, ISBN 0-471-40646-5, John Wiley & Sons, Inc., USA, 2002
  2. Ferninand P. Beer, E, Russel Johnston, David F. Mazurek, Phillip J. Cornwell and Elliot R. Eisenberg, Vector Mechanics for Engineers (Statics and Dynamics), Higher Education,
  3. William A. Nash, Theory and Problems of Strength of Materials, Schaum’s Outline Series, McGraw-Hill.
  4. Dwi Basuki W. dan Agus Suprihanto, Bahan Ajar Mekanika Teknik Statika, Edisi ke – 3, Jurusan Teknik Mesin UNDIP, Semarang, Februari 2008
  5. Dwi Basuki W. dan Agus Suprihanto, Kumpulan Soal–Jawab Statika Struktur, Edisi ke – 1, Jurusan Teknik Mesin UNDIP, Semarang, 2010

Demikian beberapa materi kuliah Statika Struktur yang dapat Anda gunakan sebagai bahan diskusi ketika berada di kelas. Semoga dengan materi ini dapat mempermudah mahasiswa dalam menguasai materi.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar mata kuliah ini dapat meluncur ke Kontak Saya. Semoga sukses.*

Share :

Baca Juga

Cara membuat Issue jurnal OJS

Ilmiah

Cara Membuat Issue Jurnal di OJS
Gerak Osilasi

Ilmiah

Gerak Osilasi dan Harmonik
Gambar proyeksi

Ilmiah

Gambar Proyeksi Isometrik dan Cara Membuatnya

Ilmiah

Cara Mudah Mengajukan Penelitian dengan ProGuide
Cara memilih jurnal scopus agar lolos

Ilmiah

Cara Memilih Jurnal Scopus Agar Artikel Anda Lolos
Besaran satuan

Ilmiah

Pengertian Besaran, Satuan dan Dimensi Internasional
Materi kuliah fisika

Ilmiah

Bahan Ajar Kuliah Fisika untuk Mahasiswa Non Eksakta

Ilmiah

5+Tips Menulis Jurnal Ilmiah Terindeks SCOPUS dan Bereputasi Internasional dari Tole Sutikno