by

Materi Kuliah Teknik Tenaga Listrik

-Ilmiah-397 views

Mata kuliah Teknik Tenaga Listrik atau TTL merupakan mata kuliah turunan dari Fisika yang membahas tentang pemanfaatan sumber energi listrik. Peralatan apakah yang sekarang ini tidak membutuhkan energi listrik?

Hampir semua peralatan di era milenial membutuhkan sumber energi listrik dalam pengoperasiannya. Maka sangat tepat jika Anda mahasiswa teknik, terutama teknik elektro, teknik mesin, teknik industri dan teknik informatika dibekali dengan mata kuliah ini.

Mata kuliah Teknik Tenaga Listrik dapat menjadi jembatan penghubung antara teknik mesin/industri dengan teknik elektro/informatika. Selain sebagai modal untuk menguasai mata kuliah Mekatronika, seringkali di dunia kerja terutama dalam pekerjaan konsultan atau tenaga ahli, seorang insinyur teknik mesin diharapkan mengerti tentang listrik.

Apabila Anda seorang insinyur teknik mesin yang menguasai tentang listrik ini dengan baik, maka Anda termasuk orang yang sangat diharapkan di dunia kerja masa kini.

PERSYARATAN

Modal dasar untuk bisa menguasai materi kulah Teknik Tenaga Listrik adalah dengan memahami teori dasarnya. Mata kuliah yang membahasa tentang sumber energi, dalam hal ini adalah listrik yaitu Fisika Dasar. Sehingga sebelum menempuh mata kuliah ini alangkah baiknya Anda sudah lulus mata kuliah Fisika Dasar ini.

Mata kuliah Teknik Tenaga Listrik tidak cukup dengan penguasaan teori dasarnya saja melainkan perlu dukungan dari mata kuliah dalam perhitungannya. Mata kuliah pendukung yang tepat adalah Matematika Teknik dan Kalkulus.

TUJUAN

Tujuan mata kuliah Teknik Tenaga Listrik di jurusan Teknik Mesin adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa agar mampu dan menerapkan prinsip dan karakteristik listrik pada bidang mekanikal.

CAKUPAN MATERI

Pokok bahasan materi kuliah Teknik Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Mesin adalah peralatan mekanik yang cara pengoperasiannya dengan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Salah satu komponen mesin yang penting untuk Anda kuasai adalah motor listrik.

Secara konstruksi, motor listrik dibuat dengan perhitungan mekanikal. Sedangkan untuk proses kerjanya dengan prinsip kelistrikan. Sehingga pada motor listrik akan mengalami perubahan energi dari energi listrik menjadi energi gerak berputar.

Pokok bahasan matakuliah ini banyak mengarah pada pengetahuan tentang arus, tegangan, hambatan, Gaya Lorentz, DC Shunt, Motor Sinkron, dan lain sebagainya.

MANFAAT

Seorang mekanik tanpa menguasai tentang listrik, apa jadinya? Di era milenial, listrik memiliki peranan yang sangat vital. Bahkan kedepan, seorang operator mekanik akan semakin dikurangi dan digantikan dengan robot.

Selain menghemat biaya operasional, dengan menggunakan robot jumlah produksi di industri mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

MATERI KULIAH

Beberapa materi yang dapat Anda jadikan bekal untuk tatap muka perkuliahan pada mata kuliah Teknik Tenaga Listrik adalah:

1. SISTEM TENAGA

Sistem tenaga merupakan sumber energi yang menjadi sumber penggerak peralatan mekanik yang dioperasikan dengan peralatan elektronik atau Mekatronik.

Materi kuliah ini dapat Anda download DISINI.

2. ARUS LISTRIK, HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF

Jangan sampai salah dalam memahami aliran listrik agar dapat menyelesaikan persoalan dalam kelistrikan. Liatrik itu mengalir dari kutub positif ke negatif, ataukah sebaliknya? Ayo mikir…

Bahan ajar kuliah teknik tenaga listrik_Arus listrik_Hukum Ohm dan Kirchoff
Materi Kuliah Arus Listrik, Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff

Hukum Ohm yang berkaitan dengan listrik dapat Anda jadikan rujukan pokok dalam menyelesaiakan dibidang kelistrikan. Ditambah lagi dengan pemahaman Hukum Kirchoff yang baik maka Anda sudah memiliki skill dalam menyelesaiakan problem kelistrikan baik di masyarakat maupun industri.

Terdapat dua jenis Hukum Kirchoff, yaitu Kirchoff’s Current Low (KCL) dan Kirchoff’s Voltage Low (KVL). Bahan ajar tentang Arus Listrik, Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff ini ini dapat Anda download DISINI.

3. RANGKAIAN LISTRIK

Pada prinsipnya rangkaian listrik ada dua macam, yaitu rangkaian seri dan paralel. Namun dalam aplikasinya, kedua rangkaian itu dapat dipadukan sehingga membutuhkan perhitungan yang lebih komplek karena perhitungan kedua rangkaian tersebut tentu tidak dapat disamakan.

Bahan ajar kuliah teknik tenaga listrik_Rangkaian listrik
Materi Kuiah Rangkaian Listrik

Berikut inilah materi bahan ajar kuliah ‘Rangkaian Listrik’ yang memuat rangkaian seri dan paralel beserta contohnya yang dapat Anda download DISINI.

DAFTAR PUSTAKA

Beberapa buku referensi yang dapat Anda pergunakan adalah:

1. Theraja B.L and Theraja A.K, 2005,  A Text Book of Electrical Technology I (Basic Electrical Engineering in S.I System of Units), S. Chand & Company LTD, Ram Nagar, New Delhi 110 056.

2. Hughes Edward, 2008, Electrical and Electronic Technology (Tenth Edition)

3. Hima Bindu V, Madhuri V.V.S and Chandrashekar D, Basic Electrical Engineering, Gokaraju Rangaraju Institute of Engineering And Technology

4. Charles K. A and Matthew N.O.S, 2009, Fundamentals of Electric Circuiuts (Fifth Edition),  McGraw-Hill, USA, ISBN. 978-0-07-338057-5.

5. Fitzgerald, Electric Machines

6. Zuhal, Dasar Tenaga Listrik, Penerbit Gramedia.

Demikian beberapa materi bahan ajar kuliah Teknk Tenaga Listrik yang dapat Anda gunakan sebagai bahan diskusi ketika berada di kelas. Semoga dengan materi ini dapat mempermudah mahasiswa dalam menguasai materi.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar mata kuliah ini dapat meluncur ke Kontak saya. Semoga sukses.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.